Potret Rihanna saat Aksi Sosial, Tanpa Makeup Glamor dan Bawa Ember di Kepala

Hestianingsih - wolipop Selasa, 01 Sep 2020 21:30 WIB
Aksi amal Rihanna Aksi amal Rihanna. Foto: Dok. Clara Lionel Foundation
Jakarta -

Publik melihat Rihanna sebagai sosok penyanyi dan pengusaha sukses yang bergelimang harta dan hidup mewah. Tapi tak banyak yang tahu kalau kemewahan yang dinikmatinya sekarang adalah buah dari kerja keras selama bertahun-tahun.

Ya, Rihanna tak terlahir dari keluarga berada. Bahkan dia sempat menjalani masa-masa sulit bersama orangtuanya saat kecil.

Kini setelah sukses dan kaya raya, dia tidak melupakan masa kecilnya. Perjuangan bertahan hidup waktu muda mendorongnya untuk aktif beramal dan berkegiatan sosial bagi mereka yang membutuhkan. Kegiatan sosialnya memang tak banyak terekspos media dan ini sejumlah aksi kebaikan yang pernah ia lakukan.

Aksi amal RihannaAksi amal Rihanna. Foto: Dok. Clara Lionel Foundation

Mendirikan Yayasan Amal

Pada 2012, Rihanna mendirikan Clara Lionel Foundation, sebuah yayasan yang fokus bergerak di penyediaan edukasi dan kesehatan masyarakat Barbados, tempat kelahirannya. Nama yayasannya sendiri diambil dari nama kakek-neneknya.

Lewat yayasan ini, penyanyi 32 tahun tersebut pernah membantu pemulihan orang-orang Barbados yang jadi korban badai Dorian. Kini Clara Lionel Foundation mempunyai cakupan yang lebih luas. Selain aksi sosial di bidang kesehatan dan pendidikan, juga program bantuan darurat hingga beasiswa.

Rutin Galang Dana

Setiap tahunnya Rihanna aktif mengadakan acara penggalangan dana yang dikenal dengan The Diamond Ball. Acara tersebut bertujuan mengumpulkan dana dari tamu-tamu high-end seperti aktris, aktor, penyanyi, selebrita dan sosialita Hollywood. Donasi yang terkumpul digunakan untuk operasional Clara Lionel Foundation agar bisa terus menjalankan program sosial.

Aksi amal RihannaAksi amal Rihanna. Foto: Dok. Clara Lionel Foundation

Terlibat dalam Kampanye Amal

Pada 2013, mantan kekasih Chris Brown ini terlibat dalam dua kampanye bersama brand makeup MAC untuk tujuan sosial. Kampanye pertama berhasil mengumpulkan dana sebsar Rp 876 miliar yang digunakan untuk membantu anak dan wanita penderita AIDS.

Kemudian pada 2014, Rihanna kembali berkolaborasi dengan MAC dan UNAIDS, menggalang dana untuk menyediakan perawatan gratis bagi pengidap HIV/AIDS. Dana tersebut juga digunakan untuk menyebarkan informasi dan pencegahan terhadap penularan virus mematikan itu.

Aksi amal RihannaAksi amal Rihanna. Foto: Dok. Clara Lionel Foundation

Kepedulian Terhadap Edukasi Rakyat Miskin

Pada 2016, Rihanna bekerjasama dengan Global Partnership for Education dan Global Citizen Project untuk menangani krisis pendidikan global. Dia pun menjadi duta pertama dalam proyek tersebut.

Kemudian di tahun selanjutnya, pelantun lagu 'Diamonds' ini melakukan perjalanan ke Malawi sebagai duta Global Partnership for Education untuk membantu pengembangan fasilitas pendidikan. Selama di sana Rihanna bertemu dengan para tenaga pendidik, murid-murid, dan pihak yang bertanggungjawab meningkatkan kualitas edukasi demi masa depan generasi muda.



Simak Video "Isi Permintaan Maaf Rihanna soal Kontroversi Hadis Islam"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)