5 Fakta Skandal Seks Seungri eks BIGBANG, Kini Dihukum 3 Tahun Penjara

R Chairini Putong - wolipop Kamis, 12 Agu 2021 17:33 WIB
seungri Seungri eks BIGBANG. Foto: Instagram
Jakarta -

Rentetan skandal Seungri eks BIGBANG akhirnya berakhir di pengadilan. Mantan personel BIGBANG itu dijatuhi hukuman tiga tahun penjara atas sembilan dakwaan termasuk mediasi prostitusi dan penggelapan dana bisnis pada Kamis (12/8/2021).

Seungri eks BIGBANG telah menjalani pengadilan selama lebih dari dua tahun. Ia menjadi sorotan saat skandal prostitusi kelab malam 'Burning Sun' terbongkar pada 2019. Sejak itu, Seungri memutuskan untuk mundur dari industri hiburan Korea.

Pemilik nama asli Lee Seung Hyun itu awalnya membantah semua dakwaan yang menyeret namanya, dan sejumlah artis Korea. Namun, pemeriksaan terus berlanjut hingga Seungri eks BIGBANG mendapat hukuman penjara dan denda sebesar 1,1 miliar won.

Berikut 5 fakta di balik skandal Seungri eks BIGBANG yang mendekam di penjara:

1. Awal Mula Skandal Seungri eks BIGBANG

Skandal Seungri eks BIGBANG berawal dari pengakuan seorang pria di forum komunitas Korea pada Senin (28/1/2019). Ia mengaku menjadi korban penyerangan di kelab malam Burning Sun yang dijalankan idol KPop berumur 31 tahun itu selaku direktur.

Menurut keterangannya, seorang wanita mengalami pelecehan seksual dan memegang bahunya untuk bersembunyi di belakangnya. Ia kemudian meminta bantuan penjaga keamanan, namun justru diseret keluar dari Burning Sun dan mendapat pukulan dari aparat polisi dan CEO Burning Sun.

Netizen Korea kemudian melihat postingan Instagram Hyoyeon SNSD bersama Seungri eks BIGBANG pada Sabtu (24/11/2018). Hal itu membuktikan Seungri berada di lokasi kejadian saat penyerangan terjadi. Sementara itu, Seungri dikabarkan mundur dari jabatan sebagai direktur Burning Sun.

2. Sejumlah Nama Terlibat dalam Skandal Seungri

Menyusul skandal Burning Sun, Seungri eks BIGBANG memutuskan untuk hengkang dari industri hiburan Korea. Hal itu diumumkannya melalui akun Instagram (@seungriseyo) pada Senin (11/3/2019). Ia kemudian menjalani pemeriksaan terkait dugaan prostitusi dalam kelab Burning Sun.

Terungkap bahwa Seungri eks BIGBANG telah menjalani bisnis prostitusi untuk investor asing sejak Agustus 2014. Kasus Seungri semakin merebak hingga melibatkan sejumlah nama seperti solois Jung Joon Young yang terbukti merekam dirinya berhubungan intim dengan seorang wanita tanpa izin.

SEOUL, SOUTH KOREA - MARCH 14: Singer Jung Joon-young is seen arriving at a Seoul Metropolitan Police Agency on March 14, 2019 in Seoul, South Korea.  Jung Joon-young, a South Korean singer-songwriter and TV celebrity appeared at the police station on Thursday to be questioned over suspicions of sharing sexual videos in a group chat which included BIGBANG's member Seungri, who is facing charges of supplying prostitution services.  (Photo by Chung Sung-Jun/Getty Images)Jung Jun Young Foto: Chung Sung-Jun/Getty Images

Jung Joon Young juga menyebarkan video tersebut dalam grup chat KakaoTalk-nya dengan Jonghun CNBLUE. Ia mengakui semua dakwaan dan akhirnya ditahan pihak kepolisian pada Kamis (21/3/2019).

3. Seungri eks BIGBANG Bantah Semua Tuduhan

Seungri eks BIGBANG pun mengajukan permintaan untuk menunda wajib militernya melalui pengacara Son Byung Ho. Ia dijadwalkan mendaftar wajib militer pada Senin (25/3/2019) karena telah beranjak 28 tahun, batas akhir menjalani wamil.

Sementara itu, dirinya membantah semua tuduhan terkait prostitusi termasuk perjudian yang terungkap dari obrolan chat di KakaoTalk. Menurut pengacaranya, Seungri hanya mengenalkan para wanita kenalan tanpa ajakan prostitusi.

Pada Kamis (20/3/2019), MBC melaporkan bahwa Seungri eks BIGBANG menyuruh semua orang yang tergabung dalam grup chat, termasuk Jung Joon Young dan Choi Jonghoon eks FTISLAND, mengganti handphone untuk menghilangkan barang bukti video tak senonoh yang diambil tanpa izin.

4. Seungri eks BIGBANG Jalani Persidangan

Seungri eks BIGBANG akhirnya menjalani wajib militer pada Senin (9/3/2020) dan kasusnya dipindahkan ke pengadilan militer. Pengadilan pertamanya dilakukan pada Rabu (16/9/2020), di mana Seungri membantah dakwaan penggelapan uang, prostitusi, dan rekaman ilegal.

yoo hye won - seungriSeungri eks BIGBANG Foto: Twitter

Pada persidangan yang diadakan Rabu (30/6/2021), Seungri eks BIGBANG masih membantah semua dakwaan. Ia mengaku tidak mengetahui prostitusi yang dilakukan eks CEO Yuri Holdings, Yoo In Seok yang telah mengakui dakwaannya.

Eks idol KPop itu membantah tuduhan prostusi dan mengatakan orang tua dan adiknya tinggal bersebelahan dengannya. Pengadilan akhirnya menjatuhkan hukuman lima tahun penjara dan denda sebesar 20 juta won pada Kamis (1/7/2021).

5. Akhir dari Rentetan Skandal Seungri eks BIGBANG

Pada Kamis (12/8/2021), SBS News mengumumkan Seungri eks BIGBANG dijatuhi hukuman tiga tahun penjara dan mendapat denda sebesar 1,1 miliar won.

Seungri eks BIGBANG didakwa atas berbagai surat perintah penangkapan termasuk pengadaan dan mediasi prostitusi, penggelapan dana bisnis dan pendapatan, percobaan penghancuran bukti, distribusi konten film ilegal, konten film ilegal, perjudian ilegal, dan pelanggaran undang-undang sanitasi makanan.



Simak Video "Selesaikan Misi Permen Dalgona 'Squid Game' Dapat Buku Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)