Aktor Paing Takhon yang Viral Jadi Biksu Ganteng Ditangkap Militer Myanmar

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 08 Apr 2021 18:08 WIB
Paing Takhon, biksu ganteng asal Myanmar. Paing Takhon, aktor yang viral jadi biksu ganteng ditangkap militer Myanmar. Foto: AFP/STR
Jakarta -

Sosok aktor Paing Takhon pernah viral disebut sebagai biksu ganteng Myanmar kini tengah mendekam di penjara. Dianggap menentang militer Myanmar Paing Takhon pun ditangkap.

Seperti dikutip dari AFP, Paing Takhon yang populer sebagai biksu ganteng ditangkap militer Myanmar pada Kamis (8/4/2021). Penangkapan itu terkait aksi militer Myanmar yang gencar memburu 100 artis yang menentang mereka.

Sejak militer Myanmar melakukan kudeta pada pemerintah, setiap harinya ada protes atau demonstrasi yang dilakukan rakyat negara tersebut. Paing Takhon yang populer di Myanmar dan Thailand termasuk yang aktif dalam gerakan protes itu baik ikut berdemo langsung turun ke jalan atau melalui media sosialnya.

Saudara kandung perempuan Paing Takhon, Thi Thi Lwin melalui sebuah unggahan di Facebook melaporkan soal penangkapan yang dialami aktor 24 tahun itu. Sang aktor ditangkap saat berada di rumah ibunya di North Dagon, Yangon, Myanmar.

"Sekitar 50 tentara naik delapan truk militer datang," tulis Thi Thi Lwin di Facebook.

Lebih lanjut Thi Thi Lwin mengungkapkan saat ditangkap Paing Takhon dalam kondisi sakit yang serius. "Mereka menangkapnya tanpa kekerasan. Kami tidak tahu ke mana dia dibawa," tulisnya.

Sebelumnya dalam unggahannya di media sosial, Paing Takhon juga pernah menyampaikan bahwa kondisi kesehatannya sedang tidak baik. Namun dia tidak menjelaskan apa masalah kesehatan yang dideritanya.

"Aku sedang tidak dalam kondisi sehat selama beberapa hari ini. Aku selalu berdoa kepada Budha untuk kesehatanku dan terjadinya perdamaian di Myanmar sesegera mungkin," tulisnya.

Melalui media sosialnya, Paing Takhon juga pernah memperlihatkan momen saat dia ikut berdemo menentang aksi militer Myanmar. Dia memakai tracksuit dan memegang megaphone.

"Bantu kami menghentikan kejahatan terhadap kemanusiaan," tulisnya dalam sebuah unggahan di Instagramnya pada Februari 2021.

Paing Takhon Sang Biksu Ganteng dari Myanmar

Paing Takhon viral pada Januari 2021 saat foto penampilannya mengenakan baju bak biksu dan kepalanya plontos beredar di media sosial. Paing Takhon berpenampilan seperti biksu bukan karena sedang syuting film atau pemotretan, tapi dia benar-benar menjadi biksu.

Pria 24 tahun ini memutuskan jadi biksu selama 10 hari. Dia menyatakan bahwa menjalani kehidupan seorang biksu merupakan resolusinya di Tahun Baru.

Sosok Paing Takhon mencuri perhatian publik sejak 2017. Tak hanya terkenal di Myanmar, ia juga populer di Asia seperti Filipina dan Thailand. Orang-orang mengenalnya sebagai 'Aquaman dari Asia' karena ia kerap tampil dengan rambut gondrong dan perut berotot sixpack. Paing Takhon juga punya banyak tato. Hingga jika dilihat sekilas, penampilannya mirip Aquaman yang diperankan Jason Momoa.



Simak Video "Viral! Senam 'Ampun Bang Jago' di Tengah Kudeta Militer Myanmar"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)