Ini Cerita di Balik Kostum Nasional Seberat 50 Kg Miss Grand Malaysia

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 04 Des 2021 18:00 WIB
Kostum Nasional Finalis Miss Grand International 2021 Foto: Dok. Facebook Miss Grand International
Jakarta -

Kostum nasional Miss Grand Malaysia menjadi salah satu yang menarik perhatian di Miss Grand International 2021. Betapa tidak, kostum heboh berwarna biru-emas itu memiliki berat yang mencengangkan.

Saat tampil di malam pre-liminary di Thailand, Miss Grand Malaysia Lishalliny Kanaran mengenakan kostum dengan berat hingga 50 kg. Berbusana hitam-emas, ia juga 'membawa' tujuh patung di belakangnya.

Tema kostum Miss Grand Malaysia adalah 'The 7 Ancient Princesses of Ulek Mayang'. Menggambarkan lagu dan tarian folk dari Terengganu, salah satu negara bagian Malaysia.

Kostum Nasional Finalis Miss Grand International 2021Kostum Nasional Miss Grand Malaysia. Foto: Dok. Facebook Miss Grand International

Kostum tersebut menceritakan tentang seorang nelayan yang jiwanya diambil oleh arwah laut.

Arwah yang ternyata seorang putri itu jatuh cinta pada nelayan tersebut namun tak berbalas. Maka pada suatu hari, dia mengambil jiwa sang nelayan hingga membuatnya dalam keadaan terbujur kaku, seperti patung yang kerasukan arwah.

"Teman nelayan itu kemudian meminta dukun untuk mengembalikan jiwanya dan membuatnya sehat lagi. Saat ritual penyembuhan, bomoh memanggil arwah putri laut menggunakan mayang (tongkol bunga kelapa), kemenyan dan menawarkan nasi berwarna, dan memanggil lima saudarinya untuk membantu membebaskan jiwa sang nelayan," jelas Miss Grand Malaysia seperti dikutip dari World of Buzz.

Dia melanjutkan, "Peperangan terjadi antara dukun itu dengan enam putri untuk memperebutkan jiwa nelayan. Akhirnya, putri ketujuh dan yang tertua tiba dan mengirimkan keenam saudaranya kembali ke laut."

Kostum yang menggambarkan legenda rakyat tersebut dikreasikan oleh desainer asal Sarawak, Aldrin Artistry. Bersama Indonesia, Malaysia masuk dalam Top 10 Kostum Nasional Terbaik Miss Grand International.



Simak Video "Alasan Miss Grand Myanmar Minta Bantuan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)