Sowon GFRIEND Dikecam, Unggah Foto Mesra dengan Patung Berseragam Nazi

Hestianingsih - wolipop Senin, 01 Feb 2021 18:51 WIB
Sowon GFRIEND Sowon GFRIEND. Foto: Instagram/@onedayxne
Pajon -

Personil girlband GFRIEND, Sowon, dihujani kritikan pedas karena unggahan foto di Instagram pribadinya, @onedayxne. Sowon dianggap tidak peka isu karena berfoto dengan patung yang mengenakan seragam Nazi.

Foto yang diunggah pada Sabtu (30/01/2021) itu menampilkan Sowon yang berpose sedang memegang pipi patung pria seukuran manusia. Ia tampak memasang senyum mesra seolah mengagumi sosok patung tersebut. Ada beberapa seri foto yang ditampilkannya di Instagram.

Sementara itu patung tersebut terlihat memakai seragam Nazi yang biasa dikenakan para prajurit Nazi pada Perang Dunia II. Jaket serta kerahnya ditempeli emblem yang menunjukkan simbol tingkat kemiliteran, dan topi mengandung lambang Swastika yang merupakan simbol ikonik Nazi.

Sowon GFRIENDSowon GFRIEND. Foto: Instagram/@onedayxne

Tak lama setelah Sowon mengunggahnya di Instagram, dia langsung mendapat banyak kritik. Meskipun foto-foto tersebut langsung dihapus namun beberapa fans menangkap layar dan mengunggahnya kembali di Twitter.

Penyanyi 25 tahun ini dituding tidak tanggap isu. Sebab dalam sejarah, Nazi diketahui telah membunuh tidak kurang dari 6 juta orang Yahudi, 1,5 juta di antaranya anak-anak. Netizen pun menuntut Sowon untuk minta maaf.

"Saya kecewa dengan Sowon tapi senang dia sudah menghapusnya... Namun dia tetap harus minta maaf. Nazi bukanlah teman atau seseorang yang bisa kamu peluk atau mendapat tatapan mesra," cuit penggemar KPop di Twitter.

Sowon GFRIENDSowon GFRIEND Foto: Instagram/@onedayxne

"Berhenti berdebat. Sowon harus ditindak, dia perlu belajar dari kejadian ini, dia harus minta maaf," komentar netizen.

Foto tersebut diambil di sebuah kafe di Paju, Korea Selatan. Tempat bernama Cafe Pinzo tersebut pun cukup terkenal karena pernah tampil d sejumlah drama Korea seperti 'Crash Landing on You', 'Goblin' dan 'The Heirs'.

Dekorasi kafe dibuat dengan gaya kolonial Eropa. Namun belum jelas alasan kenapa pemilik kafe maupun desainer interior menempatkan patung kontroversial itu di sana.

(hst/hst)