Pria Timbun Barang Selama 20 Tahun, Tak Disangka Nilainya Sampai Rp 76 M

Hestianingsih - wolipop Selasa, 27 Okt 2020 08:33 WIB
Barang-barang yang ditimbun Ramann Shukla selama 20 tahun. Foto: Dok. Lincoln Unique Auctions
Nottingham -

Seorang pria punya kebiasaan menimbun barang dan tak pernah membuangnya selama lebih dari satu dekade. Tumpukan barang yang dikumpulkannya pun memiliki nilai jual fantastis hingga miliaran rupiah.

Inilah kisah Ramann Shukla, pria asal Inggris, yang dijuluki sebagai Penimbun Barang Terbanyak di Britania Raya. Pria yang bekerja sebagai programmer komputer ini menimbun puluhan ribu benda yang ditempatkannya di rumah, sebuah flat sewaan, dua garasi dan 24 tempat sampah ukuran besar.

Ada tak kurang dari 60 ribu benda yang telah dikumpulkannya dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Kebanyakan barang yang dikumpulkannya terdiri dari sampah dan sudah tidak terpakai tapi tak sedikit pula yang masih bernilai, bahkan jika diuangkan bisa mencapai USD 5,2 juta atau sekitar Rp 76 miliar.

Ramann Shukla tinggal sendirian di rumah dengan tiga kamar kawasan Nottingham, Inggris. Awal tahun ini pria tersebut meninggal dunia di usia 64 tahun.

Barang-barang yang ditimbun Ramann Shukla selama 20 tahun.Barang-barang yang ditimbun Ramann Shukla selama 20 tahun. Foto: Dok. Lincoln Unique Auctions

Sepeninggal Ramann, adiknya berniat membereskan rumahnya, namun terkejut begitu tahu di bagian dalamnya dipenuhi timbunan barang. Bahkan ada yang masih terbungkus rapi dari jasa ekspedisi.

Seperti dikutip dari Oddity Central, Ramann diyakini berencana menjual beberapa barang berharga miliknya untuk biaya pensiun. Malangnya, pria paruh baya tersebut meninggal mendadak akibat serangan jantung sebelum melakukan rencananya itu.

Timbunan barang yang disimpan Ramann di beberapa tempat itu sangatlah banyak sehingga memerlukan delapan orang untuk mengangkutnya. Seperti dilaporkan The Sun, perlu enam minggu bagi mereka untuk memindahkan barang-barang Ramann ke gudang pelelangan barang-barang unik di Lincoln.

Sementara itu untuk barang yang masih terbungkus rapi, diperlukan hingga 18 orang untuk membuka paket. Jumlahnya mencapai ribuan yang dikirimkan ke rumahnya dalam empat minggu terakhir.

Barang-barang yang ditimbun Ramann Shukla selama 20 tahun.Barang-barang yang ditimbun Ramann Shukla selama 20 tahun. Foto: Dok. Lincoln Unique Auctions

Barang-barang yang ditimbun Ramann bukannya tak bernilai sama sekali. Badan lelang menyebut bahwa dia memiliki koleksi yang eklektik dan sebagian sudah sulit ditemukan di mana-mana.

Di antara gundukan barang bekas itu, ada lebih dari 6.000 komik vintage, 4.000 buku langka, 12 gitar Rickenbacker dari tahun 1960-an sampai 1970-an, foto bertanda-tangan serta surat yang berkaitan dengan beberapa tokoh legendaris dunia seperti John F. Kennedy dan Winston Churchill. Ada pula memorabilia Gandhi, Elvis Presley dan The Beatles. Para ahli menaksir nilai koleksi tersebut bisa mencapai Rp 76,3 miliar.

"Koleksi ini luar biasa. Saya sudah bertemu adik pria tersebut di rumahnya dan dia juga sama terkejutnya dengan saya. Dia tidak tahu saudaranya selama ini hidup seperti itu," kata Terry Woodwock dari Unique Auctions.

Beberapa tahun sebelum kematiannya, Ramann tinggal di penginapan kecil karena rumah dan apartemennya sudah terlalu penuh dengan barang-barang, sehingga untuk menampung dirinya sendiri pun tak muat. Bagaimana Ramann membiayai hidup selama menyewa penginapan masih jadi misteri hingga sekarang. Sebab ia diketahui telah pensiun dan tak bekerja lagi.

Cerita unik juga datang dari para tetangga di sekitar rumahnya. Mereka mengatakan selalu ada saja kurir yang mengirimkan lusinan paket ke rumahnya. Bahkan terkadang sampai ratusan paket datang setiap minggunya sejak 2002.



Simak Video "Kupas Tuntas Fashion Seo Dal Mi, Pemeran Drakor Start Up"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)