Arti Nama Ukkasya, Bayi Zaskia Sungkar dan Irwansyah yang Dinanti 10 Tahun

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 31 Mar 2021 12:45 WIB
Zaskia Sungkar yang meminta referensi nama di akun Instagram Storynya. Zaskia Sungkar dan Irwansyah dikaruniai bayi laki-laki yang diberi nama Ukkasya Muhammad Syahki.Foto: Dok. Diera Bachir Photography
Jakarta -

Zaskia Sungkar baru saja melahirkan bayi yang dinantikannya selama 10 tahun. Bayi Zaskia dan Irwansyah diberi nama Ukkasya Muhammad Syahki. Apa artinya?

Zaskia Sungkar melahirkan Ukkasya Muhammad Syahki pada Rabu (31/3/2021) dini hari di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam video yang diunggah dokter anak yang ikut menangani persalinan Zaskia yaitu dr. Tiwi, tampak momen haru ketika Irwansyah mengadzani Ukkasya yang baru saja dilahirkan.

Keharuan menyeliputi persalinan Zaskia Sungkar karena bayi yang dilahirkan merupakan buah perjuangannya bersama Irwansyah yang menantikan momongan selama 10 tahun. Zaskia sempat harus menjalani operasi pada rahimnya hingga melakukan proses bayi tabung.

"Assalamualaikum anak salehku, Ukkasya Muhammad Syahki. Anak baik, Qurrata a'yun-nya mami papa, yang nyusunya nonstop," begitu Zaskia Sungkar menulis di Instagram mengumumkan kelahiran bayi laki-lakinya pada Rabu (31/3/2021).

Zaskia melahirkan Ukkasyah secara caesar. Keputusan itu dibuat karena posisi janin di usia 39 minggu masih sama seperti hari-hari sebelumnya.

Arti Nama Ukkasya, Bayi Zaskia Sungkar

Zaskia Sungkar melahirkan anak pertama.Zaskia Sungkar melahirkan anak pertama. Foto: Dok. Diera Bachir Photography

Sebelumnya melalui sebuah konten YouTube berjudul AKHIRNYA !! KIA IRWAN NENTUIN NAMA ANAK, Zaskia Sungkar dan Irwansyah sudah mengungkapkan nama anak mereka yang saat itu masih ada dalam kandungan. Video tersebut diunggah pada 28 Maret 2021, empat hari sebelum bayi Zaskia dan Irwan lahir.

Dalam video yang sudah ditonton lebih dari 200 ribu kali itu Zaskia awalnya mengungkapkan sejak tahun pertama pernikahannya dengan Irwansyah dia sudah mencari nama bayi. Dia sampai menuliskan nama-nama bayi tersebut di sebuah buku.

Dan ketika Zaskia Sungkar akhirnya hamil setelah 10 tahun menikah, dia pun semakin giat mencari nama untuk bayinya. Zaskia sempat meminta saran dari netizen untuk nama anaknya ini. Dari banyaknya saran yang didapatnya, yang paling sering disebut adalah Aldebaran. Namun dia akhirnya tidak menggunakan nama tersebut.

Zaskia dan Irwansyah menyebutkan nama bayi pilihan mereka adalah Ukkasya Muhhamad Syahki. Keduanya pun menjelaskan asal-usul dan arti dari nama tersebut.

Syahki merupakan nama pertama yang diungkapkan oleh mereka artinya. Syahki ternyata adalah singkatan dari nama Irwansyah dan Zaskia.

Sedangkan nama Ukkasya didapatkan Zaskia Sungkar saat dia mengikuti kajian bersama Irwansyah. Saat itu salah satu ustadz yang mengisi kajian menceritakan kisah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang bernama Ukkasya.

"Kisah salah satu sahabat rasul namanya Ukkasya bin Mishan. Nama itu kita belum pernah dengar sebelumnya. Namanya enak didengar. Aku langsung catet sama Shireen di buku," tutur Zaskia.

Zaskia SungkarZaskia Sungkar melahirkan anak pertama bernama Ukkasya Muhammad Syahki. Foto: Instagram @childbirthphotography

Nama Ukkasya ini sempat terlupakan oleh Zaskia seiring waktu berlalu. Hingga ketika dia sedang mencari nama-nama bayi, dia teringat ada satu nama sahabat Nabi Muhhamd SAW yang disukainya, namun dia lupa nama tersebut.

"Shireen sama aku sampai cari-cari bukunya. Bukunya nggak tahu ke mana pas Shireen pindahan. Masya Allah akhirnya kita ingat nama itu," ujar kakak Shireen Sungkar itu.

Zaskia Sungkar kemudian memberitahukan Irwansyah mengenai nama Ukkasya. Dan bintang film Heart itu kemudian mencoba mendengarkan kajian ustadz yang membahas mengenai Ukkasya tersebut. Setelah mendengarnya, Irwan pun setuju untuk menamani anaknya Ukkasya.

Ukkasya menurut cerita Zaskia berdasarkan ceramah yang didengarnya adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang pemberani. Ketika Nabi Muhammad SAW sedang berceramah mengenai orang-orang yang masuk surga tanpa dihisab, Ukkasya langsung berdiri dan meminta rasul mendoakannya agar dirinya bisa termasuk ke dalam orang-orang tersebut.

"Rasul langsung mendoakan. Itu karena kepercayaan diri dia, keberanian dia. Jadi harapannya semoga bisa menjadi anak yang percaya diri tinggi, punya keyakinan yang tinggi, pemberani, insya Allah bisa masuk surga tanpa dihisab," tutur Zaskia Sungkar.



Simak Video "Brand Busana Muslim Milik Artis Mejeng di Muffest 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)