Kisah Wanita yang Hidup Gratis Dengan Cara Berpura-pura Jadi Sosialita

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 09 Des 2021 16:56 WIB
Young woman trying clothes in a fitting room and photographing herself in a mirror // mobile stock photo made with iPhone 6s Ilustrasi Wanita/Foto: iStock
Jakarta -

Seorang mahasiswa seni yang berasal dari China baru-baru ini membagikan hasil dari eksperimennya untuk hidup gratis dengan cara berpura-pura menjadi seorang sosialita kaya raya. Dengan penyamarannya itu, dia berhasil hidup tanpa mengeluarkan uang sepeser pun selama 3 minggu di Beijing, China.

Seperti dilansir dari Oddity Central, mahasiswi Universitas Beijing yang bernama Zou Yaqi itu mengaku bisa mendapat perlakuan khusus dan menikmati makanan enak selama 3 minggu secara gratis. Namun sebelum menjalankan penyamarannya itu, Zou Yaqi telah menghabiskan beberapa bulan untuk membuat persiapan.

Pada bulan Januari Zou telah melakukan survey ke beberapa tempat dan membuat daftar lokasi mana saja yang bisa dikunjunginya untuk mendapatkan makanan, minuman, dan akomodasi gratis. Setelahnya Zou pun harus mengubah identitasnya untuk bisa menjadi salah satu anggota sosialita yang berpengaruh di Tiongkok.

Zou menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mempelajari gaya hidup para sosialita. Mulai dari cara mereka berpakaian, merias wajah, hingga tingkah laku para sosialita.

[Gambas:Youtube]



Zou lalu mulai menjalankan penyamarannya pada tanggal 1 Mei dengan berkunjung ke ruang VIP bandara. Untuk bisa masuk ke ruangan tersebut, Zou menggunakan tiket masuk palsu. Awalnya dirinya pun merasa gugup, takut penyamarannya akan terungkap dan diusir. Namun untungnya penyamarannya itu bisa berjalan dengan lancar.

Walaupun sebenarnya tiket masuk tersebut hanya berlaku selama 3 jam, tetapi sepertinya tidak ada yang melarang jika ada tamu yang terlalu lama tinggal di sana. Karena hal itu, mahasiswi berusia 23 tahun itu pun menghabiskan waktu sebanyak 3 hari di sana, tidur di sofa dan menikmati makanan-makanan gratis yang disajikan sebagai prasmanan harian.

Pada hari pertama Zou juga mengunjungi toko Gucci yang ada di bandara dan meyakinkan karyawan di sana untuk memberinya kantong belanja Gucci secara gratis, yang membuatnya terlihat seperti sosialita sungguhan. Ketika Zou beralih ke toko Louis Vuitton sambil menenteng kantong belanja Gucci, karyawan di sana yang melihatnya pun langsung menyapa dan menunjukkan barang-barang mahal, bahkan mengundangnya ke acara LV.

Setelah puas menghabiskan waktu di bandara, Zou pun beralih ke distrik Dongcheng. Dia kemudian mengandalkan citra sosialitanya untuk mendapatkan lebih banyak makanan dan akomodasi gratis. Zou membuat nama dan nomor kamar palsu untuk bisa mendaftar dan mendapatkan akses kamar mandi mewah gratis di hotel berbintang.

Zou juga mendatangi acara lelang perhiasan mahal dan mencoba beberapa perhiasan mewah tersebut. Setelah cukup lama menyamar sebagai sosialita, Zou pun sudah tak lagi merasa gugup ataupun khawatir.

"Saya terus-menerus memainkan peran sepanjang hari, saya sudah mati rasa dan tidak panik saat itu," terang Zou.

Eksperimen Zou itu kemudian dibuat menjadi sebuah proyek seni kelulusan tentang kapitalisme dan konsumerisme. Eksperimen Zou itu pun menjadi salah satu proyek artistik yang banyak diperbincangkan pada tahun 2021 di Tiongkok.



Simak Video "Minta Maaf, Olvah Alhamid Ngaku Juga Sering Dapat Perlakuan Rasis"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)