8 Fakta Amelia Tantono, YouTuber yang Pernah Main Drama Korea Bareng Ji Soo

R Chairini Putong - wolipop Senin, 01 Mar 2021 09:18 WIB
Amelia Tantono, YouTuber Indonesia dengan channel Amelicano Foto: Dok. Pribadi Amelia Tantono
Jakarta -

Nama Amelia Tantono mulai dikenal publik sejak membintangi mini drama Korea Lunch Box yang dirilis dalam acara K-Food Fair 2015. Belakangan, drakor yang dibintanginya bersama aktor Ji Soo lima tahun lalu itu viral di TikTok. Penasaran sosok dibalik channel YouTube Amelicano ini?

Drama Korea Lunch Box mengisahkan pertemuan dua orang yang berbeda budaya dan makanan. Yong I (pemain Ji Soo), adalah pemuda Korea yang jatuh cinta dengan mahasiswi Indonesia bernama Yulia (pemain Amelia Tantono). Untuk merebut hatinya, ia membuatkan Yulia makanan Indonesia setiap hari.

Setelah debut akting, akun Instagram-nya (@amelia_tantono) diikuti lebih dari 30 ribu akun Instagram. Banyak pula yang meminta Amelia Tantono membuka channel YouTube untuk menunjukkan kehidupannya di Korea. Namun sebelum dikenal sebagai content creator, Amelia Tantono merupakan mahasiswi universitas di Korea.

Amelia TantonoAmelia Tantono Foto: Instagram/@amelia_tantono

Berikut delapan fakta menarik Amelia Tantono, YouTuber Indonesia yang viral bintangi drakor Lunch Box:

1. Amelia Maria Tantono lahir di Bandar Lampung, 1 Desember 1991. Banyak yang mengira keluarganya orang Bandar Lampung. Namun, sebenarnya, kedua orang tua Amelia Tantono berasal dari Jawa Timur. Ia menghabiskan masa kecilnya hingga SMA di Tangerang.


2. Saat SMA, Amelia Tantono mengikuti ujian masuk Universitas Kyung Sung dengan jurusan International Trade and Commerce. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini kemudian mengikuti program belajar bahasa dan kebudayaan Korea intensif selama enam bulan.

3. Ketertarikan Amelia Tantono dengan Korea berawal dari drakor Full House yang tayang di Indonesia pada 2006. Sejak itu, ia menjadi penggemar solois Rain dan mulai mencari tahu tentang Korea. Amel juga penggemar MBLAQ, grup KPop yang dilatih Rain.

Amelia Tantono, YouTuber Indonesia dengan channel AmelicanoAmelia Tantono, YouTuber Indonesia dengan channel Amelicano Foto: Dok. Pribadi Amelia Tantono

4. Setelah lulus kuliah, Amelia Tantono pindah dari Busan ke Seoul untuk mencari kerja. Ia sempat bekerja di stasiun televisi Korea SBS, dan dipercaya menjadi MC program televisi KStar News. Saat ini, Amel tengah persiapan untuk menjadi full time YouTuber.

5. Amelia Tantono mendapat tawaran bermain drakor Lunch Box, dari kenalannya di Korea. Ia terpilih untuk memerankan karakter Yulia setelah melalui proses audisi dan dipasangkan dengan aktor Korea Ji Soo. Debut aktingnya ini membuat Amel meraih popularitas.

6. Dikenal sebagai content creator, Amelia Tantono dipercaya untuk memandu acara Shopee yang mengundang GOT7, GFRIEND, dan Stray Kids. Ia juga diundang ke Busan One Asia Festival, dan berkesempatan mewawancarai idol KPop di backstage.

Amelia Tantono, YouTuber Indonesia dengan channel AmelicanoAmelia Tantono, YouTuber Indonesia dengan channel Amelicano Foto: Dok. Pribadi Amelia Tantono

7. Amelia Tantono kerap disatukan dalam project bersama Jang Hansol. Terbaru, keduanya menjadi MC program K-POP COVER FESTIVAL yang dirilis di channel YouTube KBS World Indonesian. Mereka juga tampil di program Virtual Gastronomic Journey yang diunggah YouTube Korea Tourism Organization.

8. Pada Desember 2020, Amelia Tantono menjadi bintang tamu program televisi MBC South Korean Foreigners. Acara tersebut kerap mengundang artis, penyanyi, dan komedian Korea. Dan Amel menjadi perwakilan pertama Indonesia dalam acara tersebut.

(rcp/ami)