5 Rekomendasi Film Horor Paling Seram Berdasarkan Kisah Nyata

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 29 Mei 2021 11:00 WIB
Film horor berdasarkan kisah nyata. Rekomendasi film horor berdasarkan kisah nyata. Foto: istimewa
Jakarta -

Banyak film horor yang ceritanya diangkat berdasarkan kisah nyata. Meskipun mungkin sulit diterima akal sehat, faktanya peristiwa yang menjadi inspirasi atau melatari premis cerita dalam film-film ini benar-benar terjadi.

Sejumlah film horor ada yang hanya mengambil ceritanya secara garis besar dan dibumbui dramatisasi, ada pula yang benar-benar seperti mereka ulang kejadian menyeramkan. Untuk kamu para adrenaline junkie, berikut ini lima rekomendasi film horor paling seram berdasarkan kisah nyata.

1. The Texas Chainsaw Massacre

Film horor berdasarkan kisah nyata.Film horor berdasarkan kisah nyata. Foto: istimewa

Film tentang pembantaian manusia ini dirilis pada 1974 dan disutradarai Tobe Hooper. Film ini kemudian dibuat remake pada 2003.

'The Texas Chainsaw Massacre' terinspirasi dari Ed Gein, seorang pembunuh berantai terkenal yang membunuh dan menguliti korban serta memutilasinya untuk dijadikan berbagai perabotan seperti topeng, penutup lampu hingga keranjang sampah. Dilaporkan ada sembilan nyawa yang melayang di tangan penjagal asal Amerika Serikat ini.

Meskipun terinspirasi dari sosok Ed Gein, namun plot ceritanya sendiri merupakan fiksi. Film hanya mengambil kebrutalan dari Ed Gein saat membunuh korbannya.

2. The Amityville Horror

Film horor berdasarkan kisah nyata.Film horor berdasarkan kisah nyata. Foto: istimewa

Salah satu film horor terbaik sepanjang masa ini didasarkan dari kisah nyata seorang pria bernama Ronald DeFeo Jr. yang menembak dan membunuh enam anggota keluarganya di tempat tinggal mereka, sebuah rumah kolonial Belanda di Amityville, New York, Amerika Serikat.

Setahun setelah kejadian rumah tersebut dibeli dan titempati oleh keluarga Lutz, sepasang suami-istri bbersama tiga anaknya. Di rumah ini, mereka mengaku diganggu roh jahat mulai dari penampakan, kesurupan, sampai gangguan fisik. Mereka hanya sanggup bertahan 28 hari di rumah tersebut.

Apa yang menimpa keluarga Lutz pada tahun 1975 begitu menghebohkan masyarakat. Saking fenomenalnya, kisah keluarga Lutz dinovelkan pada 1977. Hollywood lantas membuat film pada 1979 dengan judul 'The Amityville Horror'. Kisah rumah hantu Amityville pun semakin mendunia.

3. The Conjuring

Film horor berdasarkan kisah nyata.Film horor berdasarkan kisah nyata. Foto: istimewa

The Conjuring yang rilis pada 2013 mengangkat kisah Ed dan Lorraine Warren, penyelidik paranormal dan cenayang legendaris yang sering menangani kasus-kasus supranatural di luar nalar manusia. Film yang disutradarai Patrick Wilson dan Vera Farmiga ini terbagi menjadi lima sekuel dengan kisah-kisah nyata menyeramkan.

Film pertamanya, 'The Conjuring' mengangkat kisah keluarga Perron di rumah peternakan Rhode Island yang terjadi pada 1970-an. Keluarga mereka diteror arwah penasaran hingga merasuki ibu mereka.

4. Veronica

Film horor berdasarkan kisah nyata.Film horor berdasarkan kisah nyata. Foto: istimewa

Rekomendasi film horor selanjutnya, yakni Film berbahasa Spanyol, 'Veronica'. Ceritanya didasarkan dari kisah nyata seorang remaja bernama Estefania Gutierrez Lazaro. Kasus ini terjadi pada 1991 dan populer dengan sebutan Vallecas case.

Kala itu Estefania melakukan pemanggilan arwah dengan papan Oujia, ketika seorang biarawati datang dan menghancurkan papan tersebut. Semenjak itu dia kerap kali mengalami halusinasi, melihat sosok bayangan aneh di kegelapan, dan puncaknya, dia meninggal dunia secara misterius.

Saat proses investigasi, polisi pun mendengar suara-suara aneh di rumah tempat peristiwa itu terjadi. Mereka juga mendapati furnitur bergerak sendiri dan patung Yesus terpisah dari salibnya. Sampai saat ini kejadian tersebut masih jadi misteri hingga 26 tahun kemudian dijadikan sebuah film horor paling seram.

5. The Exorcist

Film horor berdasarkan kisah nyata.Film horor berdasarkan kisah nyata. Foto: istimewa

Film horor legendaris yang tayang pada 1973 ini mengangkat kisah pengusiran setan dari tubuh seorang anak perempuan yang kesurupan. Namun kisah nyatanya sendiri dialami oleh remaja pria berusia 14 tahun.

Peristiwa aslinya terjadi pada 1949, ketika seorang pendeta melakukan ritual untuk mengeluarkan arwah dari anak bernama Robbie Doe. Dikatakan bahwa anak tersebut kesurupan setelah main papan Ouija dan pendeta harus melakukan pengusiran setan 20 - 30 kali demi menyelamatkannya.

Kasus ini begitu menghebohkan hingga jadi headline surat kabar Washington Post. Kemudian pada 1971, peristiwa tersebut jadi inspirasi novel yang ditulis William Peter Blatty, yang kemudian diadaptasi ke dalam skenario film.

Itulah rekomendasi film horor paling seram berdasarkan kisah nyata. Bisa jadi referensi tontonan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan ini.

(hst/hst)