ADVERTISEMENT

Dijual Saat Masih Bayi, Kisah Anak Gugat Orangtua Kandungnya

Mohammad Abduh - wolipop Selasa, 25 Jan 2022 21:00 WIB
Liu Xuezhou Liu Xuezhou, anak yang gugat ortu karena dijual saat masih bayi. Foto: Dok. Weibo
Jakarta -

Pria ini mencari orangtua kandungnya setelah ayah dan ibu yang mengadopsinya meninggal. Saat akhirnya bertemu orangtua kandung, dia malah menutut mereka secara hukum. Kenapa?

Kisah pria yang menuntut orangtua kandung ini viral setelah dia menulis di halaman media sosialnya di Weibo bahwa dia akan mengajukan gugatan pada ayah dan ibunya. Pasalnya orangtuanya dulu telah menjualnya ke orang lain saat dia bayi.

Adalah remaja pria bernama Liu Xuezhou yang menggugat kedua orangtuanya karena menelantarkannya dua kali. Menurutnya, orangtuanya menelantarkannya pertamakali saat dia masih bayi dengan menjualnya. Dan orangtuanya kembali menelantarkannya saat mereka bertemu setelah Liu mencari keduanya.

Liu mengetahui dirinya dijual ke pelaku perdagangan anak pada 2015. Dia kemudian diadopsi oleh pasangan suami istri yang merawatnya hingga usianya empat tahun. Pada usia balitanya, Liu kehilangan orangtua adopsinya yang meninggal karena kecelakaan. Dia kemudian dirawat oleh kakek angkatnya.

Selama tinggal bersama kakek angkatnya, Liu mengaku menjalani hidup yang berat. Dia kerap berpindah-pindah tempat tinggal dari satu rumah saudara ke saudara lainnya. Dia juga harus mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Pada Desember 2021, Liu memutuskan untuk mencoba cari orangtua kandungnya. Dan pada Januari 2022 ini, dia berhasil menemukan mereka.

Sayangnya harapan Liu reuni dengan orangtua kandungnya tak seindah impiannya. Menurut remaja 17 tahun itu, ayah dan ibunya tetap tidak menginginkannya.

Ayah dan ibunya saat ini sudah bercerai. Ayahnya khawatir jika Liu tinggal bersamanya, istri barunya akan menceraikannya. Hal serupa juga dilakukan ibunya. Sang ibu menolak Liu karena ingin hidup dengan damai.

"Aku tidak mengerti kenapa kalian bilang aku menganggu hidup kalian. Kalianlah yang membuat hidupku hancur," kata Liu seperti dikutip World of Buzz.

Sementara itu, seperti dikutip South China Morning Post, ayah dan ibu kandung Liu Xuezhou membantah menelantarkan lagi putra mereka. Menurut ayah Liu, Ding Shuangquan, dia berencana membelikan Liu tempat tinggal setelah anaknya itu lulus kuliah. Namun klaim sang ayah dibantah Liu.

Sedangkan ibu Liu, Zhang, mengatakan kepada Shangyou News, dia memang tidak ingin hidup bersama putra yang dulu dijualnya ke orang lain. Namun dia memiliki alasan untuk sikapnya itu.

"Apakah kamu tidak akan menjauhinya jika dia, anakmu begitu defensif, bahkan merekam semua pembicaraan kami? Ayahnya sudah menikah lagi, begitu juga aku. Dia memaksa kami membelikannya rumah, tapi kamu tidak memiliki uang sebanyak itu," kata Zhang.

Bantahan kedua orangtuanya di media itu membuat Liu geram. "Aku awalnya ingin membiarkannya karena aku adalah anak mereka. Tapi mereka mengubah putih jadi hitam dan sama sekali tidak merasa bersalah karena telah menjualku. Sampai jumpa di pengadilan," tulis Liu di Weibo.



Simak Video "Jess No Limit dan Sisca Kohl Unggah Momen Pernikahan Mereka"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)