YouTuber Korea Sunny Dahye Ungkap Alasan Bikin Vlog Bahasa Indonesia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 12 Jul 2020 21:36 WIB
Sunny Dahye Sunny Dahye. Foto: instagram @sunnydahye
Jakarta -

Sunny Dahye adalah YouTuber Korea Selatan yang populer di kalangan anak muda khususnya gadis remaja di Indonesia. Kontennya yang menggambarkan kehidupan di Korea dan Jepang disukai oleh generasi milenial di Tanah Air.

Begitu banyaknya fans Sunny Dahye di Indonesia sampai-sampai YouTuber kelahiran 17 Mei 1990 itu membuat channel YouTube khusus yaitu Sunnydahyein. Sunny sendiri juga memiliki tiga channel YouTube lainnya yaitu Sunnydahye, Sunny dan Chris, dan Gamja dan Simba.

Channel YouTube Sunnydahyein sendiri yang seluruh kontennya Sunny berbicara dalam bahasa Indonesia memiliki lebih dari 1,9 juta subscriber. Dibuat sejak 2015, channel tersebut sudah ditonton lebih dari 180 juta kali.

Terlahir dari ayah dan ibu berkewarganegaraan Korea Selatan, Sunny Dahye piawai berbahasa Indonesia karena menghabiskan masa kecilnya hingga SMA di Bali. Dia pun menyelesaikan kuliahnya di fakultas hukum Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Setelah lulus kuliah, Sunny pindah ke Korea Selatan untuk bekerja di stasiun TV, dan akhirnya kini menjadi Youtuber. Kepada Wolipop, ia pun mengatakan alasannya membuat konten Youtube dalam bahasa Indonesia.

Sunny DahyeSunny Dahye Foto: instagram @sunnydahye

"Karena aku tinggal di Indonesia sejak umur empat tahun aku secara natural sambil besar sambil belajar bahasa Indonesia. Awalnya aku punya channel dalam bahasa Inggris dan sepanjang aku bikin video dalam bahasa Inggris tiba-tiba suatu hari aku ngerasa kadang ada language barrier dan aku memang native dalam bahasa Indonesia dan bahasa Indonesia itu bahasa ibu aku," ungkapnya saat dihubungi Wolipop lewat Whatsapp, Kamis (9/7/2020).

Sunny Dahye pun memutuskan membuat konten dengan bahasa Indonesia. Selain memudahkan para penonton dari Indonesia, dia juga ingin sang ibu bisa dengan mudah memahami konten videonya.

"Dan juga karena mama aku bisa mengerti bahasa Indonesia lebih baik di banding Inggris. Aku pikir akan mudah untuk mama aku mengerti kehidupan aku sehari-hari dalam bahasa Indonesia. Dan juga karena orang tua aku tinggal di Bali dan aku di Korea, mereka bisa lebih tahu juga kegiatan aku sehari-hari di Korea," tutur Sunny Dahye.

Apakah kamu termasuk salah satu penonton setia channel YouTube Sunnydahyein?



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)