Tren Berkebun di Rumah

Hobi Berkebun, Ayudia Bing Slamet Hemat Uang Belanja dan Rajin Bangun Pagi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 02 Agu 2020 21:30 WIB
ayudia Ayudia berpose dengan latar kebun sayurannya di balkon rumahnya. Foto: Instagram @ayudiac
Jakarta -

Ayudia Bing Slamet atau Ayudia Chaerani yang menekuni hobi berkebun selama pandemi Corona merasakan manfaat dari aktivitas barunya itu. Ini cerita Ayudia.

Ayudia mengungkapkan semenjak hobi berkebun, dia kini menjadi morning person. Padahal sebelumnya penulis buku Teman Tapi Menikah itu tidak suka bangun pagi.

"Jadi kalau aku sih jujur, aku itu dari dulu nggak terlalu morning person. Tapi semenjak menanam aku lebih bangun pagi, karena memang tanaman baiknya disiram sebelum jam 09.00 mungkin jam 08.00 iklim di rumah aku. Jadi mau nggak mau aku harus bangun pagi," katanya saat berbincang dengan Wolipop, Jumat (31/7/2020).

Ayudia juga merasakan berkebun membuat jam tidurnya menjadi lebih baik. Dan efek positif lainnya yang dialaminya setelah rajin berkebun adalah menjadi lebih bahagia.

"Yang namanya ngerjain hobi pasti happy kan? Dan aku ngerasain me timenya dapet. Apalagi kan kita nyiram tanaman lihat air, siapa sih yang nggak senang lihat air," ujar istri Muhammad Pradana Budiarto atau Ditto itu.

Ayudia Bing SlametAyudia Bing Slamet Foto: Dok. Ayudia C

Puteri dari pasangan Hilmansyah Bing Slamet dan Susi Seniwati itu mengungkapkan manfaat lain dari berkebun sayur di balkon rumahnya. Ayudia jadi bisa lebih berhemat uang belanja.

"Menurut aku menanam itu jauh lebih murah. Pengalaman juga misalnya aku belanja daun kemangi kadang kita makan cuma sedikit terus simpan di kulkas malah layu. Sementara kalau kita sudah menanamnya kita bisa petik kapanpun kita mau dan tetap fresh, karena petik pas kita butuhin aja," katanya.

Ayudia Bing Slamet memiliki berbagai jenis tanaman yang bisa dikonsumsi di kebun kecilnya. Mulai dari selada dan kaylan, sayuran hijau yang enak untuk disantap hingga berbagai bumbu dapur dan tanaman obat.

"Yang sudah ada sekarang di rumah itu tanaman rosela yang buat teh warna merah, daun basil, kemangi, daun jeruk, kencur, daun parsley. Aku juga hobi nanam microgreens, sayuran mini yang bisa dikonsumsi, menyenangkan karena sayurannya juga bergizi," lanjut artis yang membuat unggahan khusus di Instagram Story @ayudiac mengenai hobinya berkebun itu.

[Gambas:Instagram]



Diakhir perbincangan, Ayudia memberikan pesannya bagi kamu yang ingin mencoba berkebun sayuran di rumah sepertinya. Kata wanita 29 tahun itu, mulailah dari menanam tanaman yang muda.

"Kalau misalnya mau memulai, jangan lupa cari tahu tanaman apa aja yang mudah. Kita bisa kok tinggal Google. Karena ada pengalaman beberapa teman aku juga yang malah kayak nggak niat atau bete, karena pertama kali menanam benih yang expert istilah-istilahnya. Yang agak sulit akhirnya dia nggak mau nanam lagi tapi sebenarnya bisa," ujar Ayudia dengan ramah.

Saat mencoba berkebun di rumah, pastikan kamu melakukannya di tempat yang memiliki cahaya memadai. "Karena rata-rata tanaman konsumsi itu butuh cahaya 6-8 jam. Jadi rumah harus diperhatikan ventilasi dan cahayanya, kalau kurang bagus ya nggak bisa, yang ada malah pada mati. Kan sayang gitu," tutup Ayudia Bing Slamet.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)