Drakor The Penthouse 3 Terima Kritik Rasis, Rambut Gimbal Alex Lee Diganti

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 28 Jul 2021 19:00 WIB
Penampilan Logan Lee di The Penthouse 3 Penampilan Park Eun Seok yang dinilai rasis. Foto: dok. SBS
Jakarta -

Tim produksi drama Korea The Penthouse 3 telah mengubah penampilan karakter Alex Lee yang dinilai rasis. Sebelumnya, karakter The Penthouse 3 itu mendapat kecaman karena ditampilkan berambut gimbal dengan tato di wajah dan lehernya.

Kontroversi The Penthouse 3 bermula dari penayangan episode dua pada Jumat (11/6/2021), di mana Park Eun Seok hadir dengan karakter baru. Bukan sebagai Logan Lee, ia dikisahkan sebagai kakak kandungnya yang tinggal di Amerika Serikat.

Dalam episode dua The Penthouse 3, Alex Lee mendatangi Shim Su Ryeon (pemain Lee Ji Ah) karena mengiranya dirinya membunuh Logan Lee. Nyatanya, sang adik terkena ledakan bom yang direncanakan Joo Dan Tae (pemain Uhm Ki Joon).

Episode itu mendapat kecaman keras dari penonton The Penthouse 3 di mancanegara. Gaya Park Eun Seok dinilai rasis dan termasuk cultural appropriation. Ia juga berbicara berbahasa Inggris dengan aksen Vernakular Afrika-Amerika.

Penonton The Penthouse 3 merasa kecewa lantaran Park Eun Seok tak mencegah tim produksi membuatnya berpenampilan dengan tato, rambut gimbal, dan gigi emas. Sebab, ia pernah tinggal di New York selama 15 tahun sebagai minoritas.

Penampilan Logan Lee di The Penthouse 3Penampilan karakter Alex Lee dalam drama Korea The Penthouse 3 Foto: dok. SBS

Penonton semakin geram lantaran pemain The Penthouse 3 berpartisipasi dalam kampanye anti-rasisme. Menyusul kontroversi Alex Lee, Park Eun Seok mengunggah surat permintaan maaf lewat akun TikTok pada Sabtu (12/6/2021).

"Tolong luangkan waktu untuk membaca," tulis pemilik akun @_____silverstone_____ itu sebagai caption.

Park Eun Seok menegaskan karakter Alex Lee tak dimaksudkan untuk mengolok komunitas Afrika-Amerika, melainkan sebuah bentuk kekaguman. Sebagai minoritas, sang aktor sadar hal itu termasuk cultural appropriation.

@_____silverstone_____

Please take time to read.

♬ everything sucks - vaultboy

"Terkait Alex, karakter drama Korea The Penthouse, aku ingin memberi tahu semua orang bahwa penampilannya tak bermaksud untuk menyakiti, mengejek, tak menghormati, ataupun mengecilkan komunitas Afrika-Amerika. Aku ingin meminta maaf kepada orang yang tersinggung dengan penampilan karakter tersebut," ungkap Park Eun Seok.

Tim produksi The Penthouse 3 akhirnya merilis pernyataan resmi untuk meluruskan kontroversi yang kian memanas. "Tidak ada niat untuk mengolok-olok ras atau budaya tertentu," tegas tim produksi drama Korea The Penthouse 3 pada Senin (14/6/2021).

Penampilan Baru Alex Lee di The Penthouse 3

Pada Selasa (27/7/2021), SpoTV News melaporkan bahwa tim produksi The Penthouse 3 telah menerima kritik rasis yang dilayangkan penonton mancanegara. Mereka memutuskan untuk mengubah penampilan rambut gimbal karakter Alex Lee.

Dalam proses syuting The Penthouse 3 baru-baru ini, Park Eun Seok tak lagi memiliki rambut gimbal maupun tato di wajah dan lehernya. Sementara itu, di akhir episode tujuh The Penthouse 3, Logan Lee bangun dari koma setelah terkena ledakan bom.

Penonton dapat melihat kelanjutan kisah Logan Lee dan Alex Lee dalam episode delapan The Penthouse 3 pada Jumat (30/7/2021) mendatang. Dengan jumlah 14 episode, The Penthouse 3 dapat ditonton dengan bahasa Indonesia secara eksklusif di Viu.



Simak Video "Ada-ada Saja! Arief Muhammad Jual Udara Las Vegas"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)