Kekecewaan Kataluna Enriquez, Finalis Transgender Miss USA yang Dieliminasi

Tim Wolipop - wolipop Kamis, 02 Des 2021 11:30 WIB
Kataluna Enriquez Foto: dok. Instagram/@missnvusa
Jakarta -

Kataluna Enriquez, transgender yang membuat sejarah setelah menjadi finalis kontes kecantikan Miss USA 2021. Namun sayangnya, dia tereliminasi lebih dulu di babak 16 besar. Transgender wanita 28 tahun itu mengungkapkan kekecewaannya.

"Ini sebuah kehormatan untuk dapat mewakili komunitas dan menjadi contoh bagi orang-orang queer muda yang sekarang tahu bahwa mereka tidak perlu dibatasi oleh standar masyarakat," ucapnya, seperti dikutip dari Yahoo.

"Aku kaget. Tapi aku lebih kecewa karena aku bekerja keras untuk itu. Aku pikir mereka belum siap," tambahnya.

Kataluna merasa adanya ketimpangan dalam sesi tanya jawab. Menurutnya, finalis lain ditanya tentang pemikirannya dalam berbagai topik, sementara dirinya hanya ditanya seputar transisinya sebagai transgender.

Kataluna EnriquezKataluna Enriquez Foto: Instagram @missnusa

"Ini mengecewakan karena masih banyak hal yang ingin aku tawarkan, aku memiliki banyak hal yang ingin aku kemukakan. Yang lain ditanya tentang politik, perubahan iklim, jadi itu sangat mengecewakan bagiku karena aku mengharapkan lebih," ujar Kataluna.

Meski begitu, Kataluna tetap bersyukur bisa ikut menjadi bagian dari perubahan di kontes kecantikan bergengsi tersebut. "Tidak apa-apa karena kami telah membuat dampak, dan aku mendapatkan banyak dukungan dan cinta lewat media sosial," akunya.

Wanita yang sebelumnya memenangkan Miss Nevada 2021 itu mendapatkan banyak kecaman setelah memenangkan ratu kecantikan tersebut dan berhak berkompetisi di Miss USA. Dia mendapatkan banyak ancaman dari berbagai pihak, bahkan dia mengaku cukup ketakutan jika ada hal-hal buruk selama berkompetisi di Miss USA.

Namun dia akhirnya merasa aman dengan sistem keamanan yang tinggi di Miss USA. Pihak penyelenggara pun menyakinkannya bahwa dia akan dijaga agar tetap aman. Begitu juga dengan kontestan lainnya yang menerima Kataluna dengan baik.

elle smithelle smith Foto: Instagram elle_to_the_no

Pemenang Miss USA 2021 adalah Elle Smith. Dia kini resmi menjadi kontestan untuk Miss Universe dan akan segera bertolak ke Israel untuk berkompetisi di ajang tersebut.

Elle Smith sendiri bisa dibilang juga punya latar belakang yang berbeda dari kebanyakan Miss USA. Ia adalah warga Amerika keturunan Afrika yang memilih tampil dengan rambut afro.



Simak Video "Pangeran Harry Takut Bawa Anak-anaknya ke Inggris, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)