Pria Viral karena Tes Anak-anak SD Soal Peribahasa, Hasilnya Bikin Emosi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 13 Nov 2020 08:03 WIB
Iben bertanya potongan peribahasa kepada bocah Foto: Screenshot TikTok @iben_ma
Jakarta -

Peribahasa pada masa sekarang ini sudah semakin jarang terdengar. Hal ini terbukti dari eksperimen sosial yang dilakukan seorang pengguna TikTok dengan nama akun @iben_ma. Pemilik akun TikTok @iben yang bernama Benjamin Jusuf E. M. A. membuat eksperimen sosial dengan bertanya pada beberapa gen Z yang ditemuinya soal peribahasa.

Dari video yang diunggahnya itu terlihat Ben melemparkan potongan peribahasa dan meminta anak-anak berusia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang ditemuinya untuk melanjutkan peribahasa tersebut. Secara mengejutkan, anak-anak tersebut malah asing dengan peribahasa yang ditanyakan. Sontak video TikTok itu langsung viral.

"Lengkapi peribahasa berikut yah. Berakit-rakit ke hulu?," begitu Ben bertanya pada salah seorang anak. "Rekat-rekat terhulu," jawab sang anak.

Ben pun penasaran mengulang pertanyaan yang sama. Kembali bocah tersebut memberikan jawaban yang salah. 'Berenang-renang melulu," katanya.

Ben kemudian memberikan peribahasa berbeda. "Tong kosong?" tanyanya. "Nggak tahu bang," jawab bocah yang memakai kaus garis merah biru.

Video selanjutnya memperlihatkan Ben kembali meminta bocah tersebut untuk melanjutkan perkataannya. Namun kali ini bukan ucapan peribahasa yang dilontarkannya.

"Tarek ses..," kata Ben. Dan bocah itu spontan membalas, 'Semongko.'

@iben_ma

Interview Peribahasa 😂🙌🏻 ##semongko

♬ buttercup by jack stauber - kazuki Dio

Bikin Netizen Geram

Video Ben yang diunggah ke TikTok pada Selasa (10/11/2020) itu hingga kini sudah dilihat lebih dari 4,5 juta kali, mendapat 345 ribu Likes dan 11 ribu komentar. Warganet yang menonton video tersebut sebagian geram kenapa anak-anak gen Z tidak bisa menjawab pertanyaan Ben soal peribahasa.

"Eh sekarang emang SD diajarin apaa siiii kok pada gatauuu:(" tanya akun @its.

"Kelihatannya sepele & bercanda ya ..? Tapi ternyata separah ini anak didik sekarang... Zaman yang sudah berubah atau mereka yang memang gak tau.??," ucap akun @Riyanti Simaremare.

"Jadi penasaran, kurikulum sekarang ini ngajarin pribahasa gak sih.. kok semuanya gak tau," tutur akun @RandyDhm merasa heran.

Iben bertanya potongan peribahasa kepada bocahIben bertanya potongan peribahasa kepada bocah Foto: Screenshot TikTok @iben_ma

Saat diwawancara oleh Wolipop, Ben mengungkapkan alasanya membuat video TikTok tersebut sebagai eksperimen sosial. Selama ini video-video yang diunggahnya ke TikTok memang sebagian besar adalah jenis eksperimen tersebut.

"Alasannya (membuat video-red) untuk mau tahu aja mereka tahu atau nggak dan itu untuk for fun aja. Dan kalau dilihat juga, konten aku itu kan social experiment, nanya-nanya orang. Jadi sebenarnya itu kelanjutan dari video sebelumnya," kata pria 22 tahun itu kepada Wolipop, Rabu (11/11/2020).

Ben yang berprofesi sebegai head legal di sebuah perusahaan swasta itu mengatakan dirinya tak terlalu merasa kaget ketika melihat anak-anak kecil itu tak tahu kelanjutan dari peribahasa yang dikatakannya. Menurutnya bisa saja memang anak-anak tersebut tak diajari di sekolah atau mungkin lupa. ketika tahu bocah tersebut tak bisa menjawab pertanyaan.

"Jadi ya setelah interview itu aku kasih tahu aja. Dan akhirnya jadi tahu deh mereka. Karena dengan mereka nggak tahu peribahasa bukan berarti mereka nggak tahu hal lain juga kan. Mungkin memang itu bukan minatnya mereka aja, siapa tahu mereka jagonya di hal-hal lain," tutupnya.



Simak Video "Tren Art Makeup, Bikin Pipi jadi Sobek"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)