Videokan Anak yang Obesitas Lakukan Mukbang demi Konten, Orangtua Dikecam

Vina Oktiani - wolipop Senin, 31 Agu 2020 09:15 WIB
ilustrasi anak makan Ilustrasi Anak Makan / Foto: iStock
Jakarta -

Orangtua asal China mendapat kecaman di media sosial setelah membiarkan anak perempuannya yang obesitas untuk terus makan demi konten videonya. Foto-foto dari sang anak yang bernama Pei Qi, 3 tahun, belakangan beredar di internet. Tidak sedikit netizen yang kemudian merasa geram dan menyebut orangtuanya itu telah memperlakukan dengan kejam anak mereka.

Seperti dikutip dari Oddity Central, orangtuanya itu tidak hanya membiarkan sang anak untuk mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat, melainkan juga memvideokan sesi makan sang anak dan mengunggahnya ke internet. Awalnya video tersebut sempat viral namun saat ini telah dihapus akibat banyaknya kecaman yang datang akibat video tersebut.

Menurut penuturan kedua orangtua Pei Qi, anaknya itu memang memiliki napsu makan yang tidak biasa, namun mereka mengatakan bahwa Pei Qi adalah anak yang sehat. Ibu dari Pei Qi juga membantah bahwa dirinya telah memperlakukan dengan kejam dan mengambil keuntungan dari anak mereka.

Pei QiPei Qi Foto: Oddity Central

"Video kita tidak hanya memasukkan saat dirinya menyantap makanan, tetapi juga penurunan berat badannya dan tarian. Kita memiliki pekerjaan dan tidak kekurangan uang, kita hanya ingin merekam 'pertumbuhan' dari anak kita. Kita memang menghasilkan sedikit keuntungan, mungkin beberapa ratus yuan, tetapi itu hanya sejumlah angka bagi kita," jelas orangtua dari Pei Qi.

Ibu Pei Qi yang diketahui bermarga Tan mengatakan bahwa anaknya itu lahir dengan berat 4.5 kilo gram dan sangat mudah gemuk. Saat ini, Pei Qi sudah memiliki berat badan 35 kilo gram, jauh melebihi rata-rata anak seusianya. Ibunya mengatakan bahwa hal itu karena Pei Qi senang makan tetapi tidak suka berolahraga.

Pei QiPei Qi Foto: Oddity Central

Setelah menerima banyak kritikan, platform video China, ixigua.com akhirnya memutuskan untuk menutup akun milik Pei Qi. Diyakini bahwa channel milik Pei Qi ini terinspirasi oleh 'mukbang' yang berasal dari Korea Selatan, di mana seseorang mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar.

(vio/vio)