Deretan Kontroversi Kanye West, Dukung Trump Sampai Dianggap Hina Islam

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 24 Agu 2020 16:40 WIB
NEW YORK, NY - FEBRUARY 11:  Kanye West performs during Kanye West Yeezy Season 3 on February 11, 2016 in New York City.  (Photo by Dimitrios Kambouris/Getty Images for Yeezy Season 3) Foto: Getty Images
Jakarta -

Kanye West kembali bikin heboh media. Setelah kondisi rumah tangganya dengan Kim Kardashian terbongkar baru-baru ini, Kanye West lagi-lagi jadi kontroversi karena sneakers Yeezy teranyarnya. Brand sepatu Kanye West tersebut baru saja merilis dua varian Yeezy Boost yang dianggap menghina Islam. Alasannya karena mereka dinamakan Israfil dan Asriel yang merupakan nama malaikat.

Menyela Taylor Swift di MTV VMA 2009

NEW YORK - SEPTEMBER 13:   Kanye West (L) jumps onstage after Taylor Swift (C) won the NEW YORK - SEPTEMBER 13: Kanye West (L) jumps onstage after Taylor Swift (C) won the "Best Female Video" award during the 2009 MTV Video Music Awards at Radio City Music Hall on September 13, 2009 in New York City. (Photo by Christopher Polk/Getty Images) Foto: Christopher Polk/Getty Images

Kontroversi memang bukan hal yang baru bagi Kanye West. Di media, Kanye mulai dinilai bermasalah ketika menyela Taylor Swift dalam MTV VMA 2009. Ketika Taylor tengah berpidato karena memenangkan Best Female Video, Kanye naik panggung dan mengambil mik lalu mengatakan, "Yo Taylor, I'm really happy for you, I'ma let you finish, but Beyoncé had one of the best videos of all time! One of the best videos of all time!" teriak Kanye.

Lagu 'Famous'
Setelah itu Kanye memang sempat meminta maaf bahkan tampak akrab dengan Taylor sebelum membuat masalah lagi dengannya. Untuk lagu Famous yang rilis 2016, Kanye membuat lirik "I feel like me and Taylor might still have sex// Why? I made that bitch famous". Ketika itu, salah satu miliarder Hollywood ini mengaku sudah meminta persetujuan dari sang penyanyi dan diizinkan. Tapi Taylor sendiri merasa tidak pernah diberi tahu mengenai bagian itu.

Tak hanya itu, video musik untuk Famous juga jadi kontroversi karena menampilkan dirinya dengan boneka mirip selebriti, seperti Taylor Swift, Donald Trump, dan Bill Cosby.

Modelnya di New York Fashion Week

NEW YORK, NY - SEPTEMBER 07: (EDITORS NOTE: Image contains partial nudity.)  Models pose on the runway at the Kanye West Yeezy Season 4 fashion show on September 7, 2016 in New York City.  (Photo by Bryan Bedder/Getty Images for Yeezy Season 4)NEW YORK, NY - SEPTEMBER 07: (EDITORS NOTE: Image contains partial nudity.) Models pose on the runway at the Kanye West Yeezy Season 4 fashion show on September 7, 2016 in New York City. (Photo by Bryan Bedder/Getty Images for Yeezy Season 4) Foto: Getty Images

Kanye West juga cukup sering jadi kontroversi untuk urusan fashion. Dalam sebuah fashion show Yeezy di 2016, ia mendapat kritikan karena hanya mencari wanita yang multiracial atau berdarah campuran. Pria 43 tahun itu juga meminta wanita-wanita yang hadir dalam casting untuk tidak pakai makeup.

Mendukung Donald Trump
Banyak orang kulit hitam yang tidak mendukung Donald Trump sebagai presiden bahkan sejak saat mencalonkan diri. Namun Kanye malah menunjukkan dukungannya sejak awal yang mendapat kecaman bahkan dari fansnya sendiri. Beberapa waktu lalu, akhirnya Kanye mengatakan bahwa sudah tidak lagi menyokong presiden kontroversial tersebut.

Ingin Maju Sebagai Calon Presiden

Kanye West gelar kampanye 'tak biasa' pemilihan presiden AS: Penggemar pertanyakan aksinya, dari aborsi hingga menangis, bagian strategi promosi?Kanye West gelar kampanye 'tak biasa' pemilihan presiden AS: Penggemar pertanyakan aksinya, dari aborsi hingga menangis, bagian strategi promosi? Foto: BBC World

Tak lagi mendukung Trump, kini Kanye West mengaku ingin mengajukan diri sebagai penggantinya nanti. Rapper empat anak itu pun sudah melakukan kampanye pertamanya di Carolina Selatan. Pada kampanye yang diselenggarakan Minggu (19/7/2020), Kanye mengatakan ia sempat meminta Kim untuk menggugurkan kandungannya saat hamil North West dan berbagai pernyataan mengejutkan lain mengenai rumah tangga mereka.

Prahara Rumah Tangga dengan Kim K
Selain soal Kim yang pernah diminta menggugurkan kandungan, Kanye West juga mengaku ingin menceraikan istrinya itu sejak mengetahui perselingkuhannya dengan Meek Milk. Dalam sejumlah cuitan di Twitter, pelantun 'Stronger' ini juga mengungkap jika Kim dan Kris Jenner ingin mengurungnya. Meski hubungan mereka tampaknya bermasalah hingga kini Kim dan Kanye masih bersama.

Yeezy Dianggap Hina Islam

Yeezy Sneakers Kanye WestYeezy Sneakers Kanye West Foto: Twitter
Yeezy Sneakers Kanye WestYeezy Sneakers Kanye West Foto: Twitter

Yeezy Boost 350 V2 Israfil dan Yeezy Boost 350 V2 Asriel dikritik media sosial karena menggunakan nama Israfil dan Asriel yang dianggap suci oleh umat Islam. Netizen menyerang Kanye dan Adidas yang dikatakan menghina karena Israfil adalah malaikat peniup sangkakala yang menandakan akhir zaman sedangkan Asriel atau Israil merupakan malaikat pencabut nyawa.



Simak Video "Dua Pengacara Ternama AS Komentari Perceraian Kim K dan Kanye West"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)