Intimate Interview

Cerita Mualaf YouTuber Korea Ujung Oppa, Tergerak Masuk Islam karena Selawat

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 23 Mei 2021 07:00 WIB
Foto Hwang Woo Joong, pria Korea yang sudah menjadi mualaf. Youtuber asal Korea yang memutuskan menjadi mualaf. Foto: Dok. pribadi Hwang Woo Joong.
Jakarta -

Pria yang bernama lengkap Hwang Woo Joong ini dikenal sebagai Youtuber dengan nama akun Ujung Oppa. Dia eksis di YouTube sejak Agustus 2018. Channel YouTube tersebut dibuatnya dengan tujuan memperkenalkan negara Indonesia kepada masyarakat Korea dan juga sebaliknya.

Nama Hwang semakin menjadi sorotan publik ketika mengambil keputusan untuk pindah agama. Pria yang berasal dari Korea itu membulatkan tekad untuk menjadi mualaf, memeluk agama Islam.

Hwang mengungkapkan perjalanan spiritualnya kepada Wolipop. Kisahnya dimulai saat dia menjalani menjalani pertukaran pelajar dari Korea ke Indonesia.

"Saya ada di Indonesia sejak Desember 2004. Waktu itu saya ikut pertukaran pelajar, tinggal di asrama Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Sekarang saya tinggal di Jakarta," kata Hwang kepada Wolipop baru-baru ini.

Youtuber yang memiliki 1,76 juta subscibers itu sudah 17 tahun pulang dan pergi dari Korea ke Indonesia memakai visa artis. Dan baru selama empat tahun terakhir ia memutuskan untuk tinggal dan berkarier di Indonesia.

Hwang hidup seorang diri di Jakarta. Keluarganya belum pernah datang berkunjung ke Indonesia. Ia pun menceritakan latar belakang keluarganya yang berada di Korea.

"Saya punya satu adik perempuan, sembilan tahun lalu sudah menikah, sangat cepat menikah dibandingkan cewek Korea yang lain. Saya punya dua keponakan, kedua orangtua saya sekarang sehat alhamdulillah, agama mereka Budha. Dan adikku Atheis. Kakek dan nenek (nenek sudah meninggal dua tahun yang lalu) mereka Katholik," ungkap Hwang dengan ramah.

Youtuber Korea jadi mualaf di IndonesiaYoutuber Korea jadi mualaf di Indonesia Foto: Instagram/UjungOppa

Tertarik Masuk Agama Islam

Pria yang berusia 35 tahun itu mengaku ketertarikan pada agama Islam sudah muncul sejak usianya menginjak 14 tahun. Akan tetapi terbatasnya informasi dan lingkungan membuatnya mengurungkan niatnya mempelajari Islam.

Saat Hwang dewasa dan mulai bekerja, dia bekerja sebagai konsultan bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Korea. Ia menjadi banyak bertemu dengan orang Indonesia yang beragama Islam. Pada saat berkumpul bersama TKI tersebut, dia kagum melihat kebiasaan yang dijalani oleh umat muslim Indonesia.

"Saya sering melihat mereka tiba-tiba ke masjid waktu ngopi bareng. Terus salat cari musala dan bertanya tentang arah kiblat. Mereka nanya ke saya tapi kan saya tidak tahu," tuturnya dengan bahasa Indonesia yang sudah lancar.

Menurut Hwang, orang Indonesia lebih ramah dan murah senyum dibandingkan pekerja dari negara lainnya. Oleh karena itulah dia senang bergaul dengan TKI dari Indonesia.

"Mereka setiap bertemu orang muslim merasa bahagia, saya senang melihat itu. Semua orang tentunya ingin bahagia, termasuk Ujung Oppa. Jadi, sekian lama pertimbangan tentang agama Islam," ujarnya yang semakin tertarik dengan agama Islam.

Youtuber Korea jadi mualaf di IndonesiaYoutuber Korea jadi mualaf di Indonesia Foto: Instagram/UjungOppa

Mantap Jadi Mualaf Setelah Dengar Selawat dari Sabyan Gambus

Ketertarikan Hwang pada Islam semakin kuat saat dia bertemu dengan Muhammad Son (Son Ju Yeong), pria yang juga berasal dari Korea yang sudah menjadi mualaf. Muhammad Son menjadi mualaf setelah menikahi wanita Indonesia.

"Aku lihat perubahan hidupnya dia selama satu tahun. Dia sungguh bahagia dan banyak yang berubah," ucapnya kagum.

Puncaknya ia merasakan semakin mantap masuk Islam ketika mendengarkan lantunan selawat dari Sabyan Gambus. Walaupun ia tak mengerti maknanya, akan tetapi hatinya malah merasa bergetar.

"Saya mendengarkan musik religi, yaitu Sabyan Gambus. Walaupun saat itu saya belum terlalu mengerti beberapa bahasa Arab dan kosa katanya bahasa Indonesia. Hati saya tersentuk melalui musik religi tersebut. Lalu saya mencari apa musik itu yang membuat hati saya tertarik?" tanyanya sambil mencari tahu makna selawat Nabi tersebut.

Hingga akhirnya Hwang tahu lagu yang dilantunkan Nisa Sabyan dan Sabyan Gambus itu adalah selawat. Dan pada 2019, ia memutuskan untuk menjadi mualaf. mengucapkan dua kalimat syahadat, memeluk agama Islam. Masya Allah Tabarkallah!

(gaf/eny)