BTS Wamil atau Tidak? Pertimbangan Pemerintah Korsel Ini Picu Kontroversi

R Chairini Putong - wolipop Kamis, 09 Sep 2021 14:15 WIB
BTS in the Soop BTS. Foto: (dok. SOOP)
Jakarta -

Komisi Pertahanan Nasional Korea Selatan tengah mempertimbangkan apakah BTS akan menjalani wajib militer atau tidak. Pertemuan yang diadakan mulai hari ini akan membahas 'Undang-Undang Pembebasan Wajib Dinas Militer BTS'.

'Undang-Undang Pembebasan Wajib Dinas Militer BTS' diusulkan Yoon Sang Hyun, salah seorang anggota Majelis Nasional pada Juni 2021. Majelis Nasional juga memasukkan beberapa nama yang dinilai meningkatkan martabat Korea Selatan sehingga dapat menunda wajib militer.

Amandemen Undang-Undang Dinas Militer memungkinkan personel BTS menunda wajib militer hingga berumur 30 tahun. Namun, apabila revisi baru disahkan, BTS kemungkinan akan mendapat pengecualian khusus dari dinas wajib militer.

Pengecualian BTS Wamil Tuai Pro Kontra

'Undang-Undang Pembebasan Wajib Dinas Militer BTS' sempat memicu kontroversi di tengah netizen Korea. Sejumlah netizen menilai BTS berhak dibebaskan dari wajib militer karena prestasinya.

BTS mendapat pengakuan global dan menerima sejumlah penghargaan internasional dari Billboard dan Grammy. Namun, tak sedikit netizen Korea menilai pengecualian tersebut tidak akan adil bagi aktor, atlet, maupun idol lain yang menjalani wamil.

Jin BTS merupakan personel tertua kelahiran 1992 yang seharusnya menjalani wajib militer pada 2020. Pemilik nama asli Kim Seokjin itu telah menginjak 28 tahun, batas akhir mengikuti wajib militer.

Jin BTSJin BTS. Foto: Twitter @BTS_twt

Saat menghadiri konferensi pers untuk perilisan album 'BE', Jin BTS mengatakan "dinas militer adalah kewajiban alami." Jin dan personel BTS lainnya akan mendaftar wajib militer suatu hari.

"Sebagai seorang pemuda di Korea, aku pikir wajib militer adalah kewajiban alami yang harus dilakukan, dan jika ada panggilan dari negara, aku akan selalu merespon," ungkap Jin BTS, seperti dilansir dari SBS News.



Simak Video "KuTips: 4 Cara Kreatif Daur Ulang Kemasan BTS Meal"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)