Liputan Khusus Suka Duka Jadi Istri Pejabat

Curhat Ida Rachmawati Jadi Istri Menkes: Waktu Terbatas

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 02 Mei 2021 08:00 WIB
Ida Rachmawati yang merupakan istri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Istri Menkes, Ida Rachmawati. Foto: dok. Detikcom.
Jakarta -

Ida Rachmawati merupakan istri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Nama Budi terpilih menggantikan Terawan, saat Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumumkan hasil reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Sebelum sang suami menjabat sebagai Menteri Kesehatan, Ida menjalani tugasnya sebagai istri dari Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional. Jabatan itu yang dipegang Budi Gunadi Sadikin sebelum menjadi Menkes, selain sebagai Wakil Menteri BUMN.

Kegiatan Budi sebagai Menkes tentunya sangat padat. Apalagi di situasi pandemi Corona yang angkanya semakin meningkat di Tanah Air. Sebagai istri, Ida Rachmawati ikut merasakan kesibukan sang suami. Dia pun mengungkapkan suka duka mendampingi Budi Gunadi Sadikin dalam menjalankan tugasnya.

"Suami sekarang mendapatkan amanah sebagai Menteri Kesehatan, antara amanah dan tanggung jawab yang tak diduga-duga sebetulnya buat kami," begitu kata Ida.

Dari Kartini untuk IndonesiaDari Kartini untuk Indonesia Foto: Dok. Detikcom

Ida menceritakan rutinitasnya mendampingi Menkes sudah dimulai pada pagi hari saat sang suami akan beraktivitas. Biasanya dia terlebih dahulu ikut memantau jadwal sang suami dan mempersiapkan baju yang akan dikenakan oleh suaminya.

"Saya harus mengetahui jadwalnya terlebih dahulu, hari ini mau ke mana dan biasanya mereka ada dresscodenya tertentu. Sebenarnya ada tim khusus untuk para Menteri. Tapi setiap pagi saya siapkan, sama taruh pin di bajunya," kata Ida saat webinar Wanita Hebat di Balik Pria Hebat dalam acara 'Dari Kartini untuk Indonesia' yang diadakan oleh detikcom belum lama ini.

Semenjak suaminya dilantik menjadi Menteri Kesehatan, Ida sadar jika waktu bersama pria 56 tahun itu akan berkurang karena agenda pekerjaan yang padat. Oleh karena itu dia berusaha memanfaatkan waktu ketika sang suami berada di rumah. Di saat ada kesempatan bersama, kata Ida, mereka akan menghabiskannya untuk mengobrol.

"Menemani suami karena waktunya terbatas, biasanya kalau bapak mandi, saya persiapkan bajunya sambil ngobrol. Karena emang waktunya kurang banget. Kita manfaatin waktunya. Dia kan full waktunya untuk ke kantor. Kita sarapan dan ngopi bareng," ungkapnya.

Ida Rachmawati yang merupakan istri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.Ida Rachmawati yang merupakan istri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Foto: Dok. Instagram @budigsadikin.

Ketika sang suami lelah bekerja seharian, Ida mengungkapkan rahasia yang cukup ampuh untuk menghilangkan rasa penat tersebut.

"Kalau sudah moodnya nggak enak ya nanti aku pijitin. Jadi kalau jurus pijatan semua ibu-ibu itu pasti punya buat suaminya kalau moodnya lagi nggak enak," ucapnya seraya tertawa.

Selain dipijat, Ida dan Budi terbiasa olahraga sepeda pada sore jika memang Menkes bisa pulang cepat dari kantor. Olahraga tersebut menurutnya bisa membuat pikiran lebih relaks dan tubuh bugar.

Selain itu, Ida juga punya satu tips yang bisa dilakukan para istri ketika mood suami sedang berantakan atasu stres. Dia akan memberikan bahasa cinta kepada sang suami berupa pelukkan.

"Satu ya kalau moodnya hilang, dia itu kepengan kayak dipeluk aja begitu," terang Ida. "Jadi buat dia merasa aku itu mengeluarkan energi buat dia. Kita saling peluk erat dan agak mengurangi beban pekerjaannya yang ada saat itu," tambahnya.

Jika memang Budi Gunadi Sadikin bisa punya waktu lebih banyak, Ida akan mengajak suaminya menemaninya melakukan aktivitas favoritnya yaitu makan makanan tradisional.

"Karena kita senang makan, biasanya kalau lagi nggak puasa habis olahraga itu kita mampir ngopi-ngopi. Kalau saya kan suka makanan tradisional kita makan bakso.Yang sederhana dan simple gitu," bebernya.

Ida Rachmawati yang merupakan istri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.Ida Rachmawati yang merupakan istri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Foto: Dok. Instagram @budigsadikin.

(gaf/eny)