7 Fakta Vincent Raditya, Pilot YouTuber Dikritik karena Video Sriwijaya Air

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 11 Jan 2021 14:15 WIB
vincent raditya Foto: Instagram @vincentraditya
Jakarta -

Vincent Raditya tengah mendapat kritikan karena video terbarunya. Pria yang dikenal sebagai YouTuber pilot tersebut dicibir karena datang ke lokasi yang diduga menjadi tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ-182. Melakukan live streaming yang memperlihatkan keadaan lokasi, ia pun dianggap kurang simpatik terhadap korban dan keluarga yang masih berduka. Intip fakta-faktanya.

Vincent Raditya Dikritik


YouTuber Vincent Raditya mendapat kritikan karena videonya terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Ia dinilai tidak simpatik karena membuat konten dari peristiwa yang masih meninggalkan duka mendalam bagi keluarga korban dan publik. Di YouTube, Video live streaming berjudul LIVE DARI DUGAAN CRASH SITE SRIWIJAYA SJ-182 itu sendiri kini sudah tidak bisa diputar. Namun di Instagram, cuplikan dan beberapa video Insta Story-nya masih bisa dilihat.

Dalam video itu Vincent Raditya berusaha memperlihatkan dan menjelaskan keadaan tempat yang diduga adalah lokasi jatuhnya pesawat. Meski ada yang mengkritik bahwa video itu dibuat hanya untuk menarik penonton, beberapa orang menilai jika pilot tersebut memberikan bentuk solidaritas dan kepeduliannya pada tim SAR dan teman seprofesi.

[Gambas:Instagram]

vincent radityavincent raditya Foto: Instagram @vincentraditya

Bicara Soal Sriwijaya Air SJ-182


Sebelum mendapat kritikan karena postingan terbarunya, di video sebelumnya Vincent Raditya membahas alasan yang bisa menjadi penyebab jatuhnya pesawat dengan rute penerbangan Jakarta-Pontianak tersebut. Pilot dengan subscriber terbanyak di dunia itu mengungkap pandangannya terhadap peristiwa naas itu. Ia pun menuturkan jika banyak faktor yang mungkin mempengaruhi tapi usia pesawat yang sudah 26 tahun digunakan juga tidak bisa disalahkan.

"Pesawat dikatakan tua ketika memasuki 50.000 jam ke atas, ini bisa dikatakan masa tuanya. Tidak ada limitasi pesawat harus stop dioperasikan. Pesawat dari tahun 1940 kalau diurus dengan baik masih bisa digunakan," ungkapnya.

Pernah Jadi Pilot Batik Air


Vincent yang kini lebih dikenal sebagai YouTuber masih memiliki lisensi terbangnya. Suami dari Novita Condro tersebut sebelumnya pernah menjadi pilot Batik Air di mana ia mendapatkan dukungan untuk ngevlog di dalam pesawat. Sebelum jadi pilot, Vincent ternyata pernah mendapat tentangan dari keluarga untuk menekuni profesi tersebut karena lebih didorong untuk berbisnis. Vincent pun pernah menempuh pendidikan pilot di luar negeri.

Awal Vincent Raditya Jadi YouTuber


Dikatakan jika Vincent Raditya tersebut sejak awal sudah tertarik untuk membagikan informasi mengenai dunia penerbangan melalui YouTube. Video pertamanya mengenai situasi kokpit pun diunggah di 2010 saat masih jadi kopilot. Sayangnya ia mendapat tentangan dari pihak maskapai kemudian berhenti dan fokus pada profesinya menerbangkan pesawat.

Ketika bergabung dengan Batik Air, Vincent mulai aktif jadi YouTuber dan langsung dapat banyak subscriber. Ketika itu, ayah tiga anak ini menjalani profesi sebagai pilot meski hanya sekali atau dua kali terbang seminggu sekaligus YouTuber dan bisnis sekolah penerbangan.

vincent radityavincent raditya Foto: Instagram @vincentraditya

Izin Terbangnya Pernah Dicabut


Tahun lalu, muncul berita bahwa Kementerian Perhubungan mencabut izin terbang pesawat 'single engine' Vincent Raditya. Kala itu Kemenhub mencatat bahwa Kapten Vincent melakukan tiga pelanggaran untuk videonya bersama Limbad di mana ia melakukan penerbangan zero gravity. Namun setahun setelahnya Vincent sudah mendapatkan lisensinya kembali setelah melakukan uji ulang terbang.

Vincent Raditya Pernah Dihina Saat Jadi Pilot


Dalam berbagai video, Vincent sering berbagi mengenai pengalamannya ketika menjadi pilot. Ia pun mengaku pernah dihina oleh seorang penumpang ketika ada masalah jarak pandang saat bertugas. "Dikatain bego sama penumpang. Iya, dikatain bego. Jadi ketika kita mau approach, kita ada aturannya di mana kita harus visibility minimum di bandara harus sekian," ucap Vincent di YouTube Luna Maya.

Sering Kolaborasi dengan Artis


Dalam YouTube, Vincent Raditya dikenal sering berkolaborasi dengan sejumlah artis. Selain Limbad dan Luna Maya, beberapa selebriti Tanah Air yang pernah diajak terbang dan bicara aviasi seperti Gilang Dirga, Wulan Guritno, hingga Kris Hatta. Selain menjelaskan tentang dunia pesawat, pria ini pun sering unggah konten vlog keseharian hingga menyanyi di YouTube-nya.

vincent radityavincent raditya Foto: Instagram @vincentraditya
(ami/ami)