Kris Wu Bantah Tuduhan Perkosa 30 Wanita, Ini Kronologi Skandalnya

R Chairini Putong - wolipop Senin, 19 Jul 2021 12:00 WIB
Kris Wu Kris Wu. Foto: dok. Instagram kriswu
Jakarta -

Kris Wu tengah menjadi perbincangan hangat karena dituding memperkosa lebih dari 30 wanita. Hal itu diungkap oleh Du Meizhu, gadis yang mengaku sebagai salah satu 'korban' eks member EXO itu. Seperti apa kronologi tuduhan pemerkosaan Kris Wu?

Du Meizhu mengungkap Kris Wu menargetkan gadis di bawah umur sebagai 'korban' pemerkosaan. Aktor Cina itu akan membuat gadis-gadis mabuk sebelum memperkosa mereka. Menyusul ancaman Du Meizhu, Kris Wu angkat bicara menolak semua tudingan yang dialamatkan padanya.

Berikut kronologi tuduhan pemerkosaan Kris Wu yang diungkap Du Meizhu:

1. Du Meizhu Mengaku Diselingkuhi Kris Wu

Pada Kamis (8/7/2021), Du Meizhu membuat postingan di akun Weibo dan mengungkap ia telah mendapatkan bukti bahwa Kris Wu berselingkuh. Gadis berumur 19 tahun itu mendapat kiriman video dan pesan suara dari para 'korban' pemerkosaan.

Dalam postingannya, Du Meizhu mengungkap Kris Wu menggunakan metode yang sama untuk mengundang gadis-gadis di bawah umur. Ia akan memilih mereka untuk di-casting sebagai model video klip, dan menandatangani kontrak dengan studio Kris Wu.

Du MeizhuDu Meizhu, gadis yang mengaku sebagai 'korban' pemerkosaan Kris Wu Foto: dok. Weibo Du Meizhu

"Kamu menggunakan metode yang sama untuk mengundang gadis-gadis bermain game dan kemudian membuat mereka mabuk... dan kamu dengan manis berkata: Aku akan bertanggung jawab, aku ingin bersama denganmu..." tulis Du Meizhu.

Lebih lanjut, Du Meizhu mengungkap Kris Wu memiliki akun WeChat yang dikhususkan untuk menghubungi gadis-gadis di bawah umur. Namun, akun tersebut langsung dihapus oleh Kris Wu setelah Du Meizhu membuat postingan, "Semoga kita semua menjalani hidup dengan baik," pada Kamis (3/6/2021).

2. Du Meizhu Mengambil Tindakan Hukum pada Kris Wu

Du Meizhu kembali membuat postingan di akun Weibo pada Sabtu (10/7/2021). Ia mengharapkan permintaan maaf dari Kris Wu, dan menahan diri untuk tidak membeberkan daftar gadis di bawah umur yang menjadi 'korban' Kris Wu.

Du Meizhu mengungkap ia akan mengambil tindakan hukum dan bekerja sama dengan gadis di bawah umur yang menjadi 'korban' Kris Wu.

"Aku akan mengajukan kasus, dan menyerahkan bukti ke polisi. Kami akan bekerja sama dengan polisi, untuk menyelidiki semua pesan dan pelacakan lokasi akun Weibo dan WeChat yang terdaftar, dan identitas di balik akun tersebut," ungkap Du Meizhu.

3. Du Meizhu Dihubungi Staf Kris Wu

Rekaman percakapan Du Meizhu dan staf Kris Wu beredar pada Sabtu (17/7/2021). Pihak Kris Wu meminta Du Meizhu menghapus postingannya dan mengakui informasi yang ia dapatkan "belum terverifikasi."

Chat tersebut mengungkap obrolan Du Meizhu yang meminta 8 juta yuan (atau sekitar Rp 17,9 miliar) dari tim Kris Wu. Namun, nominal tersebut ditolak dan mencapai kesepakatan pada 2 juta yuan (atau sekitar Rp 4,4 miliar).

4. Du Meizhu Ungkap Jumlah Korban Kris Wu

Pada Minggu (18/7/2021), Du Meizhu menjalani wawancara dengan Wangyi dan mengungkap jumlah 'korban' pemerkosaan Kris Wu. Ia mengatakan bahwa Kris Wu tidak pernah mengambil tindakan pencegahan saat berhubungan seks.

Salah satu metode yang juga digunakan Kris Wu yakni dengan memilih penggemar muda dan cantik, dan memberi tahu mereka adanya mini fanmeet. Kris Wu mengatakan ada beberapa orang di hotel, namun 'korban' menyadari hanya ada Kris Wu di dalam kamar.

Di hari yang sama, Du Meizhu membuat postingan di akun Weibo dan meminta Kris Wu meninggalkan dunia hiburan. Ia memberikannya waktu 24 jam untuk mengungkap tudingan tersebut.

"Tuan Wu, aku memberikan waktu 24 jam untuk menyiapkan konferensi pers dan mengumumkan pada seluruh masyarakat bahwa kamu mundur dari industri hiburan Cina, dan tidak akan pernah kembali."

"Di saat yang sama, tulis surat permintaan maafmu dengan tulis tangan kepada kami semua korban, biarkan di akun Weibo selama 3 hari, 72 jam," sambung Du Meizhu.

5. Kris Wu Didepak dari Sejumlah Brand

Imbas dari skandal Kris Wu membuat sejumlah brand menghentikan kerja sama. Pada Minggu (18/7/2021), aplikasi EtherealSound (Yunting), yang berada di bawah China Media Group mengumumkan mereka telah menghentikan kolaborasi mereka dengan Kris Wu dan menghapus semua kontennya dari platform mereka.

Kris Wu x KANSKris Wu x KANS Foto: dok. KANS

Sementara itu, brand skincare KANS mengumumkan telah mengeluarkan pemutusan kontrak dengan Kris Wu dan mengakhiri hubungan kerja sama dengannya.

6. Kris Wu Bantah Tuduhan Pemerkosaan

Kris Wu akhirnya angkat bicara lewat akun Weibo pada Senin (19/7/2021). Ia menolak semua tuduhan yang dialamatkan oleh Du Meizhu, dan mengaku hanya pernah bertemu dengannya pada Sabtu (5/12/2020) dengan banyak orang.

"Tidak membuatnya mabuk, tidak mengambil handphone-nya, juga tidak ada "detail" yang ia gambarkan. Ada banyak orang di sana yang bisa bersaksi. Aku minta maaf sebesar-besarnya karena mengganggu semua orang," ungkapnya.

"Biarkan aku menegaskan, tidak pernah ada "memilih selir"! Juga tidak ada pemerkosaan dengan narkoba atau pemerkosaan berkelompok. Atau "gadis di bawah umur"! Jika ada tindakan seperti itu, yakinlah, aku akan pergi sendiri ke penjara! Aku akan bertanggung jawab atas apa yang disampaikan di atas!" pungkas Kris Wu.



Simak Video "Temuan Kepolisian soal Skandal yang Jerat Kris Wu"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)