Fakta Baru Kematian Putri Diana, Jenazah Pegang Foto William dan Harry

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 23 Jun 2021 16:24 WIB
Semasa hidup, Putri Diana bersama Pangeran William dan Pangeran Harry Putri Diana, The Princess of Wales (Foto: AP/Jim Bourdier)
Paris -

Tanpa terasa 24 tahun sudah sejak Putri Diana wafat karena kecelakaan nahas di Paris, Prancis. Namun, kematiannya yang tragis tersebut masih terus diperbincangkan hingga saat ini.

Baru-baru ini, terungkap fakta baru soal momen-momen terakhir Putri Diana setelah mengembuskan napas terakhir di rumah sakit Pitie-Salpetriere Hospital pada Minggu (31/8/1997) subuh waktu setempat.

Pastur Katolik Yves-Marie Clochard-Bossue mengungkapkan bagaimana Putria Diana yang dijuluki People's Princess itu disemayamkan di rumah sakit tersebut.

Ia adalah salah satu pemuka agama yang diminta untuk mendoakan Putri Diana. Selain Pastur Yves-Marie, hadir pula Martin Draper, perwakilan gereja Anglikan di Prancis. Kristen Anglikan merupakan agama resmi keluarga Kerajaan Inggris.

Mereka tiba sebelum Pangeran Charles datang untuk menjemput jenazah Putri Diana di rumah sakit. Jacques Chirac, presiden Prancis kala itu, juga sudah datang melayat terlebih dulu.

Berdasarkan pengakuan Pastur Yves-Marie, jenazah Putri Diana sudah tampak bersih dan rapi dengan pakaian formal. Kendati demikian, ia merasa penampilan Putri Diana berbeda dari biasanya.

"Mereka telah menghiasi mata Diana dengan eye-shadow dan merias wajahnya. Penampilannya tak sealami seperti biasanya. Dia terlihat seperti boneka, tapi dia sangat cantik," ungkap Pastur Yves-Marie kepada Daily Mail.

Sebuah foto dua anaknya, Pangeran William dan Pangeran Harry, yang ditemukan di dalam tas, diletakkan di tangan jenazah Putri Diana. Tidak ketinggalan sebuah rosario pemberian Bunda Teresa.

Semasa hidup, Putri Diana bersama Pangeran William dan Pangeran HarryPutri Diana bersama Pangeran William dan Pangeran Harry. (Foto: Instagram/@kensingtonroyal)

Putri Diana juga disebut memakai anting dari perhiasan yang berhasil diselamatkan dari rongsokan mobil Mercedes yang ditumpanginya saat kecelakaan. Hanya saja, hanya satu anting yang ditemukan.

Sebelum bertolak kembali ke Inggris bersama peti Putri Diana, Pangeran Charles sempat berbincang singkat dengan sang pastur.

"Ia mengucapkan terima kasih," kenang Pastur Yves-Marie. Pangeran Charles yang kala itu telah bercerai dari Putri Diana terlihat tak dapat membendung air mata. "Dia benar-benar sedih. Ya, saya melihatnya menangis," tambah sang pastur.

Kronologi Kematian Putri Diana

Jelang tengah malam, Sabtu (30/8/1997), Putri Diana bertolak dari Hotel Ritz Paris, setelah makan malam bersama Emad 'Dodi' Fayed. Dodi adalah anak pengusaha asal Mesir, Mohammed Al-Fayed, yang kebetulan juga pemilik hotel mewah tersebut.

Diana dan Dodi Fayed menumpangi sebuah sedan Mercedes hitam yang dikemudikan supir pribadi, Henri Paul. Di dalam mobil tersebut juga terdapat seorang bodyguard bernama Trevor Rees-Jones.

Mereka diduga akan menuju apartemen Dodi dekat Arc de Triomphe. Dalam perjalanan, mobil mereka tiba-tiba kehilangan kendali saat turunan terowongan Pont de l'Alma yang lokasinya tak jauh dari seberang Menara Eiffel.

PARIS Ð JANUARY 5:  A car passes through the tunnel where Diana, Princess of Wales and Dodi Al Fayed died in a tragic car crash, January 5, 2004 in Paris. Diana and Dodi died when the Mercedes-Benz they were travelling in crashed in the tunnel on August 31, 1997. Inquests by Surrey Coroner Michael Burgess into the deaths of both Diana and Dodi were launched January 5, 2004. (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)Terowongan Pont de l'Alma, lokasi kecelakaan yang menewaskan Putri Diana pada 1997. Foto diambil pada 2004. (Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain)

Mobil tersebut lantas menabrak pilar terowongan dan berakhir ringsek. Dodi beserta supir dikabarkan tewas di lokasi kejadian.

Sementara itu, Diana dan Trevor yang masih bernapas langsung dilarikan ke rumah sakit Pitie-Salpetriere Hospital. Berdasarkan pengakuan tim medis yang membawanya ke rumah sakit, Diana sempat sadarkan diri.

"Dia terus bertanya seberapa parah lukanya," kata dokter Frederic Mailliez seperti dikutip buku biografi 'The Diana Chronicles' karya Tina Brown.

Namun sayang, beberapa jam setelah mendapat penanganan intens, nyawa Diana tak tertolong. Sang Princess of Wales dinyatakan wafat pada pukul 4.53 pagi waktu Paris.

PARIS, FRANCE - AUGUST 31:  Iconic photos, flowers and messages dedicated to pay homage to Lady Diana to the 20th anniversary of her death adorn the plinth of the Flame of Liberty statue on August 31, 2017 in Paris, France. Princess Diana died in a car crash on August 31, 1997 near the Pont de l'Alma tunnel. The Flame of Liberty statue became the unofficial memorial to Diana, Princess of Wales.  (Photo by Thierry Chesnot/Getty Images)Foto tertanggal 31 Agustus 2017 ini memperlihatkan masyarakat memberi penghormatan dalam rangka 20 tahun memperingati kematian Putri Diana di atas terowongan Pont de l'Alma. (Foto: Getty Images/Thierry Chesnot)

Sebelum kejadian naas, sejumlah paparazzi disebut sedang berusaha mengejar mobil Putri Diana. Alih-alih menolong, kabarnya mereka malah sibuk memotret peristiwa tersebut sehingga sempat memicu kemarahan publik terhadap media.

Muncul spekulasi Putri Diana bisa selamat jika menggunakan sabuk pengaman saat duduk di bangku belakang mobil. Satu-satunya orang yang selamat adalah sang pengawal pribadi. Trevor diketahui memakai sabuk pengaman di mobil itu.



Simak Video "Peresmian Patung Putri Diana Akan Digelar 1 Juli"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)