Kisah Aktris Hong Kong yang Jatuh Bangkrut, Sulit Makan Hingga Bayar Utang

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 14 Apr 2021 18:30 WIB
Belinda Hamnett Foto: Instagram @ladybelindahon
Jakarta -

Kisah hidup aktris Hong Kong Belinda Hamnett jadi sorotan setelah terungkap mengajukan pernyataan bangkrut. Wanita yang dikenal pernah jadi lawan main Andy Lau tersebut dikatakan terpuruk secara finansial beberapa tahun belakangan. Kondisinya yang terlilit utang semakin parah karena pandemi Corona.

Belinda Hamnett yang dikenal banyak membintangi acara televisi ia dilaporkan mengajukan bangkrut setelah utangnya menggunung hingga ratusan juta rupiah. Belinda memang sudah tidak aktif menjadi artis setelah mengalami insiden jatuh di kamar mandi yang mempengaruhi bentuk hidungnya. Ia pun lalu beralih ke dunia kecantikan yang dikatakan cukup untuk menafkahi kesehariannya.

[Gambas:Instagram]



Sayangnya tiga tahun lalu, ibu Belinda didiagnosa menderita penyakit tiroid dan kanker paru-paru. Saat itu ia mendedikasikan waktu dan uangnya untuk mengurus ibunya yang akhirnya meninggal dunia. Biaya perawatan sakit sang ibu pun membuatnya berutang 400 ribu HKD atau sekitar Rp 750 jutaan yang masih berusaha dibayarkan sampai sekarang.

Wanita keturunan China-Inggris yang besar di Singapura tersebut belakangan semakin kesulitan membayar utang karena pandemi Corona mempengaruhi bisnis spa miliknya. Belinda mengaku stres terlebih ia juga tidak tergolong orang-orang yang berhak mendapat bantuan pemerintah.

"Aku menerima panggilan tagihan yang tidak terhitung. Penagih bahkan mengancam untuk pergi ke teman-teman artisku dan rekan-rekan kerja saudaraku untuk mendapatkan uangnya. Untuk menghindari mereka menyeret teman-temanku, aku memutuskan untuk menyatakan bangkrut," ujarnya dilansir Yahoo Style.

[Gambas:Instagram]



Belinda mengaku tidak ingin meminjam uang dari teman-teman dari kalangan selebriti karena tidak ingin menghancurkan hubungan mereka. Untuk bisa menghemat dan bayar utang, dilansir Today Online wanita 45 tahun itu tinggal di rumah kecil bersama teman aktor Frankie Choi Kwok Wai dan sering melewatkan makan.

Belinda Hamnett sendiri adalah pemenang Miss Asia di 1997 yang kemudian beralih jadi aktris. Ia aktif di dunia hiburan sampai tahun 2010 ketika kontraknya dengan stasiun televisi TVB habis. Di 2015, Belinda sempat kembali ke televisi tapi dikritik penonton karena bentuk hidungnya yang bengkok setelah jatuh dari kamar mandi. Di 2016, pemain Dance of a Dream bersama Andy Lau itu juga pernah mengaku dirinya menderita anoreksia.

(ami/ami)