10 Rekomendasi Film Korea Terbaik untuk Ditonton saat Libur Akhir Pekan

Hestianingsih - wolipop Jumat, 06 Nov 2020 14:49 WIB
Parasite Parasite, salah satu film Korea terbaik. Foto: IMDB
Jakarta -

Masih bingung memilih tontonan menarik untuk santai di akhir pekan? Kamu bisa melirik rekomendasi film Korea terbaik berikut ini.

Daftar film Korea terbaik sepanjang masa ini dirangkum dari berbagai sumber dan dijamin bisa membuat waktu liburan kamu makin seru. Selain sukses secara komersil, film-film ini juga mendapat rating bagus dari kritikus maupun penikmat sinema. Bahkan ada yang berhasil meraih piala Oscar sebagai Film Terbaik.

Rekomendasi 10 film Korea terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton:

1. Parasite

Adegan di film Parasite.Adegan di film Parasite. Foto: (Neon / CJ Entertainment)

Rilis pada 2019, Parasite berhasil menjadi film Korea Selatan pertama yang meraih piala Oscar untuk kategori paling bergengsi dalam Academy Awards, yakni Best Picture. Parasite diawali dengan plot lambat tapi seiring berjalannya durasi, semakin menampilkan kesuraman dan ketegangan.

Parasite merupakan 'paket lengkap' dari sebuah tontonan thriller dengan bumbu dark comedy. Ada plot twist yang ciamik juga mempertontonkan kesenjangan sosial dalam bentuk sarkasme. Membuat para penontonnya tergelitik karena merasa relate dengan kenyataan.

2. Train To Busan

Train To BusanTrain To Busan. Foto: Next Entertainment World.

Train To Busan yang rilis pada 2016 bisa dibilang merupakan salah satu film bertema zombie terbaik yang pernah ada. Sepanjang film, penonton tidak diberi jeda waktu untuk bernapas karena dipenuhi ketegangan.

Pujian diberikan untuk semua pemainnya, terutama Gong Yoo, karena mampu menghidupkan chemistry yang seolah nyata. Film ini diakhiri dengan drama yang menyayat hati tapi membuat penonton puas. Wajib tonton!

3. The Host

The Host.The Host. Foto: istimewa

The Host merupakan karya masterpiece lain dari sutradara Parasite, Bong Joon Ho. Film thriller ini juga menciptakan ketegangan setiap menitnya. Menceritakan makhluk laut raksasa yang menyerang manusia di daratan. Di tengah ketegangan terselip banyak adegan drama yang membuat hati mengharu biru.

4. Extreme Job

Film 'Extreme Job'Film 'Extreme Job'. Foto: Istimewa

Kalau ingin melepaskan stres dengan tertawa geli sampai perut kaku, maka Extreme Job adalah jawabannya. Film yang rilis pada 2019 ini menawarkan kelucuan yang tanpa 'cacat'.

Extreme Job menceritakan satuan detektif yang semua anggotanya terkenal sebagai pecundang. Untuk membuktikan diri, mereka menangani kasus gembong narkoba dengan menyamar sebagai pengusaha restoran ayam goreng. Tak disangka, bisnis samaran mereka laku keras sehingga kelima anggotanya mengalami dilema. Meneruskan bisnis ayam goreng atau tetap profesional sebagai detektif?

5. Oldboy

The Oldboy.The Oldboy. Foto: istimewa

Oldboy yang rilis pada 2003 disebut-sebut sebagai film Korea paling ternama sepanjang masa. Film ini menceritakan misi balas dendam seorang pria setelah dipenjara 15 tahun untuk kesalahan yang tidak dia perbuat. Jika kamu sudah adegan brutal dan menegangkan, film ini bisa jadi pilihan.

6. The Handmaiden

The HandmaidenThe Handmaiden. Foto: dok. The Handmaiden

Film Korea terbaik selanjutnya adalah Handmaiden yang rilis pada 2016. Sutradara Park Chan Wook menggarap film psychological thriller ini dengan bumbu erotisme yang sesuai pada porsinya dengan plot menggugah perasaan.

Film adaptasi novel berjudul 'Fingersmith' ini mengambil setting di era kolonial Korea dan Jepang pada 1930-an. Menceritakan romantisme seorang pewaris Jepang dan pelayannya yang berkebangsaaan Jepang. Sang pelayan bekerjasama dengan seorang penipu untuk menggoda pewaris tersebut demi mendapatkan kekayaannya.

7. A Taxi Driver

A Taxi DriverA Taxi Driver. Foto: (dok. AsianWiki)

Film yang dibintangi aktor kawakan Song Kang Ho ini terinspirasi dari kisah nyata tapi juga ditambahkan beberapa unsur fiksi. Bercerita tentang seorang supir taksi yang terjebak gelombang demonstrasi besar-besaran di Korea Selatan pada 1980, dalam peristiwa yang dikenal sebagai Gwangju Uprising.

Supir taksi tersebut mengantar seorang jurnalis asal Jerman untuk meliput peristiwa tersebut. Kendala bahasa antara orang Jerman dan Korea Selatan membuat perjalanan mereka dalam sehari itu jadi seru dan penuh warna.

8. Forgotten

The Forgotten.The Forgotten. Foto: istimewa

Film yang dibintangi Kang Ha Neul ini wajib ditonton bagi kamu pencinta psychological thriller. Forgotten yang rilis pada 2017 mengisahkan seorang pemuda yang mencoba membongkar kebenaran di balik kakaknya yang muncul tiba-tiba setelah diculik.

Unsur misteri membuat penonton mencoba menebak-nebak apa sebenarnya yang terjadi pada sang kakak. Kebenaran di akhir cerita bisa membuat mulut kamu ternganga.

9. My Sassy Girl

My Sassy Girl.My Sassy Girl. Foto: istimewa

Ingin film ringan yang membuat hati kamu baper dan 'meleleh'? Tonton saja My Sassy Girl. Film komedi romantis ini memenuhi semua faktor dalam cerita ringan tapi sarat makna dan tak mudah terlupakan.

Menyoroti cerita cinta mahasiswa yang bertemu dengan seorang wanita suka membuat onar. Karakter pria pasrah, penurut dan penakut dan wanita galak membua film ini menarik untuk ditonton.

10. The Okja

OkjaThe Okja. Foto: Okja (imdb.)

Lagi, karya Bong Joon Ho masuk dalam daftar rekomendasi film Korea terbaik. Film tentang petualangan ini menceritakan gadis remaja dan gajah mutan, peliharaan yang sudah jadi sahabat terbaiknya.

Suatu ketika gajah bernama Okja itu dibawa secara paksa untuk diperjuabelikan dan dagingnya dikonsumsi. Dengan sekuat tenaga remaja tersebut berusaha menyelamatkan sahabatnya itu. Selain menawarkan sinematografi dan fantasi unik, film ini juga menjadi kritikan pedas bagi industri peternakan yang kerap menyiksa hewan.

Itulah rekomendasi 10 film Korea terbaik yang wajib kamu tonton. Selamat bersantai di akhir pekan!

(hst/hst)