Disukai Milenial, Acara America's Next Top Model Dihujat Gen Z di TikTok

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 31 Des 2021 18:14 WIB
SYDNEY, AUSTRALIA - DECEMBER 05:  Americas Next Top Model creator and host Tyra Banks appears at Carriageworks on December 5, 2014 in Sydney, Australia.  (Photo by Mark Metcalfe/Getty Images) Foto: Getty Images
Jakarta -

America's Next Top Model (ANTM) menjadi salah satu acara favorit anak-anak muda pada masanya. Kesuksesan kompetisi modeling tersebut bahkan membuatnya berjalan sampai musim 23 dan diadopsi negara-negara lain. Dulu dianggap seru dan menjadi tontonan yang ditunggu-tunggu, generasi Z ternyata punya pandangan berbeda. Belakangan mereka menghujat acara tersebut di TikTok karena dianggap problematik.

Remaja dan anak-anak muda saat ini memang punya pandangan berbeda terhadap banyak hal, termasuk tontonan. Di TikTok, mereka yang lebih sadar akan kesehatan mental pun mengkritik ANTM yang dianggap 'gila'. Acara yang ditayangkan di situs Hulu itu disebut bisa merusak imej tubuh karena mencari kesalahan para model dari berbagai aspek, mulai dari cara tersenyum hingga penampilan kulit.

Selain generasi Z, beberapa millenial juga baru mengadari ada yang salah dalam acara tersebut ketika beranjak dewasa. Salah satunya adalah Carly Ristuccia, TikToker yang baru-baru ini menonton ANTM lagi lalu membuat video "Moments in ANTM that probably destroyed my future mental health".

@2theroot

"Aku baru menyadari betapa gilanya acara itu. Itu membuatku berpikir tentanggu hal-hal yang ditampilkan dalam acara mungkin membangun ide alam bawah sadarku mengenai imej tubuh dan keseluruhan industri (modeling)," katanya kepada NBC.

Acara yang dipandu oleh supermodel Tyra Banks tersebut memang sering kali mengomentari tubuh para model. Misalnya ketika juri J. Alexander meminta seorang model untuk menahan perutnya. Atau ketika mereka diminta untuk tidak mengenakan makeup karena hanya wanita jelek yang pakai banyak riasan. Hal lain yang juga dikritik adalah wanita kulit putih yang diminta untuk didandani gelap untuk pemotretan bertema Afrika.

"Aku pikir acara ini memberi contoh bagaimana kamu bisa mencaci dirimu sendiri. Bagaimana kamu bisa melihat ke cermin dan berkata, aku tidak suka rambutku, hidungku," kata Dawnn Karen, founder Fashion Psychology Institute Dawnn.

"(Tyra) Bank memberi kita gambaran apa yang terjadi di industri modeling. Jadi sekarang di 2021, era TikTok, kami tidak akan mendukung itu," lanjutnya.

Tyra Banks sendiri mengetahui banyaknya kritikan belakangan ini mengenai acara yang membesarkan namanya tersebut. Ia mengakui adanya ketidaksensitifan dan mengapresiasi feedback netizen.



(ami/ami)