Viral Bikin Terenyuh, Bocah Penjual Donat Ngadem di ATM Kini Akan Main Film

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 15 Feb 2021 10:54 WIB
kisah bocah Andra, bocah penjual donat yang ngadem di ATM. Kini diajak bermain film. Foto: Dok. pribadi Daniel.
Surabaya -

Bocah yang sedang asyik duduk selonjoran di dalam ATM ini viral. Dia bertelanjang dada ketika mendinginkan tubuhnya dari terik sinar matahari di bilik ATM.

Momen sang bocah 'ngademi' di ATM ini viral berawal dari akun TikTok Daniel Lukas Rorong @daniellukasrorong. Dari unggahannya terlihat, anak laki-laki itu duduk di lantai bilik ATM dan tersipu malu tersenyum saat ditemuinya di salah satu ATM di kawasan Surabaya, Jawa Timur.

"Belum lama ini pas saya mau ke ATM yang ada di depan Palapa Adityawarman. Saya bertemu dengan anak ini yang sedang bertelanjang dada, berada di bilik ATM. Ternyata, dia sedang ngadem dan istirahat karena habislap kaca mobil pakai air sabun yang dimucratin dari botol plastik air mineral," tulis akun TikTok @daniellukasrorong.

@daniellukasrorong

Peduli Sesama ##daniellukasrorong ##komunitastolongmenolong ##komunitassosial ##relawan ##kemanusiaan ##sosial ##surabaya ##orangbaik ##baksos ##aksisosial

♬ Bila Kita Ikhlas - Ebiet G. Ade

Menurut akun Daniel Lukas, bocah tersebut biasanya berada di kawasan lampu merah jalan Adityawarman, Surabaya, Jawa Timur. Daniel yanng iba melihat kondisi bocah tersebut langsung berusaha menghiburnya dan membelikan jajanan.

"Memang sih saat hujan turun, biasanya banyak anak-anak yang seperti itu ditraffic light Adityawarman Surabaya. Lalu saya suruh dia keluar dari bilik ATM dan mengajaknya ke booth sebelah. Bersama temannya, saya ajak mereka dan menyuruh untuk memilih menu camilan yang dia sukai. Awal mereka malu dan menyuruh saya untuk milihin saja. Tapi setelah saya desak, akhirnya mereka memilih sendiri menu camilan yang disukai," ucap Daniel dalam video TikToknya.

Kisah bocah tersebut langsung menarik perhatian warganet. Hingga kini video tersebut sudah ditonton lebih dari 1,7 juta Views, mendapat 111 ribu Likes dan 1.848 komentar. Warganet ada yang mendoakan bocah itu kelak jadi orang sukses hingga ada yang berterimakasih kepada Daniel karena sudah menghibur bocah tersebut.

kisah bocah yang ngadem di ATM, kini diajak bermain film.Kisah bocah yang ngadem di ATM, kini diajak bermain film. Foto: Dok. pribadi Daniel.

"Terimakasi orang baik, semoga kebaikanmu kelak dibalas sama yang diatas," ujar akun @vilavil ◡̈.

"Saya suka ketemu anak ini karena dia suka bersihin kaca mobil saya saat hujan saya setiap hari ke HR Muhammad 🥰 semga kelak engkau jadi orang sukses," ucap akun @RAFLi TKd.

"Gak tau kenapa, seneng liat wajahnya... Semoga kelak dewasa bisa sukses yaaa nangg...aminn," doa akun @Dyah Dyahero.

"Ya Allah anak usia segitu gak seharuse berada diluar kasihan banget dek semoga abang dilancarkan rezeki nya semoga kelak jadi orang hebat dik," timpal akun @Amaru Kozasi.

Konfirmasi Wolipop

kisah bocah yang ngadem di ATM, kini diajak bermain film.Kisah bocah yang ngadem di ATM, kini diajak bermain film. Foto: Dok. pribadi Daniel.

Wolipop menghubungi pengunggah video TikTok Daniel Lukas Rorong. Ia tidak menyangka jika video TikTokya viral.

"Saya tidak menyangka jika konten video saya perihal anak tersebut sampai viral, karena memang awalnya hanya just post," kata Daniel saat dihubungi Wolipop.

Ayah dari tiga orang anak ini menceritakan kisah di balik video TikToknya. Ia mengaku tidak sengaja melihat ada seorang bocah yang sedang duduk di dalam ATM dan memutuskan langsung menghampirinya.

