Kontroversi Kian Memanas, Ini Alasan Kenapa Snowdrop Dilarang Tayang

R Chairini Putong - wolipop Selasa, 28 Des 2021 17:00 WIB
Snowdrop Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK. Foto: Cho Baegon/Disney+
Jakarta -

Drama Korea Snowdrop menuai kecaman keras dari netizen Korea. Lebih dari 300 ribu netizen telah menandatangani petisi untuk membatalkan penayangan drama Korea yang dibintangi Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae In. Kenapa Snowdrop dilarang tayang?

Melodrama yang tayang setiap akhir pekan itu dinilai menyimpang dari sejarah. Netizen Korea bahkan telah melancarkan aksi boikot massal sebelum Snowdrop tayang perdana.

Inilah alasan kenapa Snowdrop dilarang tayang dan dikecam netizen Korea:

1. Snowdrop Berlatar Tahun 1987

Syuting drama Korea Snowdrop dimulai pada bulan November 2020. Namun, pada bulan Maret 2021, Snowdrop terseret kontroversi saat netizen melancarkan boikot massal.

Sebab drama Korea Snowdrop berlatar tahun 1987 saat Korea Selatan berada di bawah pemerintahan diktator. Pada tahun itu, para mahasiswa pun berdemonstrasi agar pemilihan umum diadakan secara adil.

Netizen Korea menduga alur ceritanya akan mencemarkan nama baik gerakan pro-demokrasi Korea Selatan. Itulah salah satu alasan kenapa Snowdrop dilarang tayang. Sebagai tanggapan, JTBC membantah alur cerita Snowdrop dimaksudkan untuk mengkritik pemerintahan Korea Selatan.

Jung Hae InJung Hae In Foto: dok JTBC

2. Nama Karakter Jisoo BLACKPINK

Masalah lain yang muncul adalah pemilihan nama pemeran utama wanita drama Korea Snowdrop. Jisoo BLACKPINK awalnya berperan sebagai Eun Young Cho, seperti nama aktivitis, Chun Young Cho yang melawan otoritarianisme di Korea Selatan. JTBC akhirnya mengganti nama karakter Jisoo BLACKPINK menjadi Eun Young Ro.

Jisoo BLACKPINKJisoo BLACKPINK Foto: dok JTBC

3. Jung Hae In Jadi Mata-mata Korea Utara

Setelah penayangan episode pertama, netizen Korea mengirimkan petisi untuk membatalkan drama Korea Snowdrop ke Blue House (kepresidenan Korea Selatan). Dalam petisi itu, netizen Korea menyorot bagaimana Snowdrop meromantisasi karakter Jung Hae In yang dikisahkan sebagai mata-mata Korea Utara namun disangka tokoh gerakan pro-demokrasi.

Sang aktor berperan sebagai Im Su Ho yang punya nama lain Ri Tae San. Karakternya berumur 27 tahun dan menyamar sebagai mata-mata dari Korea Utara. Dia menetap di Korea Selatan untuk sebuah misi sebagai mahasiswa pascasarjana University of Berlin.

Sementara itu, pada tahun 1987, banyak pengunjuk rasa yang disiksa pasukan militer dengan alibi bahwa mereka adalah mata-mata dari Korea Utara. Hal itu sontak menuai kritik netizen Korea dan menjadi alasan kenapa Snowdrop dilarang tayang.



Simak Video "Penuh Kontroversi, Snowdrop Tak Mengecewakan dari Segi Rating"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)