ADVERTISEMENT

5 Fakta Friday the 13th dan Mitos Angka 13 Pembawa Sial

Hestianingsih - wolipop Jumat, 13 Agu 2021 15:31 WIB
Friday the13th. Bloody lettering. White background. Friday the 13th. Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined
Jakarta -

Jumat (13/8/2021) ini menjadi Friday the 13th. Berikut sejarah dan mitos tentang Friday the13th yang kerap membuat penasaran.

Friday the 13th sendiri populer sebagai judul film horor. Layar lebar tersebut sudah beberapa kali dibuat sejak 1980 hingga 2009.

Friday the 13th yang dirilis paling terakhir yaitu pada 2009 dibintangi oleh Jared Padalecki, Danielle Panabaker, dan Amanda Righetti. Kisahnya tetap seputar pembunuhan misterius di kabin dekat danau.

Berikut berbagai fakta seputar Friday the 13th dan mitos angka 13 pembawa sial:

Vienna - Mosaic of Last supper of Jesus by Giacomo Raffaelli from year 1816 as copy of Leonardo da Vinci work on January 15. 2013 in VIenna.Friday the 13th. Foto: Getty Images/iStockphoto/sedmak

1. Cerita Alkitab Tentang Friday the 13th

Dihimpun dari berbagai sumber, fenomena Friday the 13th bermula dari angka 13 itu sendiri. Ada anggapan bahwa barang siapa yang menggunakan angka ini, kesialan akan menimpanya. Cerita di Alkitab diyakini sebagai pemicu jeleknya citra angka 13 dan hari Jumat. Menurut situs History Channel, terdapat 13 orang yang menghadiri Perjamuan Terakhir, sehari sebelum Yesus disalib. Adapun penyaliban terjadi pada hari Jumat.

2. Mitologi Nordik Tentang Angka 13

Menurut cerita mitologi Nordik, 12 dewa sedang makan dengan tenang sampai Loki, dewa tipu muslihat muncul. Setelah tamu ke-13 itu datang, terjadilah kekacauan dan pembantaian besar-besaran.

3. Friday the 13th Dikaitkan dengan Peristiwa Mengerikan

Teori Friday the 13th juga dikaitkan dengan berbagai musibah yang terjadi pada hari Jumat, tanggal 13. Dalam sejarah tercatat peristiwa pembumihangusan London yang dikenal sebagai The Blitz pada Perang Dunia II.

Selama hampir delapan bulan, mulai dari September 1940, tentara Nazi membombardir ibukota Inggris tersebut. Salah satu targetnya adalah Istana Buckingham. Tepat pada Jumat, 13 September, Nazi menyerang kediaman raja dan ratu Inggris itu. Beruntung, rudal hanya mengenai halaman depan istana dan Raja George VI (ayah Ratu Elizabeth II) yang berkuasa saat itu serta keluarganya selamat.

4. Peristiwa Berdarah di Prancis

Pada 1307, terjadi penangkapan dan pembunuhan terhadap ratusan Ksatria Templar di Prancis. Peristiwa berdarah itu terjadi Hari Jumat, 13 Oktober. Oleh karena itulah, hingga saat ini Jumat tanggal 13 dianggap sebagai hari keramat. Bahkan sampai dibuat judul film 'Friday The 13th'.

5. Fobia Angka 13

Ketakutan terhadap angka 13 sebagai angka sial dikenal dengan istilah triskaidekaphobia. Meskipun terbilang jarang, ada sekitar 9 sampai 10 persen orang di Amerika yang mengalami kondisi ini.

Itulah berbagai hal seputar Friday the 13th dan mitos angka 13 pembawa sial.



Simak Video "Wanita Indonesia Ini Konsisten Kenalkan Batik ke Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)