Kata YouTuber yang Viral Ngomong Anjay 100 Ribu Kali, Bukan Sindir Komnas PA

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 31 Agu 2020 15:02 WIB
Ilustrasi kata Anjay Anjay kini jadi polemik karena dilarang KPAI. Foto: Dok. Wolipop
Jakarta -

Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) meminta agar masyarakat menghentikan penggunaan kata 'anjay'. Apalagi jika penggunaan kata 'anjay' itu untuk bullying karena berpotensi dipidana.

Menganggapi pernyataan Komnas PA, seorang YouTuber membuat konten dengan mengucapkan kata 'anjay' sebanyak 100.000 kali di akun Youtubenya YUPS! Vlognya itu pun viral hingga diunggah akun gosip Lambe Turah.

"Bilang Anjay 100.000 kali," tulis Akun Youtube YUPS merupakan singkatan dari Yuniati Pit Sitompul, YUPS! (29/8/2020).

YouTuber yang membuat konten anjay tersebut adalah Pit Manghophop Sitompul. Pit mengungkapkan alasan membuat video mengucapkan kata 'anjay' hingga 100.000 kali. Pit membuat konten tersebut untuk menyindir perseorangan, bukan sebuah institusi.

Pit Manghophop SitompulPit Manghophop Sitompul yang viral karena bikin vlog 100 ribu kali ucapkan anjay. Foto: Dok. pribadi Pit Manghophop Sitompul

"Ya sebut aja namanya Luthfi yang mengatakan bahwa kata 'anjay' itu merusak moral bangsa. Makanya saya buat video itu untuk merespon pernyataannya. Karena pernyataannya itu sebenarnya ingin menjatuhkan Rizky Billar yang mengatakan kata 'anjay', tetapi ujung-ujungnya semua orang Indonesia terkena imbasnya karena pernyataan dr Luthfi. Sampai-sampai dia lapor ke KPAI. Jadi saya memberontak karena hal itu. Dan men-challege diri saya untuk mengatakan kata 'anjay' sebanyak 100.000 kali," ungkapnya panjang lebar saat dikonfirmasi Wolipop lewat WhatsApp, Senin (31/8/2020).

Pit mengaku terinspirasi dari channel YouTube Mr Beast yang pernah mengkritik kelakuan YouTuber Logan Paul. Saat itu Mr Beast membuat vlog mengucapkan nama Logan Paul 100 ribu kali.

Pria yang berusia 26 tahun itu mengatakan meski videonya terkesan mudah karena hanya mengucapkan 'anjay' hingga 100 ribu kali, pembuatannya tak segampang dilihat. Dia membutuhkan waktu lebih dari 10 jam untuk membuat video tersebut.

"Video itu dibuat jam 00.00-10.30 WIB. Jeda minum ada, terus pergi BAB dan BAK ada juga. Kalau ngantuk saya menutup mata ya hanya 1 menit terus bangun. Kalau saya melamun karena terlalu capek, saya bahkan sampai tampar pipi kanan dan kiri saya," katanya seraya tertawa.

Kesulitan Bikin Vlog Ngomong Anjay 100 Ribu Kali

Anak ketiga dari tiga orang bersaudara ini juga menceritakan kesulitan harus berada di depan kamera sambil mengucapkan kata 'anjay' hingga 100 ribu kali.

"Kesulitannya harus cari waktu kosong. Makanya saya harus begadang untuk membuat video tersebut. Terus masalah audio di mana saya nggak menyangka bakalan jelek suaranya setelah rekaman. Yang paling sulit itu adalah mengejar waktu karena kalau saya terlalu lama mengatakan kata anjay, bisa-saya saya baru selesai lebih 10 jam, atau bisa 24 jam malah," jelasnya.

Selain itu dia juga harus menahan rasa kantuk dan pegal. "Kaki dan tangan saya keram, karena kan juga mengklik counter di tablet, dada tertusuk dan kepala sudah kayak mati rasa," ujar Pit yang selama membuat video hanya minum air putih.

Kini videonya bicara anjay hingga 100 ribu kali viral, Pit berharap pesan yang ingin disampaikannya melalui vlog tersebut bisa dipahami penonton. Dia ingin agar orang-orang Indonesia stop mempermasalahkan hal-hal yang terlalu receh.

"Pesan saya terlalu receh kalau hanya mempersoalkan kata 'anjay'. Banyak hal-hal yang urgent di Indonesia ini dari sekadar ngurus kata 'anjay.' Kata 'anjay' bukan kata kasar, orang tidak memaknai itu sebagai bully-an melainkan perasaan kekaguman akan sesuatu. Anjay banget kan video bilang 100.000 kali kata anjay saya," pungkasnya.



Simak Video "Orang Kaya! Tasya Farasya Nggak Tahu Uang Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)