Seragam dan Topeng Squid Game, Kisah di Baliknya Ungkap Makna Tersembunyi Ini

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 01 Okt 2021 12:00 WIB
Kisah Seragam dan Topeng Squid Game Staf permainan bertahan hidup Squid Game. Foto: dok. Netflix
Jakarta -

Squid Game sukses menjadi drama Korea yang paling banyak ditonton di Netflix. Sutradara Hwang Dong Hyuk memperhatikan detail saat menggarap drama pertamanya. Seragam dan topeng yang dilihat penonton memiliki arti tersendiri.

Ide sutradara Squid Game baru terealisasikan setelah 10 tahun. Hwang Dong Hyuk berkali-kali mendapat penolakan, karena ceritanya dinilai aneh dan tidak realistis oleh investor. Hingga akhirnya, ia dapat mewujudkan Squid Game bersama Netflix.

Dalam wawancaranya dengan Netflix Korea, Hwang Dong Hyuk mengungkap proses pembuatan seragam staf permainan bertahan hidup. Ia ingin membuat operator Squid Game terlihat serupa bak koloni semut.

"Awalnya, aku menginginkan pakaian mirip pramuka tapi itu menunjukkan (kesan) pria terlalu baik. Itu tidak benar-benar membuat mereka seperti semut dalam koloni semut. Mereka harus menutupi seluruh tubuhnya. Dan pilihan terbaik untuk merahasiakannya adalah jumpsuit. Dengan hoodie juga, karena mereka perlu menutupi wajahnya," jelas sutradara Squid Game.

Kisah Seragam dan Topeng Squid GameBentuk seragam pramuka yang direncanakan sutradara Squid Game Foto: dok. YouTube Netflix Korea

Hwang Dong Hyuk pun mengungkap alasannya memilih warna pink untuk seragam staf permainan bertahan hidup. Ia tak ingin operator Squid Game terlihat mencekam dan memilih warna yang dinilai 'kekanak-kanakan.'

"Ayo kita buat warnanya (terlihat) sangat kekanak-kanakan, sehingga tak terasa mencekam atau menakutkan," sambungnya.

Inspirasi Topeng Staf Permainan Squid Game

Dalam kesempatan yang sama, art director Squid Game Chae Kyung Sun menyinggung topeng yang dikenakan staf permainan bertahan hidup. Baik sutradara dan art director telah mencoba berbagai desain berbeda, termasuk topeng yang menyerupai kepala binatang.

"Itu harus mudah dipakai. Itu harus memastikan pandangan yang baik. Itu harus menggambarkan kelas mereka. Jadi aku terinspirasi oleh Hahoe-tal (topeng tradisional Korea) dan topeng anggar," ungkap Chae Kyung Sun.

Kisah Seragam dan Topeng Squid GameIde pembuatan topeng Squid Game Foto: dok. YouTube Netflix Korea

Sebagai tambahan, Hwang Dong Hyuk meminta Chae Kyung Sun membuat topeng staf permainan bertahan hidup bisa dilipat. Seperti yang terlihat dalam episode lima Squid Game, saat Hwang Jun Ho (pemain Wi Ha Joon) membuka topengnya.

Arti Simbol di Topeng Squid Game

Topeng staf permainan bertahan hidup memiliki simbol yang berbeda. Sutradara Squid Game terinspirasi dari kelas masyarakat dan membaginya dalam tiga kelas: segitiga, lingkaran, dan persegi.

Saat menghadiri konferensi pers Squid Game, Hwang Dong Hyuk menjelaskan simbol lingkaran berarti pekerja, segitiga mewakili tentara, sementara persegi untuk manajer. Setiap kelas memiliki tanggung jawab berbeda seperti dalam koloni semut.

Squid Game mengikuti persaingan 456 orang asing yang memperebutkan 45,6 miliar won dalam permainan bertahan hidup. Sembilan episode Squid Game dapat ditonton dengan subtitle Bahasa Indonesia di Netflix.



Simak Video "Saat Jeff Bezos Puji Kesuksesan 'Squid Game' Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)