Wanita Tuli Cetak Sejarah di Miss Universe Colombia 2020, Nyaris Menang

Eny Kartikawati - wolipop Minggu, 22 Nov 2020 07:00 WIB
Jenifer Pulgarín Candelo Foto: Dok. Facebook Miss Universe Colombia, Instagram Jenifer Pulgarín Candelo
Jakarta -

Jenifer Pulgarín Candelo atau Yenifer Pulgarin Candelo mencetak sejarah di ajang Miss Universe Colombia 2020. Pertamakalinya dalam kontes kecantikan tersebut, seorang wanita tuli yaitu Jenifer Pulgari, meraih gelar juara meski bukan yang utama.

Dalam ajang Miss Universe Colombia 2020 yang digelar pekan kemarin, Jenifer Pulgarin terpilih sebagai runner up pertama. Sedangkan yang menjadi pemenang Miss Universe Colombia 2020 adalah Laura Olascuaga.

Pada malam final Miss Universe Colombia 2020, terjadi momen dramatis di mana Jenifer Pulgarin yang memiliki keterbatasan pendengaran berpegangan tangan dengan Laura Olascuaga. Momen itu terjadi menjelang pengumuman siapa yang terpilih sebagai pemenang Miss Universe Colombia 2020.

Jenifer Pulgarín CandeloJenifer Pulgarín Candelo dan Miss Universe Colombia 2020 Laura Olascuaga. Foto: Dok. Facebook Miss Universe Colombia, Instagram Jenifer Pulgarín Candelo

Dan setelah Laura Olascuaga dinyatakan sebagai pemenang Miss Universe Colombia 2020, wanita cantik itu tak melupakan momen tersebut. Dalam pernyataannya kepada media setelah kemenangannya, Laura memuji sosok Jenifer Pulgarin yang sukses mencetak sejarah di ajang kontes kecantikan Colombia tersebut.

"Jenifer saat aku memegang tanganmu, di momen itu aku ingat aku bilang padamu bahwa kamulah pemenangnya karena bagiku kamu lah pemenang sesungguhnya dan telah membawa pesan indah untuk dunia. Kamu membuktikan ketikdakmampuan itu tidak ada. Kita bisa mencapai apapun, meraih semua mimpi dalam hidup kita. Bagiku kamu lah pemenangnya," ujar Miss Universe Colombia 2020 Laura Olascuaga.

Jenifer Pulgarín CandeloJenifer Pulgarín Candelo, juara kedua Miss Universe Colombia 2020 Foto: Dok. Facebook Miss Universe Colombia, Instagram Jenifer Pulgarín Candelo

Jenifer Pulgarin yang meraih juara kedua Miss Universe Colombia 2020 berasal dari wilayah Norte de Santander yang berbatasan dengan Venezuela. Dia sebelumnya pernah memenangkan ajang Miss Deaf Colombia 2017. Wanita 25 tahun itu juga pernah mewakili Colombia di ajang International Fashion Show for the Deaf di Italia.

"Sangat penting untuk mengkampanyekan ke seluruh dunia pentingnya inklusi di masyarakat kita, di mana orang-orang difabel sering tidak dipedulikan dan disingkirkan," demikian Jenifer mengungkapkan alasannya mengikuti ajang kontes kecantikan.

Sebelum Jenifer Pulgarin, ada Heather Whitestone, Miss America pertama yang tuli. Memenangkan Miss America 1995, Heather sudah tidak bisa mendengar sejak usia 18 bulan.



Simak Video "Sound Shirt, Baju Musik Pintar untuk Teman Tuli"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)