Kontroversi Ali Hamza, Diboikot KPopers karena Komentarnya Soal Remix Azan

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 10 Sep 2021 15:17 WIB
Ali Hamza Foto: TikTok @alinezad
Jakarta -

Belakangan ramai perbincangan soal stasiun televisi Mnet yang menampilkan lagu dengan suara azan sebagai backsound acara Street Woman Fighter. Dianggap mempermainkan agama, hal itu tentu langsung mendapat kecaman dari berbagai pihak, termasuk TikTokers Ali Hamza yang sering berbagi ilmu agama Islam. Sayangnya pernyataan Ali malah memunculkan petisi untuk memboikotnya.

Ali Hamza kemarin berkomentar soal kontroversi lagu remix azan di acara Street Women Fighter yang jadi viral. TikTokers dengan lebih dari 2 juta pengikut itu mengungkapkan kekesalannya karena lantunan suci untuk memanggil umat Islam beribadah tersebut dipermainkan. Namun yang membuatnya jadi diboikot adalah pernyataan yang dianggap menyebarkan kebencian.

Ali Hamza Dianggap Menyebarkan Kebencian

"Dan tahu nggak kalian hal ini nggak satu dua kali terjadi guys. Orang Korea ini memang sering kali menggunakan azan ke dalam musiknya. Waduh ini nggak ada akhlak banget guys," ujar Ali Hamza dalam video yang sudah ditonton lebih dari 16 juta kali itu.

Dalam postingan yang diberi judul 'Viral! Parah! Stasiun Korsel Permainkan Suara Azan' tersebut Ali pun menulis keterangannya yang dianggap menghina KPopers. "Uda tau sering begini masi aja lu demen tuh kpop kpopan! Di saat agama lu dihina lu diem? penyembah fisik," tulis pemilik akun Instagram @hamzali_abradinezad itu.

Dikecam KPopers

Sejumlah KPopers tentu tidak tinggal diam. Mereka menyatakan jika masalah itu tidak berkaitan langsung dengan KPop atau fans. Banyak netizen beropini jika polemik remix azan merupakan kesalahan stasiun televisi atau orang yang membuat lagu sehingga Ali Hamza dianggap tidak mengerti permasalahan.

Dalam video lain, Ali menjelaskan bahwa menurutnya banyak lagu KPop yang mempermainkan agama Islam kemudian menunjukkan beberapa contohnya. Di postingan selanjutnya, Ali mengatakan jika Mnet memutarkan musik-musik KPop dan dalam program Street Women Fighter sendiri mengundang para idol KPop sehingga pendapatnya tidak salah.

Muncul Petisi untuk Memboikot Ali Hamza

Karena pernyataannya soal KPop yang kontroversial, Ali Hamza mendapat kecaman netizen. Tak lama kemudian 'Boikot Ali Hamza' jadi trending di Twitter. Sebuah petisi dalam situs change.org pun dibuat karena ia dianggap menggunakan tameng agama untuk mengemukakan kebencian, adu domba, dan fitnah.

Petisi itu diharapkan bisa menghasilkan efek jera pada Ali Hamza. "Setidaknya bisa menjadi pelajaran agar Ali Hamza bisa lebih dewasa dalam menyikapi sesuatu, tidak menelan mentah informasi, dan belajar dari dua sisi agar tidak menyebarkan kebencian lagi terhadap orang lain!" tulis pembuat petisi yang sudah ditandatangani 121 ribu kali dari target 150 ribu saat berita dibuat.

@alinezad

Uda tau sering begini masi aja lu demen tuh kpop kpopan! Disaat agama lu di hina lu diem? penyembah fisik🗿 ##mnet ##korea ##kpop ##kpopers ##kpoper ##viral

♬ موسيقى إسلامية هادئة - Goldenmac

(ami/ami)