Squid Game Dikecam, Minta Korban Teror Ganti Nomor Setelah Terekspos

R Chairini Putong - wolipop Sabtu, 25 Sep 2021 13:30 WIB
Squid Game Squid Game. Foto: dok Netflix
Jakarta -

Drama Korea besutan Netflix, Squid Game menuai kecaman karena menggunakan nomor telepon asli seorang netizen Korea. Pemilik nomor telepon pun mengeluhkan panggilan telepon dan SMS yang diterimanya tanpa henti.

Dalam drama Korea Squid Game, setiap kontestan akan mendapatkan kartu nama. Mereka harus menelpon nomor pada kartu untuk mengikuti permainan bertahan hidup.

Namun, tim produksi Squid Game hanya memotong kode area alias tiga digit pertama dari nomor telepon. Sementara delapan digit lainnya dimuat di kartu nama Squid Game.

Pemilik nomor telepon sebenarnya memberikan pernyataan kepada Money Today. Wanita itu merasa terganggu oleh penonton Squid Game yang mencoba menelponnya berulang kali.

Nomor Telepon Terekspos di Squid GameNomor telepon terekspos dalam episode pertama Squid Game Foto: dok. Netflix

Tak lama setelah itu, Netflix menghubungi korban panggilan teror. Namun, tanggapan tim produksi Squid Game tak sesuai ekspektasi netizen Korea dan memicu kritik lain.

Kepada SBS, pemilik nomor telepon asli Squid Game mengungkap pihak Netflix memintanya untuk mengubah nomor telepon, karena tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengatasi panggilan teror.

Pemilik Nomor Asli Squid GameRekaman suara tim produksi Squid Game Foto: dok. SBS News

"Kami tidak bisa berbuat apa-apa karena (nomor telepon) sudah muncul dan kami pun tidak sengaja melakukannya. Sejujurnya, kami pikir satu-satunya pilihanmu adalah mengganti nomor telepon," demikian tanggapan tim produksi Squid Game kepada korban.

Netizen Korea semakin geram karena tim produksi Squid Game tidak meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan korban. Mereka menawarkan kompensasi sebesar 1 juta won (sekitar Rp 12 juta) karena telah mengekspos nomor teleponnya.

Namun, korban panggilan teror penonton Squid Game tak bisa mengganti nomor teleponnya yang telah digunakan selama 20 tahun. Sebab, nomor teleponnya itu digunakan untuk bisnis kecilnya.

Pemilik Nomor Asli Squid GameKorban panggilan teror penonton Squid Game Foto: dok. SBS News

"Kami terus mendapat permintaan pesanan sehingga menerima panggilan tanpa akhir. Kami juga menerima banyak SMS sehingga situasinya..." ujar wanita korban panggilan teror.

Tanggapan Netflix sontak membuat netizen Korea geram. Setelah SBS News menayangkan keterangan korban panggilan teror Squid Game, mereka mengkritik 'respon kasar' Netflix di forum online.

"Melihat tanggapan mereka membuatku menyesali waktu yang ku habiskan untuk menonton serial ini. Jika aku tahu tim produksi memiliki keberanian seperti ini, aku tidak akan pernah menontonnya sejak awal," komentar seorang netizen.

"Lihatlah tanggapan kasar mereka. Bukankah seharusnya mereka meminta maaf terlebih dulu," tulis netizen lain.

"Sejujurnya, bukankah dia harus menuntut mereka?" tanya seorang netizen.

"Astaga mereka tidak punya empati. Tidak mudah untuk mengganti nomor telepon," timpal netizen lain.

Squid Game mengikuti kisah 456 orang asing dalam permainan bertahan hidup untuk memenangkan 45,6 miliar won. Netflix telah menayangkan sembilan episode Squid Game saat tayang perdana pada Jumat (17/9/2021).



Simak Video "Tindak Lanjut Tim Produksi Squid Game soal Insiden Nomor Telepon"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)