Justin Bieber Tampil dengan Rambut Gimbal Dreadlocks, Dinilai Menghina Budaya

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 05 Mei 2021 21:07 WIB
Justin Bieber Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Justin Bieber mengubah gaya rambut yang menuai kontroversi. Pelantun Lonely itu kini rambutnya menjadi gimbal dreadlocks yang dikritik oleh banyak orang karena dinilai menghina budaya.

Selama beberapa hari terakhir, Justin Bieber memamerkan rambut barunya itu di Instagram. Dia menunjukkan foto saat bermain golf dengan rambut dreadlocks khas orang Afrika.

Bagi mereka yang bukan keturunan kulit hitam, tampil dengan rambut digimbal dianggap kurang pantas, bahkan dinilai menghina budaya. Sejumlah kritikan mengalir di kolom komentar akun Instagram Justin Bieber.

"Aku tahu kamu bisa lebih baik dari ini," komentar salah satu netizen yang tampak kecewa dengan keputusan idolanya itu mengubah rambutnya menjadi dreadlocks.

"Ini sangat mengecewakan melihatmu dengan dreadlocks, aku pikir kamu teredukasi," tambah netizen lainnya.

Menggunakan atribut khas budaya lain kerap disebut sebagai cultural appropriation atau perampasan budaya. Apropriasi budaya tersebut dapat dianggap sebagai orang yang mayoritas budaya yang mencoba menyesuaikan elemen budaya minoritas yang sering dinilai sebagai bentuk pelecehan.

Beberapa waktu lalu, Agnez Mo juga dikritik karena tampil dengan kepang cornrow. Tak hanya netizen Indonesia saja yang berkomentar pedas, namun warganet internasional juga mengecamnya.

Begitu juga dengan keluarga Kardashian yang kerap tampil dengan rambut cornrow yang dinilai kurang etis dan tidak sensitif.



Simak Video "10 Tokoh yang Paling Banyak Diikuti di Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)