"Saya bertemu dengannya sedang 'ngadem' di salah satu bilik ATM di Palapa Toserba di Adityawarman, Surabaya, pada 11 Januari 2021. Saya baru posting di akun TikTok saya tersebut pada 6 Februari 2021. Spontan, saya merekamnya sambil berjalan menuju ATM tersebut. Setelah saya membuka pintu ATM, saya lalu bertanya, sedang ngapain dik duduk lesehan di dalam ATM? Kok nggak klambenan (kok tidak pakai baju)?" ungkapnya.

kisah bocah yang ngadem di ATM, kini diajak bermain film.Kisah bocah yang ngadem di ATM, kini diajak bermain film. Foto: Dok. pribadi Daniel.

Daniel yang merupakan pendiri dan Ketua Komunitas Tolong Menolong (KTM) di Surabaya ini lalu mengajak bocah yang bernama Andra itu, untuk jajan camilan. Kebetulan di dekat ATM tersebut ada penjual makanan dan minuman.

"Lalu saya suruh anak tersebut keluar dari dalam bilik ATM dengan maksud ingin membelikannya makanan dan minuman di booth penjual yang ada di samping bilik ATM. Kebetulan satu lokasi di depan Palapa Toserba di Jalan Adityawarman. Waktu itu saya lihat dia bersama temannya. Lalu keduanya saya suruh milih menu camilan makanan dan minuman yang mereka sukai," lanjutnya.

Setelah sang bocah selesai memilih makanan dengan malu-malu, Daniel juga memberikan kaus yang kebetulan ada di mobilnya untuk dipakai oleh Andra. Dia melaukannya agar Andra tidak masuk angin. Selain kaus, Daniel juga memberikan hand sanitizer dan masker untuknya.

"Saya juga berikan masker dan hand sanitizer yang baru saja saya beli. Karena saat itu saya memang ada agenda mau bagi-bagi 300 masker dan hand sanitizer di beberapa titik di traffic light Surabaya, salah satunya di traffic light Adityawarman. Setelah mereka menghabiskan camilan makanan, saya langsung menyuruh mereka segera pulang. Sambil membawa minuman, mereka pun meninggalkan lokasi dan berjalan pulang," terangnya.

Jualan Donat Buatan Sang Ibu

kisah bocah yang ngadem di ATM, kini diajak bermain film.Kisah bocah yang ngadem di ATM, kini diajak bermain film. Foto: Dok. pribadi Daniel.

Daniel mengaku sempat sedikit berbincang dengan Andra tentang kehidupannya sehari-hari. Dari perbincangan itu diketahui, Andra membantu ibunya berjuala donat keliling bersama kakak perempuanya setiap Senin - Sabtu.

"Donat tersebut buatan ibunya sendiri. Ibu kandung dan ayah tirinya saat ini sedang menganggur tidak ada pekerjaan tetap di luar selama pandemi ini. Pekerjaan terakhir mereka sebagai cleaning service," tutur Daniel.

Sedangkan ketika hari Minggu, Andra libur berjualan donat. Hari libur itu digunakannya untuk melakukan pekerjaan lain. Bocah tersebut biasanya bekerja sebagai tukang lap kaca mobil di lampu merah Adityawarman, Surabaya, Jawa Timur saat musim hujan tiba.

Kisah bocah yang ngadem di ATM, kini diajak bermain film.Sutradara, Bambang Drias saat video call, yang akan mengajak Andra main film. Foto: Dok. pribadi Daniel.

Daniel mengatakan dia berbagi kisah Andra ini tanpa ada niat apapun. Kalau memang kisah tersebut bisa menjadi inspirasi warganet untuk menolong sesama, dia pun bersyukur. Apalagi dia sendiri adalah Ketua Komunitas Tolong Menolong.

"Niat awal saya hanya ingin berbagi kisah saat saya bertemu dengan Andra yang saat itu sedang ngadem. Dan bagaimana saya menolongnya dengan cara yang sangat sederhana serta yang bisa saya lakukan. Sehingga, kita semua pun bisa melakukannya dengan cara masing-masing dan bisa meneruskan virus kebaikan ini pada sesama. Kenapa di TikTok? Karena saya lagi suka sama aplikasi ini. Lewat TikTok, saya bisa menghibur diri di waktu senggang supaya dapat memperkuat imun di tengah pandemi seperti ini," tuturnya.

Daniel menambahkan setelah video momen Andra ngadem di ATM itu viral, seorang temannya yang sutradara tertarik mengajak bocah tersebut main film. Sang sutradara sudah memilihkan peran yang pas untuk Andra.

"Rencana syutingnya bulan depan di Lumajang jika tidak ada perubahan jadwal," kata Daniel.

(gaf/eny)