Pria Dihukum Cuci-Setrika Baju Wanita Sekampung, Ini Kesalahannya

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 24 Sep 2021 18:06 WIB
Cloths are hanging on clothesline Ilustrasi Foto: iStock
Jakarta -

Seorang pria mendapat hukuman unik untuk menebus kesalahannya. Ia diminta untuk mencuci dan menyetrika baju semua wanita di desanya untuk menunjukkan penghormatan pada mereka. Apa yang dilakukan pria tersebut? Ternyata ia pernah melakukan percobaan perkosaan.

Pria bernama Lalan Kumar asal India dituduh melakukan percobaan perkosaan dan terancam dipenjara. Namun hakim memutuskan ia bisa dibebaskan dengan syarat harus mencuci dan menyetrika busana wanita di kampungnya. Lalan sendiri memang sudah terbiasa melakukan pekerjaan itu sebagai profesi di keseharian.

Dilaporkan Agence France-Presse, Lalan diminta memberi jasa cuci dan setrika secara gratis kepada 2.000 wanita di desanya. Hukuman itu dianggap seperti pelayanan masyarakat sesuai profesi yang diharapkan bisa menimbulkan efek jera sekaligus meningkatkan rasa menghormati pada wanita.

"Semua wanita di desain itu senang dengan keputusan pengadilan. Ini bersejarah. Ini akan meningkatkan rasa hormat kepada para wanita dan membantu melindungi martabat mereka," kata Nasima Khatoon yang merupakan kepala dewasa Majhor di negara bagian Bihar.

"Ini adalah langkah yang hebat dan hukuman yang berbeda yang mengirim pesan kepada masyarakat," lanjutnya.

Lalan Kumar sendiri sudah ditangkap sejak April karena beberapa tindakan kriminal yang melibatkan percobaan pemerkosaan. Hingga kini belum ada kabar lagi mengenai waktu persidangannya selanjutnya.

(ami/ami)