18 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Nonton (Bagian 1)

Lukita Wardhani - wolipop Selasa, 08 Jun 2021 08:02 WIB
The Handmaiden, film Korea The Handmaiden, salah satu film Korea terbaik. Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Film Korea semakin mendunia dengan berbagai judul dan genre. Sebagai referensi tontonan, berikut deretan film Korea terbaik.

Film Korea sendiri memiliki sejarah yang panjang dari awal kemunculan film berjudul The Righteous Revenge (1919). Dan 100 tahun kemudian ajang penghargaan film dunia didominasi oleh film Korea berjudul Parasite (2019).

Film kini berfungsi sebagai pintu gerbang bagi penonton internasional ke katalog film Korea Selatan yang sangat bervariasi. Bioskop di Korea yang telah ada selama bertahun-tahun, menghasilkan banyak film yang diakui kualitasnya dengan beragam genre mulai dari thriller balas dendam hingga drama pedih.


Berikut bagian pertama dari daftar film Korea terbaik yang wajib kamu tonton:

1. Oldboy (2003)

Oldboy yang disutradari Park Chan-wook adalah film yang dianggap klasik modern oleh banyak orang. Film yang dirilis pada 2003 ini dibuat berdasarkan manga Jepang dengan judul yang sama. Oldboy berkisah tentang seorang pria yang diculik dan dipenjara di kamar hotel tanpa jendela selama lima belas tahun. Setelah bertahun-tahun ditahan, dia tiba-tiba dibebaskan, dengan penculiknya tidak memberikan penjelasan atas penahanannya, atau kebebasan selanjutnya.

Film thriller aksi neo-noir mengikuti karakter utama Oh Dae-su dalam misi balas dendamnya saat ia mencoba mengungkap identitas orang yang menahannya. Dia dihadapkan pada ancaman yang membayangi bahwa cinta barunya akan terbunuh jika ia tidak berhasil menemukan penculiknya dalam waktu lima hari.

Oldboy adalah film Korea klasik yang memenangkan Grand Prix di Festival Film Cannes 2004. Oldboy juga dipuji oleh Quentin Tarantino. Film ini mendapatkan daya tarik khusus di AS di mana layar lebar itu dibuat ulang sepuluh tahun kemudian dalam versi yang lebih baik.

2. Minari (2020)

Film MinariFilm Korea Terbaik, Minari Foto: Dok. Instagram Minari

Film ini diangkat berdasarkan kisah masa kecil sang sutradara Lee Isaac Chung sendiri. Minari mengisahkan keluarga Korea-Amerika yang pindah ke pertanian Arkansas dalam upaya mengejar impian mereka.

Narasi yang disusung dalam salah satu film Korea terbaik ini menghadirkan perjuangan asimilasi ke dalam budaya yang tidak dikenal. Minari dengan cermat dan hati-hati menyampaikan pentingnya warisan budaya dan ikatan keluarga.

Minari meraih banyak nominasi dalam Academy Awards 2021. Dan meraih banyak penghargaan internasional, salah satunya gelar film bahasa asing terbaik dari Golden Globe Awards 2021.

3. Burning (2018)

Film Korea terbaik berikutnya adalah Burning, pemenang di Festival Film Cannes 2018. Layar lebar bergenre misteri thriller ini becerita tentang penulis novel muda bernama Lee Chang-dong. Film ini berdasarkan cerita pendek Haruki Murakami 'Barn Burning'.

Kritik tajam dari perbedaan ekonomi yang mendarah daging yang mendefinisikan masyarakat Korea, tema film ini tidak berbeda dengan Parasite. Sarat dengan simbolisme dan metafora yang kuat, Burning adalah jenis film yang membutuhkan pemikiran penuh untuk memahami kompleksitas ceritanya.

4. Parasite (2019)

Parasite adalah contoh utama film Korean New Wave yang sering menampilkan genre yang tumpang tindih (dalam hal ini thriller dan komedi hitam). Film Korea terbaik yang memenangkan banyak penghargaan internasional ini berkisah tentang keluarga Kim yang miskin. Mereka menyusup dengan ke rumah tangga Park yang kaya dengan menyamar sebagai ahli di bidang bimbingan belajar, tata graha, dan supir.

