Ada Cerita Sedih dari Foto Viral Kakek-kakek Salat Idul Adha Berseragam SMA

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 05 Agu 2020 18:15 WIB
kakek Sakka saat pakai seragam SMA Foto kakek Sakka yang memakai seragam SMA saat salat Idul Adha. Foto: Screenshoot TikTok Caca Candy.
Bone -

Momen hari raya seperti Idul Adha 1441 H kemarin, biasanya digunakan untuk berkumpul dan memakai busana terbaik saat berkumpul dengan keluarga. Akan tetapi hal berbeda terjadi pada kakek satu ini yang viral karena salat Idul Adha dengan memakai seragam SMA.

Video seorang kakek salat Idul Adha memakai atasan putih seragam SMA dan celana abu-abu ini viral setelah diunggah oleh akun TikTok Caca Candy milik wanita bernama Andi Salsabilah Sahla. Wanita yang akrab disapa Caca itu mengungkapkan dia mendapati seorang kakek salat Idul Adha dengan memakai seragam SMA saat tengah salat di kampung halamannya di Bone, Sulawesi Selatan.

"Jadi guys kemarin aku lebaran di kampung terus liat bapak ini yang make baju SMA ke lapangan buat salat. Terus dia berusaha gitu buat cari mobil untuk tumpangan dia pulang. Nah, dia masih berusaha berhentiin mobil yang lain tapi gak ada yang sejalur sama rumah bapak itu. Kasian bangett, ada part 2," tulis akun TikTok Caca Candy, Senin (3/8/2020).

Setelah itu, Caca mengunggah video bagian kedua. Pada bagian kedua video, Caca dan keluarganya membawa sang kakek yang bernama Sakka itu, ke rumah neneknya untuk berbincang dan makan bersama.

"Kita suruh dia masuk mobil sambil makan dan ngobrol. Setelah ngobrol-ngobrol dia cerita kalau baju SMA itu dikasih sama orang, terus baju batik itu barusan dikasih juga sama orang. Karena disuruh lepas baju SMA yang bapak itu pakai, tapi bapak itu bilang nggak usah, jadi makenya double," kata Caca di TikTok.

Caca kemudian mencari tahu kediaman sang kakek yang bernama Sakka tersebut. Dalam video selanjutnya, Caca pun memperlihatkan kondisi rumah kakek paruh baya itu. Kondisi rumah kakek Sakka sangat memprihatinkan, dindingnya terbuat dari bilik bambu dan terlihat sarung sebagai alas tidur. Kakek Sakka tinggal di rumah bambu tersebut bersama istrinya dan saudaranya yang seorang tuna netra.

"Jadi ini kondisi rumah kakek yang kemarin pakai baju SMA pergi salat Ied. Keluarga saya di kampung kirim foto kondisi rumah kakek itu dan keluarganya. Berharap kalau ada yang mau memberikan bantuan. Karena banyak permintaan suruh open donasi, jadi silahkan bagi yang mau berdonasi. Insya Allah ini amanah bagi saya dan keluarga. Bagi yang mau tanya-tanya silahkan DM saya di @andisalsaa_.

kakek Sakka di rumahnyaKondisi rumah kakek Sakka. Foto: Dok. pribadi Caca.

Video kehidupan pilu kakek Sakka itu hingga Rabu (5/8/2020) sudah dilihat lebih dari 7,6 juta kali, mendapat 512.200 Likes dan 6.904 komentar. Warganet yang memberikan komentar mengungkapkan keprihatinannya dan ada yang mendoakan serta berniat memberikan sumbangan untuk kakek Sakka.

"Gak kuatt kalau dah lihat kayak gini mah," ungkap pengguna TikTok Sumiati Wek.

"Semoga kakek dipanjangkan umurnya, diberikan kesehatan biar bisa main sama cucunya dimasa-masa tuanya," harap akun Kimochi.

"Kasian gue sama kakeknya kayak gini terlantar banget, gak ngerti sama anaknya kok bisa tega. Guys sebaik atau seburuk nasib kalian orangtua kalian harus dijaga sampai masa tua," timpal akun User8588689375149.

kakek Sakka di rumahnyaFoto saudara kakek Sakka. Foto: Dok. pribadi Caca.

"Kenapa sih banyak banget anak-anak yang nggak sayang kepada orangtuanya. Padahal orangtua telah mengorbankan segalanya untuk anak-anaknya, sehat selalu ya kek," ucao sedih akun Niagara Phopho.

Ketika dikonfirmasi oleh Wolipop, Caca mengaku tidak mengira bahwa videonya akan menjadi sorotan publik. "Aku tidak nyangka kalau videonya bisa viral, aku tahunya malam pas aku upload langsung viral. Karena berhubung waktu itu followers ku di TikTok sudah lumayan banyak," ucapnya Rabu (5/8/2020).

Gadis berusia 15 tahun itu pun menceritakan awal mula saat bertemu dengan kakek Sakka. Dia memvideokan sang kakek memang dengan harapan akan banyak orang bisa membantu.

kakek Sakka di rumahnyaKakek Sakka dan istri di rumahnya. Foto: Dok. pribadi Caca.

"Followers aku sudah lumayan juga di TikTok, jadi kata mamaku coba deh videoin dia terus upload di TikTok, siapa tahu banyak yang mau nolongin dan aku videoinlah kakek itu," ujar wanita yang mempunyai pengikut leih dari 54 ribu di TikTok itu.

Siswi yang bersekolah di SMA Athirah Bone itu pun bersyukur karena warganet memberikan reaksi positif atas videonya. Banyak dari mereka yang mau berdonasi dan peduli, walaupun ada juga segelintir netizen yang memberinya komentar negatif.

Caca sendiri sudah membuka donasi untuk kakek Sakka melalui Kitabisa.com. Dia juga membuka donasi melalui rekening milik ibundanya. Dan total donasi untuk kakek Sakka sampai saat ini sudah mencapai Rp 46 juta.

"Aku membuka donasi karena banyak yang minta dan rencananya Insya Allah, kalau dananya cukup bakalan di buatkan rumah," harap Caca.

Andi Salsabilah SahlaFoto Andi Salsabilah Sahla. Foto: Dok. pribadi Caca.


Simak Video "Melihat Tren Bersepeda Dalam Mal di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)