Bak Film Korea, Wanita Ini Bertemu Ortu Asli Setelah Hilang & Diadopsi di AS

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 02 Nov 2020 13:15 WIB
Pertemuan Anak Adopsi Korea dan Orangtua Asli Foto: YouTube Korea Now
Jakarta -

Sejak 1950 cukup banyak anak Korea yang diadopsi oleh orangtua di luar negeri. Sejak tahun lalu pemerintah Korea Selatan pun punya program yang mempertemukan mereka dengan ayah dan ibu asli. Beberapa waktu lalu pertemuan pertama kali seorang anak adopsi dan keluarga biologisnya terekam dalam kamera. Mengharukan momen, mereka pun membuat penonton ikut meneteskan air mata.

Kamu yang hobi nonton film Korea mungkin pernah menyaksikan 'Ode to My Father'. Dalam salah satu film terlaris Korea sepanjang masa itu, diceritakan bahwa seorang anak perempuan hilang ketika digandeng oleh kakaknya selagi perang pecah. Bertahun-tahun kemudian, mereka kembali dipertemukan lewat telekonferensi di mana si wanita ternyata diadopsi orangtua Amerika.

Pertemuan Anak Adopsi Korea dan Orangtua AsliPertemuan Anak Adopsi Korea dan Orangtua Asli Foto: YouTube Korea Now

Kisah wanita Korea bernama Yoon Sang Ae pun mirip dengan cerita Ode To My Father. 44 tahun lalu Sang Ae yang berusia tiga tahun dibawa ke pasar oleh neneknya. Namun ia tiba-tiba hilang dan tidak bisa ditemukan. Sang Ae kecil kemudian dibawa ke Amerika Serikat untuk diadopsi. Sepanjang hidupnya, Sang Ae mengira jika orangtua aslinya di Korea mencampakkannya.

Pada 2016, Yoon Sang Ae mengunjungi negara kelahirannya lalu mendaftarkan informasi DNA untuk menemukan keluarga asli. Setahun setelahnya, sang ibu juga mendaftarkan DNA-nya. Setelah Jasa Forensik Nasional menemukan kecocokan biologi mereka, program di Boston membantu reuni keduanya. Kasus ini pun menjadi yang pertama yang berhasil mempertemukan anak adopsi dari luar negeri.

Pertemuan Anak Adopsi Korea dan Orangtua AsliPertemuan Anak Adopsi Korea dan Orangtua Asli Foto: YouTube Korea Now

Dalam video yang diunggah Korea Now, ibu Yoon Sang Ae terlihat sangat emosional ketika bisa bertemu lagi dengan anak kandungnya yang dulu hilang. Begitu juga dengan Sang Ae. "Aku diberi tahu bahwa aku ditinggalkan (ketika kecil) jadi aku tidak pernah tahu bahwa aku punya keluarga," kata wanita 47 tahun itu yang juga tidak mengetahui bahwa ia punya saudara kembar.

"Aku sangat terkejut. Pertama karena aku tidak tahu aku punya saudara apalagi saudara kembar. Aku tidak bisa tidur. Aku tidak bisa tidur," kata Yoon Sang Ae saat tahu akan dipertemukan orangtua aslinya.

Pertemuan Anak Adopsi Korea dan Orangtua AsliPertemuan Anak Adopsi Korea dan Orangtua Asli Foto: YouTube Korea Now

"Sang Ae kami tidak pernah meninggalkanmu," kata saudara kembarnya. "Aku sangat mencintaimu. Kami mencarimu setiap hari," tambahnya.

Karena pandemi, Yoon Sang Ae dan keluarganya belum bisa bertemu langsung. Mereka melakukan video call antara Seoul dan Boston untuk dapat bertatap muka.

Dikatakan jika keluarga Sang Ae melakukan berbagai cara untuk menemukannya hingga membuka toko di pasar tempat hilangnya wanita itu.

"Sang Ae, ibu sangat merindukanmu. Aku ingin segera bertemu denganmu. Aku sangat merindukanmu," ujar sang ibu selagi menangis. "Kamu masih terdaftar sebagai anak ibu di Korea. Harapanku untuk bertemu denganmu akhirnya bisa terwujud,"

[Gambas:Youtube]




(ami/ami)