6 Fakta Joseon Exorcist Tuai Kritikan, Hingga Berhenti Tayang di Episode 2

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 26 Mar 2021 13:15 WIB
Foto: (dok. ist) Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Drama Korea Joseon Exorcist yang tayang perdana Senin (22/3) resmi dihentikan. Drakor ini hanya menayangkan dua episode karena menuai kritikan dari sejumlah netizen Korea.

Joseon Exorcist mengisahkan Raja Taejong (pemain Kam Woo Sung) dan dua putranya Pangeran Chungnyung (pemain Jang Dong Yoon) dan Pangeran Yangnyeong (pemain Park Sung Hoon), melawan roh jahat yang hidup untuk menyelamatkan Dinasti Joseon.

Joseon Exorcist mendapat sambutan baik pada penayangan perdana, dengan rating sebesar 5,7 persen dan 8,9 persen. Namun, drakor ini mulai menuai kontroversi setelah netizen Korea menyadari adanya distorsi sejarah.

Sebuah adegan dalam episode pertama Joseon Exorcist menampilkan makanan dan properti yang bergaya Tiongkok. Drakor ini pun menuai kecaman hingga dikritik seorang profesor sejarah Korea.

Imbas dari kritikan, rating episode dua Joseon Exorcist, Selasa (23/3/2021), mengalami kemorosotan. Joseon Exorcist pun 'ditutup' dengan rating sebesar 4,5 dan 6,9 persen.

Berikut 6 fakta di balik drama Korea Joseon Exorcist yang berhenti tayang di episode dua:

1. Adegan Joseon Exorcist yang Tuai Kritikan

Dalam episode pertama Joseon Exorcist, Pangeran Chungnyung (pemain Jang Dong Yoon) diperintahkan oleh Raja untuk melakukan perjalanan ke perbatasan Dinasti Ming. Namun, untuk diketahui, selama Era Joseon, dinasti inilah yang berkuasa di Tiongkok.

Sebuah adegan pun menuai kontroversi karena menampilkan makanan khas Tiongkok. Dalam episode tersebut, Pangeran Chungnyung makan bersama pengusir setan Yo Han (pemain Darcy Paquet) yang ditemuinya.

Penonton drama Korea Joseon Exorcist melihat adanya kue bulan, telur bitan, dan pangsit khas Tiongkok di atas meja makan. Selain itu, ada pula botol bertuliskan huruf Cina (酒) yang berarti minuman keras.

2. SBS Merilis Pernyataan Resmi

SBS selaku perusahaan produksi pun merilis pernyataan resmi, Rabu (23/3/2021). Mereka meminta maaf atas ketidaknyamanan penonton drama Korea Joseon Exorcist dan mengklarifikasi adegan terkait.

Tim produksi memilih lokasi Kabupaten Uiju (perbatasan Dinasti Ming) untuk menggambarkan perjalanan jauh yang harus di tempuh Pangeran Chungnyung (pemain Jang Dong Yoon). Ia pergi ke perbatasan Cina atas arahan Raja guna membawa pengusir setan Yo Han (pemain Darcy Paquet).

3. Joseon Exorcist Kehilangan Sponsor

Dengan kontroversi drakor Joseon Exorcist, sejumlah sponsor pun memutuskan hubungan kerja sama. Sponsor yang telah 'hengkang' antara lain perusahaan kesehatan Ho Gwan Won, Geum Seung Beds, Ace Beds, Body Friend, LG Lifestyle and Health, KT Telecom, CJ Jeil Jedang, Banollim Foods, dan Samsung.

Sementara itu, sponsor drakor Joseon Exorcist yang belum memutuskan kerja sama antara lain LOTTE Cultureworks, YG Investment, Downy, Dyson, dan Simmons.

4. Joseon Exorcist Tuai Kritikan Profesor Sejarah

Pada Rabu (23/3/2021), profesor sejarah Korea Seo Kyoung Duk pun angkat bicara. Ia merilis pernyataan resmi lewat akun Instagram (@seokyoungduk) dan mengunggah foto yang menampilkan makanan khas Tiongkok di drakor Joseon Exorcist.

"Netizen Tiongkok mulai menunjukkan pembelaan pada drama tersebut, dan mengatakan 'ini adalah penggambaran yang akurat tentang Korea Selatan pada saat itu.' Secara khusus, hal ini memberikan Tiongkok dalih lain, selagi mereka meluncurkan 'Northeast Project' untuk menegaskan hanbok, kimchi, pansori, dan lainnya adalah bagian dari budaya mereka," tulis Seo Kyoung Duk.

Profesor sejarah Korea ini juga mengkritik tim produksi drakor Joseon Exorcist. Mereka diminta agar lebih berhati-hati, karena drama Korea telah menjadi fenomena global.

Seperti apa isi petisi yang dibuat agar drama Korea Joseon Exorcist berhenti tayang? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2