Begini Tampilan Manusia Cyborg dengan 2 Sirip Kepala untuk Mendeteksi Cuaca

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 09 Des 2020 05:30 WIB
Manel de Aguas Foto: Instagram Manel de Aguas
Jakarta -

Belakangan semakin banyak orang yang tak ingin terlihat seperti manusia. Bukan hanya Barbie atau alien, ada juga yang ingin jadi cyborg atau manusia setengah robot. Seniman bernama Manel de Aguas belum lama ini menempelkan alat di tubuhnya agar bisa merasakan dunia yang berbeda dari manusia biasa. Ia memasang dua sirip di kepala untuk mendeteksi cuaca.

Manel de Aguas sudah menjadi perbincangan dunia sejak membuat prototipe alat untuk merasakan getaran atmosfer di 2017. Setahun setelahnya, ia mulai menempelkan alat serupa sirip itu di samping kepala dan mengatakan akan mengimplankannya di tengkorak.

[Gambas:Instagram]



Tahun ini, pria tersebut mengaku telah berhasil mengubahnya menjadi organ fungsional yang bisa menerima perubahan temperatur, kelembapan, dan tekanan atmosfer. Informasi-informasi tersebut dikirim berupa suara ke otak Manel melalui konduksi tulang.

"Atmosfer akan memberikan suara di dalam kepalaku dan tergantung dengan kondisi atmosfer di saat itu, aku akan merasakan pengalaman terendam dalam satu jenis medium atau yang lainnya.

[Gambas:Instagram]



Untuk bagian luarnya, organ itu akan punya penampilan yang terinspirasi sirip atau ikan terbang dan aku akan mengimplan sebuah sirip di masing-masing kepalaku, di samping tulang dahi di tengkorakku," ujarnya kepada Vice.

Banyak orang ingin punya kemampuan lebih seperti seorang 'superhuman'. Namun mendeteksi cuaca atau membaca udara sepertinya bukan kemampuan yang populer. Manel sendiri memilihnya karena merasa terkoneksi dengan hujan.

"Aku selalu merasa punya koneksi spesial dengan hujan jadi ketika aku mengetahui ada cara untuk merasakan sensasi ini di dalam tubuhku, aku pikir akan bagus untuk menciptakan organ yang akan menghubungkanku lebih lagi dengan hujan dan fenomena atmosfer lainnya. Untuk bentuk organnya, aku selalu tertarik dengan spesies laut, baik nyata atau mitologi," kata member Spanish TransSpecies Society tersebut.

[Gambas:Instagram]



Pria asal Spanyol itu sendiri menyebut dirinya sebagai 'propioespecie' atau spesiesnya sendiri. Awal tahun ini akhirnya Manel berhasil mewujudkannya setelah sirip pendeteksi cuaca yang dipasang bisa berfungsi.

Manel memasang implan tersebut di sebuah klinik d Jepang setelah ditolak beberapa dokter di Spanyol. Impan berukuran 500 gram itu bisa diisi daya dengan energi solar dan dapat terkoneksi dengan berbagai gadget via Wi-Fi.

(ami/ami)