Squid Game Dituduh Plagiat, Ini Kemiripannya dengan Film As The Gods Will

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 22 Sep 2021 15:45 WIB
Squid Game Park Hae Soo, Lee Jung Jae, dan Jung Ho Yeon dalam drama Korea Squid Game. Foto: (dok. Netflix)
Jakarta -

Drama Korea besutan Netflix, Squid Game sukses mencuri atensi penonton mancanegara. Squid Game langsung menempati urutan keempat daftar 'Top 10 Series Worldwide' sehari setelah penayangannya.

Squid Game menayangkan sembilan episode saat tayang perdana pada Jumat (17/9/2021). Namun, sejumlah netizen Korea menuding Squid Game hasil plagiat karena memiliki banyak kesamaan dengan film Jepang 'As The Gods Will'.

Tuduhan plagiat telah muncul sejak perilisan trailer drama Korea Squid Game. Seorang netizen Korea kemudian mengumpulkan 'bukti' kesamaan Squid Game dan 'As The Gods Will' yang tayang pada 2014.

Kesamaan Squid Game dan As The Gods Will

As The Gods Will diadaptasi dari manga 'Kamisama no lu Toori' karya Muneyuki Kaneshiro dan Akeji Fujimura yang diterbitkan pada 2011. Film itu mengikuti kisah sekelompok siswa SMA yang terpaksa mengikuti permainan mematikan setelah gurunya tiba-tiba meledak di kelas.

Dalam film As The Gods Will, boneka daruma yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan netizen Jepang tiba-tiba muncul di atas meja. Para siswa harus berhenti bergerak saat boneka tersebut berbalik badan untuk melewati permainan pertama.



Sementara Squid Game mengikuti kisah 456 orang asing dalam permainan bertahan hidup untuk memenangkan 45,6 miliar won. Permainan pertama dimulai dengan 'Red Lights, Green Lights' yang memperlihatkan boneka menakutkan seperti dalam film As The Gods Will.

Para pemain pun harus berhenti bergerak saat boneka tersebut berbalik badan. Netizen Korea juga melihat kemiripan Squid Game dan As The Gods Will, dalam adegan yang memperlihatkan pemeran utama pria melompat agar tak terlihat boneka tersebut.

Sutradara Squid Game Bantah Plagiat

Saat menghadiri konferensi pers, sutradara Squid Game mengaku terinspirasi dari manga (komik Jepang) dan manhwa (komik Korea). Hwang Dong Hyuk pun bertekad menggarap naskah drama Korea bertema permainan bertahan hidup.

"Setelah syuting film debutku pada 2008, aku pergi ke sejumlah toko buku manga dan manhwa. Aku melihat banyak kisah permainan bertahan hidup jadi aku pikir akan menarik jika genre ini diciptakan kembali dengan tampilan Korea," ungkap Hwang Dong Hyuk, seperti dilansir dari Allkpop.

Squid GamePermainan 'Red Lights, Green Lights' dalam drama Korea Squid Game Foto: (dok. Netflix)

"Aku menyelesaikan naskah (Squid Game) pada 2009 namun orang-orang mengatakan itu tidak akan berhasil karena ceritanya kejam dan genrenya tidak dikenal publik saat itu. Aku tidak bisa mendapat investasi atau casting karena proyeknya sulit untuk dimengerti. Jadi aku berhenti menggarapnya," sambungnya.

Hwang Dong Hyuk juga menyinggung tuduhan plagiat Squid Game dari film Jepang 'As The Gods Will'. Namun, menurutnya tak ada adegan yang mirip selain permainan 'Red Lights, Green Lights' alias 'Mugunhwa Has Bloomed' dari permainan anak-anak Korea.

"Saat kami syuting, aku mendengar itu mirip dengan 'As The Gods Will'. Tapi game pertamanya 'Mugunhwa Has Bloomed' telah kutulis sejak 2009. Itu adalah satu-satunya kesamaan yang kebetulan dan tidak ada hubungannya dengan film itu. Aku tidak mengikuti siapa pun. Aku sebenarnya menjadi yang pertama karena aku menulis itu lebih dulu," tutur sutradara Squid Game.



Simak Video "Deretan Kontroversi yang Iringi Kesuksesan Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)