Netizen Tuntut Drakor Snowdrop Setop Tayang, Ini Keputusan Pengadilan Korea

R Chairini Putong - wolipop Kamis, 30 Des 2021 11:30 WIB
Snowdrop Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae In. Foto: dok. JTBC
Jakarta -

Drama Korea Snowdrop menuai kontroversi di tengah netizen Korea. Meskipun terancam batal, Snowdrop akan tetap tayang sesuai jadwal. Pengadilan Distrik Barat Seoul menolak petisi yang dilayangkan sebuah kelompok sipil untuk mengentikan drama Korea Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae In.

Setelah menayangkan episode pertama, Snowdrop menuai kecaman karena dinilai menyimpang dari sejarah. Netizen Korea langsung melayangkan petisi ke Blue House (kepresidenan Korea Selatan) pada Sabtu (18/12/2021). Hingga saat ini, ada lebih dari 300 ribu netizen Korea yang telah menandatangani petisi tersebut.

Di tengah kontroversi Snowdrop, sebuah kelompok sipil (World Citizens' Declaration atau WCD) mengajukan gugatan kepada stasiun televisi JTBC untuk membatalkan Snowdrop pada Rabu (22/12/2021).

Blue House (kepresidenan Korea Selatan) belum menanggapi petisi yang dilayangkan netizen. Petisi biasanya akan ditindaklanjuti setelah melampaui 200 ribu tanda tangan.

Sementara Pengadilan Distrik Barat Seoul menolak petisi yang dilayangkan kelompok sipil WCD pada Rabu (29/12/2021).

SnowdropSnowdrop Foto: Cho Baegon/Disney+

"Bahkan jika Snowdrop didasarkan pada distorsi sejarah, kemungkinan publik akan menerima itu (fakta distorsi sejarah) itu rendah," kata pihak pengadilan seperti dilansir dari Soompi.

Drama Korea Snowdrop berlatar tahun 1987 saat Korea Selatan berada di bawah pemerintahan diktator. Pada tahun itu, para mahasiswa pun berdemonstrasi agar pemilihan umum diadakan secara adil.

Netizen Korea menduga alur ceritanya akan mencemarkan nama baik gerakan pro-demokrasi Korea Selatan. Namun, pengadilan mengatakan saat ini tidak ada undang-undang yang melindungi gerakan pro-demokrasi dari distorsi sejarah.

"Kecuali konten drama secara langsung melibatkan (kelompok sipil), sulit untuk membantah bahwa itu (Snowdrop) melanggar hak (kelompok sipil)."

JTBC membantah tuduhan distorsi sejarah drama Korea Snowdrop dan menegaskan bahwa itu hanya 'kesalahpahaman' netizen. Pihak stasiun televisi kemudian membuat jadwal siaran khusus dengan menayangkan tiga episode pada akhir pekan lalu.

Drama Korea Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK dijadwalkan setiap Sabtu dan Minggu pukul 22.30 KST WIB di JTBC. Dengan jumlah 16 episode, penggemar bisa menonton Snowdrop secara legal dengan subtitle Bahasa Indonesia di Disney Plus.



Simak Video "Penuh Kontroversi, Snowdrop Tak Mengecewakan dari Segi Rating"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)