Dulu Artis Terkenal, Wanita Ini Meninggal Setelah Depresi & Jadi Gelandangan

Hestianingsih - wolipop Selasa, 04 Agu 2020 13:04 WIB
Tai Manusanan Pandee Tai Manusanan Pandee. Foto: Dok. Pattaya Today
Surasak -

Tai Manusanan Pandee pernah bersinar sebagai artis populer di Thailand. Tapi hidupnya harus berakhir tragis. Mantan artis ini ditemukan tak bernyawa oleh salah satu kerabatnya.

Pada 23 Juli 2020, kerabatnya yang berusia 81 tahun menemukan tubuhnya yang sudah terbujur kaku di sebuah rumah, kawasan Surasak, Thailand. Insiden terjadi pada pukul 10.00 pagi waktu setempat ketika tubuh wanita 33 tahun itu terbaring di tempat tidur.

Sebelum ditemukan meninggal dunia, Tai Manusanan Pandee pernah mengalami kecelakaan mobil yang menewaskan kekasihnya, seorang penyanyi. Dia sendiri menderita cedera parah di kepala sehingga membuat kesehatan mentalnya terganggu.

Kematian sang kekasih membuatnya depresi dan ketergantungan obat. Dia juga beberapa kali ditangkap karena kasus pencurian dan penyalahgunaan obat pada 2016 dan 2018.

Tai Manusanan PandeeTai Manusanan Pandee saat masih jadi bintang terkenal. Foto: Dok. Pattaya Today

Ketergantungan obat selama bertahun-tahun dan terbelit kasus hukum membuat kondisi finansial Tai Manusanan Pandee terpuruk hingga tak punya rumah. Dia pun menumpang hidup di panti tunawisma bersama ibunya yang berusia 53 tahun. Namun menurut Jan Kongkaew, sang pemilik rumah, sang ibu kini mendekam di penjara karena alasan yang tak diungkap olehnya.

Menurut Jan, Tai Manusanan Pandee memang terlihat sakit sepanjang minggu sebelum kematiannya, namun selalu menolak ketika ingin dibawa ke dokter. Seperti diberitakan The Pattaya News, tak ada tanda-tanda kekerasan di tubuh wanita yang akrab disapa Tai itu. Namun penyebab kematiannya hingga kini belum diketahui dan masih dalam investigasi polisi.

Mantan Bintang Televisi

Sekitar 13 tahun lalu, Tai Manusanan Pandee merupakan salah satu artis papan atas di Thailand, bahkan Asia. Di usia 18 tahun dia telah membintangi berbagi judul drama, tampil di sampul majalah dan membintangi banyak iklan di Thailand juga China.

Namun bintang Tai Manusanan Pandee tak lama bersinar. Popularitasnya perlahan-lahan pudar dari industri hiburan dan mulai kecanduan sabu-sabu yang membuatnya tenggelam dalam dunia prostitusi. Dalam sepuluh tahun terakhir ketergantungan obatnya semakin parah hingga membuat sosoknya bak hilang ditelan bumi.

Dia juga pernah dua kali ditangkap karena penyalahgunaan obat dan perampokan. Skandal itu membuat dia kehilangan semua harta dan hidup jadi pengemis di jalanan.

Tai Manusanan PandeeTai Manusanan Pandee saat masih jadi bintang terkenal. Foto: Dok. Pattaya Today

Jadi Gelandangan Hingga Tak Dikenali

Sampai pada Maret 2019 lalu, ia ditemukan hidup menggelandang di tempat pembuangan sampah, kawasan Pattaya, Thailand. Berkepala plontos dan memakai baju lusuh, Tai Manusanan Pandee terlihat tak terawat. Tubuhnya juga kurus kering hingga nyaris tak dikenali.

Saat ditemui wartawan, dia sedang berada dalam tenda, yang dikelilingi puluhan botol bir bekas. Kondisinya itu membuat ibunya, U-sa Chankad, prihatin.

"Putriku dulu seorang bintang. Semua orang ingin mengenalnya. Tapi semuanya berjalan dengan tidak baik. Gaya hidup suka berpesta telah menghancurkannya. Kini dia tidak punya apa-apa," ujar U-sa, seperti dilansir Pattaya Today.



Simak Video "Belajar dari 'Kimbab Family': Konten YouTube Positif Bareng Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)