ParasiteParasite, film Korea terbaik Foto: Istimewa

Selain keseimbangan ketegangan dan humor gelap yang tak tertandingi, apa yang membuat Parasite begitu dicintai secara internasional adalah kesamaan motif utamanya. Meskipun Parasite berlatar di Seoul, film ini bergulat dengan masalah sosial universal tentang ketimpangan sosial dan ketidaksetaraan pendapatan.

5. The Handmaiden (2016)

The Handmaiden yang dibintangi Kim Tae-ri dan Kim Min-hee ini bergenre thriller dengan cerita balas dendam erotis. Diceritakan kisah pencopet Sookee dan seorang penjahat yang merancang plot untuk menipu ahli waris Jepang Hideko supaya melakukan kawin lari dengannya. Hal itu dilakoni dengan tujuan mengambil warisannya sebelum memasukannya ke rumah sakit jiwa.

Sookee dipekerjakan sebagai pelayan wanita untuk membantu ahli waris, dengan peran aslinya adalah untuk mempengaruhi Hideko menjadi penipu, yang menyamar sebagai Pangeran Jepang. Film ini penuh dengan humor hitam dan ketegangan erotis karya sutradara Oldboy, Park Chan Wook.

6. Memories of Murder (2003)

Film ini diangkat dari kisah nyata pembunuhan berantai pertama di Korea (pembunuhan berantai Hwaesong) yang pada saat Memories of Murder dirilis masih belum terpecahkan. Sinopsis film yang dirilis pada 2003 ini mengisahkan peristiwa pembunuhan di

di provinsi terpencil Korea pada tahun 1986.

Detective Park (diperankan oleh bintang Parasite, Song Kang-ho) dan Detective Seo (pemain Kim Sang Kyung) berusaha melacak pemerkosa dan pembunuh banyak wanita yang pelakunya tidak diketahui. Mencekam, membuat frustrasi dan menghadirkan kesaatiran, film ini menghadirkan perpaduan genre kejahatan dengan keputusasaan dan komedi gelap.

7. Poetry (2010)

Film Korea terbaik berikutnya adalah Poetry. Layar lebar yang dirilis pada 2010 ini bercerita tentang nenek bernama Mija yang menderita alzheimer tahap awal. Berjuang untuk mengatasi kejahatan keluarga yang brutal, Mija menemukan kekuatan setelah bergabung dengan kelas puisi.

Namun, kecenderungan pikirannya untuk mengembara pada saat-saat penting seringkali mengarah pada situasi yang tidak menguntungkan. Sangat menggugah dan lembut, sutradara Lee Chang-dong dengan ahli mengolah emosi dalam puisi dengan cara yang sangat kuat namun halus melalui film Poetry.

8. A Taxi Driver (2017)

A Taxi Driver, Film KoreaA Taxi Driver, Film Korea terbaik Foto: Dok. Instagram

Film A Taxi Driver menceritakan tentang seorang sopir taksi dari Seoul yang secara tidak sengaja terjerat dalam Pemberontakan Gwangju. Sebuah gerakan demokrasi yang terjadi di Korea Selatan pada tahun 1980, peristiwa tersebut merupakan peristiwa sejarah besar bagi wilayah tersebut dan menandai pergeseran politik dan budaya yang signifikan.

Layar lebar yang dibintangi pemain Parasite, Song Kang-ho ini menggambarkan orang-orang biasa yang menjadi pahlawan dalam keadaan yang luar biasa. A Taxi Driver diangkat dari kisah nyata interaksi jurnalis Jerman Jurgen Hinzpeter dengan pengemudi Kim Sa-bok.

Itulah bagian pertama dari deretan film Korea terbaik sepanjang masa. Masih butuh rekomendasi film Korea? Nantikan bagian keduanya.



Simak Video "Gaya Para Bintang Minari di Red Carpet Oscar"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)