Fakta-fakta Putri Fadzilah dari Brunei yang Gelar Pesta Pernikahan 10 Hari

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 28 Jan 2022 12:45 WIB
Putri Fadzilah Lubabul Bolkiah dari Brunei Darussalam Foto: Instagram @bernardchandran
Jakarta -

Acara pernikahan Putri Fadzilah dari Brunei jadi perhatian dunia. Acara tersebut digelar secara mewah selama 10 hari berturut-turut. Sebelumnya putri tersebut jarang tampil ke publik dan lebih dikenal aktif dalam dunia olahraga. Intip fakta-fakta wanita yang menikahi pria asal Kanada itu:

1. Putri Fadzilah adalah anak Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam. Ia dikenal sebagai sosok yang privat karena jarang tampil atau berbagi ke publik dibanding saudara-saudaranya yang lain, seperti Pangeran Mateen, Putri Azemah, dan mendiang Pangeran Abdul Azim. Wanita 36 tahun itu juga tidak membuka media sosialnya untuk publik.

2. Ia adalah anak ketiga dari pernikahan kedua ayahnya dengan Mariam Abdul Aziz. Ibunya adalah mantan pramugari keturunan Brunei, Jepang, dan Skodlandia yang sudah bercerai dengan Sultan Hassanal Bolkiah pada 2003.

3. Putri Fadzilah diketahui telah lulus S2. Ia menyelesaikan kuliah S1 di Universitas Kingston jurusan internasional studi. Anggota kerajaan itu kemudian meneruskan studi di jurusan administrasi bisnis di Hult International Business School di mana Putri Fadzilah mendapatkan gelar MBA.

[Gambas:Instagram]



4. Putri Fadzilah dikenal suka olahraga. Wanita yang akrab disapa Fad tersebut merupakan kapten tim nasional bola jaring Brunei Darussalam. Dikatakan jika rekan-rekan Putri Fadzilah sempat canggung ketika ia dijaga oleh pengawal ketika berlatih namun akhirnya sudah terbiasa. Selain itu, sang putri juga aktif di olahraga polo dan berkuda.

5. Dilansir Aquila Style, Putri Fadzilah adalah sosok yang berhati emas karena sering beramal. Dia diketahui pernah mendukung Rimba Health Centre yang fokus membantu peningkatan kesehatan di Brunei. Sesuai dengan hobinya berolahraga, ia pun kerap mengikuti pertandingan maraton dan polo untuk amal.

6. Baru-baru ini Putri Fadzilah melangsungkan pernikahan dengan serangkaian prosesi sampai 10 hari. Sebagai anak dari salah satu sultan terkaya tentu pestanya digelar mewah.

[Gambas:Instagram]



7. Ia menikahi seorang pria berkebangsaan Kanada keturunan Irak bernama Abdullah Nabil Mahmoud Al-Hashimi. Tidak banyak informasi mengenai sosok sang suami atau perjalanan cinta mereka namun diketahui jika Abdullah berprofesi sebagai pengusaha kopi.

8. Pemilik nama lengkap Fadzilah Lulabul Bolkiah ini sempat melangsungkan Majlis Berbedak sebelum resmi dipinang. Dalam prosesi tersebut, kakak Pangeran Mateen itu mengenakan busana pernikahan tradisional Brunei Darussalam bernuansa merah. Penampilan Putri Fadzilah terlihat semakin megah dengan aksesori emas.

[Gambas:Instagram]



9. Sejauh ini, Putri Fadzilah mengenakan tiga gaun pengantin mewah rancangan Bernard Chandran. Di hari pernikahannya, ia menggunakan gaun putih berpotongan mermaid yang dipadukan dengan veil dan tiara.

10. Sedangkan pada resepsi atau perjamuan makan malam setelahnya, wanita itu berganti busana berpotongan serupa dengan warna abu-abu. Kali ini, Putri Fadzilah menggunakan mahkota bertahta zamrud dan berlian. Mahkota itu sendiri dilaporkan adalah milik Ratu Saleha, istri pertama sang ayah.

(ami/ami)