Ramalan The Simpsons Selalu Heboh Dibahas Fans, Ini Kata Para Penulisnya

Hestianingsih - wolipop Jumat, 22 Jan 2021 16:47 WIB
Ramalan The Simpsons tentang Kamala Harris. The Simpsons. Foto: Fox via The Warp
Jakarta -

Sejumlah adegan dalam serial kartun The Simpsons kerap kali dipercaya sebagai ramalan. Pasalnya beberapa kali netizen mendapati kalau ramalan The Simpsons yang sebelumnya hanya ada di cerita menjadi kenyataan.

Terbaru, netizen mengaitkan ramalan The Simpsons dengan Kamala Harris, yang kini menduduki jabatan wakil presiden Amerika Serikat. Diyakini bahwa ramalan tersebut sudah ditampilkan dalam salah satu episode yang tayang pada 2000, berjudul 'Bart to the Future', di mana Lisa Simpson menjadi Presiden AS Wanita pertama dan berbusana nyaris sama seperti yang dikenakan Kamala Harris saat pelantikan.

Tidak sedikit netizen meyakini bahwa ramalan The Simpsons benar-benar bisa memprediksi masa depan. Tapi pendapat tersebut ditampik oleh Bill Oakley, salah satu penulis The Simpsons.

the simpsonsThe Simpsons. Foto: Instagram

Menurutnya ramalan The Simpsons tak lebih dari sebuah kebetulan. Meskipun sudah ada belasan adegan dalam serial kartun tersebut yang terjadi di dunia nyata.

"Ada sangat sedikit kasus di mana The Simpsons memprediksi sesuatu. Tapi sebagian besar hanyalah kebetulan karena beberapa episode sudah sangat lama tayang dan sejarah itu berulang," kata Bill, seperti dikutip dari HITC.

Dia mengatakan bahwa kebanyakan adegan di tiap episode terinspirasi dari peristiwa-peristiwa yang terjadi pada era 60-an, 70-an atau 80-an. Maka pengulangan sejarah bisa saja terjadi di masa depan.

Ramalan The Simpsons tentang Kamala Harris.Ramalan The Simpsons tentang Kamala Harris. Foto: istimewa

"Kejadian di masa lalu itu kan sudah kami ketahui," tukasnya.

Penulis The Simpsons lainnya, Stephanie Gillis, mengatakan ide cerita untuk The Simpsons biasanya muncul dari diskusi antar penulis. Mereka membicarakan banyak isu yang terjadi di berbagai belahan dunia yang kemudian dituangkan dalam cerita dengan cara humor.

"Ada banyak sekali peristiwa yang terjadi di dunia yang harus kita sisipkan dan bicarakan. Itulah sebabnya mengapa kami sering membicarakan ide di luar jam kerja, karena terlalu banyak yang terjadi dan akhirnya muncul dalam tayangan," kata Stephanie, seperti dilansir BBC.

Soal ramalan The Simpsons yang selalu ramai diperbincangkan, Stephanie mengatakan yang benar terjadi hanya sebagian kecil dari ratusan episode yang pernah ditayangkan. Memang banyak plot cerita yang memprediksi tentang masa depan namun para penulis tidak pernah mengira kalau setelahnya bisa membuat fans The Simpsons heboh.

"Kalau kamu membuat cukup banyak prediksi maka 10 persen nya bisa jadi benar," jelas anggota tim penulis lain, Al Jeans, saat wawancara dengan Radio 1 Newsbeat 2019 lalu.

Alih-alih peramal, para penulis The Simpsons lebih setuju jika mereka disebut sebagai futurolog atau futuris. Sebutan untuk ilmuwan sosial yang mengeksplorasi secara sistematis kemungkinan tentang masa depan.

"Kami semacam futuris yang menuliskan sesuatu untuk 10 bulan ke depan, jadi kami mencoba menerka apa yang akan terjadi," tambah Stephanie tentang ramalan The Simpsons.

(hst/hst)