Segini Biaya yang Dikeluarkan Agensi untuk Debut Grup K-Pop Baru

Hestianingsih - wolipop Selasa, 13 Jul 2021 16:52 WIB
NCT Dream Foto: (dok. SM Entertainment)
Jakarta -

JYP Entertainment membocorkan biaya yang harus mereka habiskan untuk merilis grup K-Pop baru. Mulai dari pelatihan hingga saat mereka debut.

Dalam data statistik yang diungkap salah satu agensi hiburan raksasa Korea Selatan ini, mereka bisa menggelontorkan uang tak kurang dari 900 juta KRW atau sekitar Rp 11,3 miliar. Estimasi biaya itu untuk satu grup idol dengan lima personil dan masa training selama sekitar tiga tahun.

Biaya yang mencapai miliaran rupiah itu digunakan untuk produksi album, mempersiapkan materi promosi hingga hal-hal kecil seperti penari latar dan kostum panggung. Belum lagi membayar koreografi, makeup artist dan hairstylist, strategi marketing untuk memviralkan sebuah grup hingga pemotretan.

TWICETWICE. Foto: (dok. Instagram)

Untuk produksi satu video musik saja, perusahaan bisa mengeluarkan dana 150 juta KRW atau sekitar Rp 1,9 miliar. Sementara itu biaya promosi melalui siaran TV bisa menghabiskan 500 juta KRW atau sekira Rp 6,3 miliar.

Tidak heran jika para petinggi agensi hiburan Korea Selatan rela mengeluarkan dana yang tak sedikit untuk debut sebuah grup K-Pop. Industri musik di Negeri Ginseng ini memang sangat kompetitif tapi sekaligus menguntungkan.

Secret NumberSecret Number. Foto: Secret Number (dok. Vine Entertainment)

Seperti dikutip dari Koreaboo, perusahaan menggelontorkan dana besar untuk artis-artis mereka, karena tentu saja mengharapkan bisa mengeruk keuntungan lebih banyak di kemudian hari. Namun keadaan bisa terjadi sebaliknya apabila grup mereka tidak sukses.

Grup K-Pop yang tidak bisa memenuhi harapan mereka dalam periode waktu tertentu bisa berakhir dengan utang yang menggunung terhadap perusahaan. Biasanya hal ini terjadi pada agensi-agensi kecil.

(hst/hst)