Elliot Page dan 5 Artis Wanita yang Transgender Jadi Pria

Hestianingsih - wolipop Selasa, 25 Mei 2021 16:06 WIB
Penampilan perdana Ellen Page sebagai transgender bernama Elliot Page. Elliot Page. Foto: Instagram/@elliotpage
Jakarta -

Elliot Page untuk pertamakalinya tampil telanjang dada setelah jadi pria. Dalam foto yang diunggahnya di Instagram, aktor 34 tahun ini memperlihatkan dadanya yang kini rata dengan bekas luka operasi pengangkatan payudara.

Sejak mengumumkan dirinya transgender pada Desember 2020, Elliot Page memang lebih terbuka tentang masalah pribadinya ke publi. Mulai dari curhatan tentang kegalauan dirinya yang merasa terperangkap di tubuh yang salah hingga perceraian dengan Emma Portner, tak lama setelah pengakuannya.

Artis wanita yang memutuskan jadi pria transgender bukan kali ini saja terjadi. Sejumlah pesohor pun ada yang secara terang-terangan mengaku kalau dirinya adalah pria yang dulu terlahir sebagai wanita.

Ini enam artis wanita yang transgender jadi pria, termasuk Elliot Page.

1. Zach Barack

Artis pria transgenderZach Barack, artis pria transgender Foto: Instagram

Zach Baracj mencetak sejarah sebagai aktor transgender pertama yang tampil di film produksi Marvel. Aktor sekaligus musisi ini beradu akting dengan Tom Holland dan Zendaya dalam franchise 'Spider-Man: Far From Home'.

Selain akting dan bermusik, Zach Barack juga aktif sebagai komika atau stand-up comedian. Saat ini pria transgender berusia 25 tahun tersebut menempuh pendidikan University of Southern California jurusan Industri Musik.

2. Michael D. Cohen

Artis pria transgenderMichael D. Cohen, artis pria transgender. Foto: Instagram

Michael D. Cohen merupakan pengisi suara karakter Schwoz Schwartz di sitkom produksi Nickelodeon 'Henry Danger'. Pada Mei 2019, dia mengaku telah menjadi transgender sejak 20 tahun lalu, jauh sebelum berkarier di Hollywood.

"Dalam pengalaman hidupku, aku terlahir sebagai pria. Tapi apa yang tubuhku bilang tidak relevan. Tidak peduli sekeras apa aku berusaha, kondisi itu tidak bisa dinegosiasikan. Percayalah, mungkin akan lebih nyaman kalau aku memang benar-benar wanita," ujarnya seperti dikutip dari New York Post.

3. Nathan Westling

Artis pria transgenderNathan Westling, artis pria transgender. Foto: Instagram

Terlahir sebagai wanita, model Nathan Westling merasa selama ini dia hanya mengenakan topeng. Dia pun mulai mengonsumsi testosteron untuk mengubah fisiknya menjadi pria.

Setelah terapi hormon testosteron, dia berencana operasi pengangkatan payudara, dan kembali ke dunia modeling. Ia pun mengganti namanya dari Natalie Westling menjadi Nathan Westling pada Maret 2019.

"Rasanya selama ini aku seperti memakai topeng. Setelah aku melepaskan topeng ini, aku merasa... entahlah. Aku tidak memakai kulit yang bukan punyaku lagi," tutur pria 24 tahun ini.

4. Chaz Bono

Artis pria transgenderChaz Bono, artis pria transgender Foto: Instagram

Chaz Bono merupakan anak dari penyanyi legendaris Cher, yang dulu terlahir dengan nama Chastity Bono. Pada awal Juni 2009, dia mengungkap niatnya untuk menjadi transgender dengan terapi hormon testosteron.

Pria transgender ini terlahir dengan jenis kelamin wanita pada 4 Maret 1969. Dia memulai proses perubahan gender sejak 2008 dan sepenuhnya menjadi pria pada 2010. Keinginannya tersebut didukung penuh oleh Cher.

5. Ian Harvie

Artis pria transgenderIan Harvie, artis pria transgender. Foto: Instagram

Ian Harvie terkenal sebagai stand-up comedian dan aktor asal Amerika Serikat. Terlahir sebagai wanita, Ian merasa kalau dirinya adalah transgender sejak usianya masih sangat muda, namun kala itu dia masih bingung dengan identitas gender-nya.

Bintang acara TV 'Transparent' ini mengungkap ke publik kalau dirinya gay pada usia 19 tahun dan menjadi transgender di usia 23 tahun.

6. Elliot Page

Elliot PageElliot Page, artis pria transgender. Foto: Dok. Time/Wynne Neilly

Elliot Page terlahir sebagai wanita dengan nama Ellen Page. Pada 1 Desember 2020 Elliot Page membuat pengakuan mengejutkan.

Bintang film 'Juno' dan serial 'Umbrella Academy' ini mengumumkan identitasnya sebagai seorang transgender. Pengumuman tersebut ia sampaikan lewat pernyataan panjang di Instagram.

"Halo kawan, aku ingin menyampaikan bahwa aku adalah seorang trans, dengan kata pengganti nama 'he/they'. Dan namaku sekarang Elliot. Aku merasa beruntung bisa menulis ini dan mencapai pada titik ini di hidupku," tulisnya.

"Sulit untuk mengungkapkan betapa bahagianya untuk bisa mencintai diri sendiri demi mencari jati diriku yang sebenarnya," ungkapnya.

Lahir pada 21 Februari 1987, Page yang berasal dari Kanada memulai kariernya di dunia akting saat masih berusia 10 tahun. Namanya mulai meroket setelah membintangi film Juno (2007) yang berkisah tentang remaja putri yang hamil di luar nikah.

Berkat perannya di film tersebut, Page meraih nominasi di ajang Academy Awards, BAFTA, Critics' Choice Awards, Golden Globes dan Screen Actors Guild Awards.

Terlepas dari kariernya yang sukses, Elliot Page ternyata melalui pergulatan batin yang panjang dengan seksualitasnya. Baru pada 2014, ia mengumumkan sebagai seorang lesbian.

(hst/hst)