Viral Video Haru Anak Bertemu Ayah Pelaut, 7 Bulan Terpisah karena Corona

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 22 Agu 2020 16:30 WIB
Kisah pelaut terombang-ambing selama tiga bulan di lautan Pasifik karena karantina wilayah: Saya mendekati beberapa pulau, tapi semua mengusir saya Ilustrasi. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Profesi sebagai pelaut harus mengorbankan waktunya tak bisa bertemu dengan sanak saudara. Saat akhirnya bertemu keluarga tercinta, momen haru pun bisa terjadi.

Seperti kisah video TikTok Edgar di akun TikToknya @edgar_siriantono, yang menjadi viral saat menampilkan momen haru saat seorang pelaut yang baru bertemu dengan anaknya. Si pelaut dan anaknya baru bertemu setelah berpisah selama tujuh bulan karena pandemi virus Corona.

"Kawan aku pulang berlayar setelah hampir setahun #pelaut #viral #staystrong #poweroflove i know how is feel as #father," tulis TikTok @edgar_siriantono.

Dalam video tersebut, tampak seorang pria yang menunggu di luar rumah. Dan ada anak kecil yang berlari dan berteriak 'Ayah' sambil menangis dalam pelukan ayahnya. Hingga Rabu siang (19/8/2020), video viral tersebut sudah dilihat lebih dari 1,2 juta Views dan 78 ribu Likes. Warganet pun ikut terharu saat melihat momen pertemuan tersebut.

"BERUNTUNG LAH WAHAI PRA ISTRI YG SUAMI"NYA BSA PULANG KRJA STP HRI . MSH BNYK PARA SUAMI YG BKRJA MENCRI NAFKAH PLNG"NYA SEMINGGU,SEBLN,BAHKN SETAHUN," kata @user5371010557330.

@edgar_siriantono

kawan aku pulang berlayar setelah hampir setahun😥😍 ##pelaut ##viral ##staystrong ##poweroflove i know how is feel as ##father

♬ original sound - Edgar bagas

"Uang memang kita perlu dan butuh.tapi uang tidak bisa membeli waktu untuk bersama. Ku merasakan hal ini sangat sakit," tulis akun TikTok @roland.

"Aku suka konten tiktok seperti ini mengajarkan kita smua utk lebih perhatian dan sayank thdp keluarga walaupun kerja jauh disempatkan utk go home ," puji akun @Andre Lee Yankee Ros.

"Asli itu Bahagia bgt ketika udah sampai rumah lihat keluarga .... Rasa lelah perjalan Hilang semuaa pas bertemu keluarga tercinta #Anakkapaljuga ," timpal akun @Nyaaaaii.

Ketika dihubungi Wolipop, Edgar menjelaskan jika pria di video tersebut bukan dirinya, melainkan rekan sesama pelaut yang bernama Muhammad Yusuf.

"Itu kawan sekapal yang pulang berlayar. Sebenarnya bukan hampir setahun, tapi tujuh bulan terpisah. Awalnya saya nggak tau kalau video itu viral. Itu video kawan, terus saya minta izin share lewat TikTok. Sebenarnya saya upload di Instagram dulu, cuma nggak ada yang notice, setelah di TikTok baru viral," ungkap Edgar Rabu (19/8/2020).

Edgar pun menceritakan kisah di balik video viral yang mengharukan tersebut. Katanya, Yusuf seharusnya hanya bekerja selama tiga bulan. Namun karena pandemi Corona, perusahaan tempat Yusuf bekerja tidak melakukan penggantian kru. Akhirnya setelah tujuh bulan, Yusuf pun bisa pulang.

"Pulang dari Hongkong pada 2 juli 2020, terus Yusuf menjalani masa karantina di Jakarta, selagi nunggu hasil PCR sampai tanggal 7 dan 8 Juli 2020, ia terbang ke rumahnya yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Video terjadi di rumah saudaranya yang ada di Semarang. Ketika Yusuf turun pesawat di Semarang, langsung pulang bersih-bersih dulu sebelum ketemu anaknya. Dan anaknya nggak tau kalo ayahnya bakal pulang. Saya aja nangis lihat video itu," jelasnya panjang lebar.

(gaf/ami)